Indonesian English

Unand Teken Kerjasama dengan Japfa Foundation

 

Unand Teken Kerjasama dengan Japfa Foundation

 

Padang (Unand) – Universitas Andalas meneken kerjasama atau penandatanganan nota kesepahaman dengan Japfa Foundation pada Selasa (30/10) di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Penandatangan nota kesepahaman (MoU) dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA dengan Andi Prasetyo Ketua Pengurus Yayasan Japfa Foundation dan didampingi oleh Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr. Endry Martius, MSc serta Anwar Tandiono PT Japfa Comfeed Indonesia Unit Padang.

Nota kesepahaman ini mengenai kerjasama dibidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat dan sumber daya manusia.

Rektor Universitas Andalas mengatakan kerjasama ini dimaksudkan untuk menyelaraskan program kegiatan bersama sebagai upaya dalam pengembangan potensi diantara kedua belah pihak.

“Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan sinergisitas potensi sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak serta juga memberikan manfaat bagi kedua belah pihak terutama untuk pengembangan bidang peternakan dan pertanian,” ungkapnya.

Kerjasama ini nantinya meliputi pendidikan (praktikum, magang profesi, praktek lapangan kerja), pertemuan ilmiah seperti seminar, workshop, konferensi dan kuliah umum.

Selain itu juga meliputi penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pelatihan, pemberian beasiswa dan juga kegiatan lain yang disepakati oleh masing-masing pihak.

Disamping penandatanganan kerjasama juga ada Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Andalas dengan Yayasan Japfa tentang Pemberian Beasiswa Japfa Foundation.

Penandatanganan ini ditandatangani langsung oleh masing-masing dekan yakni Dekan Fakultas Peternakan Prof. Dr. Ir. James Hellyward, MS dan Dekan Pertanian Universitas Andalas Dr. Munzir Busniah, MS dengan Andi Prasetyo Ketua Pengurus Yayasan Japfa Foundation.

Sementara itu Andi Prasetyo mengatakan Japfa foundation saat ini masih berumur tiga tahun yang berdiri ditahun 2015 dan bergerak dibidang pendidikan agriculture dan gizi.

“Tujuanya sebenarnya adalah untuk dunia yang lebih baik melalui ketahanan pangan dan gizi menjadi suatu hal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya,” ujarnya.

Makanya ia fokus dibidang pendidikan agriculture dan gizi dengan tujuan untuk membina generasi muda agar memiliki masa depan yang lebih baik terutama dibidang pertanian dan peternakan.

Lebih lanjut ia menyampaikan mengenai Beasiswa yang nantinya diberikan kepada mahasiswa akan disupport dengan akademik konseling (bimbingan belajar), karir konseling dan pengembangan bahasa inggris untuk setiap penerima beasiswa.

Besok ia menseleksi mahasiswa peternakan dan pertanian selama dua hari kedepan yang nantinya terpilih sebanyak 20 mahasiswa penerima beasiswa ini, 20 mahasiswa ini merupakan total dari 10 untuk mahasiswa peternakan dan 10 untuk mahasiswa pertanian.

 

Sumber : Humas Unand

Read 45 times