Indonesian English

Delegasi FK Unand dalam Pekan Ilmiah dan Sains Kedokteran Sriwijaya SPORA 2018

 

3. Oral Presentation tahap Final edit

Pekan Ilmiah dan Sains Kedokteran Sriwijaya SPORA (Scientific Project Olympiad of Sriwijaya) 2018 adalah acara keilmiahan tahunan (PIT) diselenggarakan dalam  rangka Dies Natalis Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya ke-6. Acara ini diadakan selama 4 hari pada 27-30 Oktober 2018 di Palembang di ikuti oleh sebanyak 160 orang peserta dari 5 cabang lomba dengan tema “Enhancing Public Awareness of Cardiovascular Disease as the Leading Cause of Noncommunicable Disease Death in Indonesia”. Perlombaan ini di buka langsung Dekan FK Unsri dr. Syarif Husin, M.S.

SPORA terdiri dari 5 cabang lomba. 4 cabang lomba berskala nasional yaitu medical competition, esai ilmiah, video edukasi, poster publik dan 1 cabang lomba berskala internasional yaitu research paper competition. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berhasil mengirimkan satu tim semifinalis cabang lomba Research Paper Competition yakni Astya Gema Ramadhan dan Muhammad A’raaf.

Kegiatan di hari pertama di hadiri dibuka dan di hadiri langsung oleh Dekan FK Unsri , dr. Syarif Husin, M.S dan dilanjutkan dengan technical meeting tiap cabang lomba. Hari kedua diselenggarakan semifinal Research Paper Competition dan medical competition serta final  esai ilmiah, video edukasi, poster public dan dilanjutkan dengan city tour ke museum Balaputradewa. Final dan simposium di adakan di hari ketiga dilanjutkan dengan city tour ke pulau kemaro dan penutupan serta pengumuman juara pada malam harinya. Pada garis keempat yang merupakan hari terakhir, delegasi pulang ke daerah masing masing.

Kegiatan utama dalam acara ini adalah presentasi semifinalis dan finalis tiap cabang lomba serta Simposium dengan tema “Cardiovascular Disease: Not Contagious But Crucial” yang diisi oleh dr. Erwin Sukandi Sp. PD, K-KV, FINASIM , dr. Bermansyah, Sp. B, Sp. B-TKV dan dr. Gama Satria, Sp. B, Sp. B-TKV.

Pada kompetisi ini, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berhasil meraih peringkat 4 pada cabang lomba Research Paper Competition dari sepuluh tim yang ikuti perlombaan. Diharapkan delegasi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang akan mengikuti ajang delegasi berikutnya perlu mempersiapkan diri sebelum mengikuti perlombaan supaya dapat mengharumkan nama FK Unand di masa mendatang lebih baik lagi. Semoga

 Pebriyantoson, SS

Read 101 times