Indonesian English

Bantu Korban Gempa dan Tsunami, Rektor Kirim Tim Medis Unand Ke Palu/Donggala

Bantu Korban Gempa dan Tsunami, Rektor Kirim Tim Medis Unand Ke Palu/Donggala

 

Padang (Unand) – Pasca gempa dengan kekuatan 7,4 SR yang disertai dengan Tsunami melanda Palu, Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu yang menyebabkan ribuan orang meninggal dunia dan ribuan orang mengungsi serta tidak sedikit warga yang masih tertimbun reruntuhan bangunan dan terseret air laut saat terjadinya tsunami.

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan belum hilang ingatan kita akan bencana gempa bumi yang melanda Lombok Nusa Tenggara Barat bulan lalu, pada Jumat (28/9) sore giliran Palu, Donggala dan sekitarnya dilanda gempa yang disertai dengan tsunami.

Dikatakannya duka yang terjadi di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah adalah duka kita semua sesama bangsa indonesia, sebagai bentuk kepedulian Universitas Andalas ia mengirimkan tim medis menuju Palu, Donggala, Sulawesi Tengah pada Senin (1/10) di Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Tim ini berjumlah delapan orang yang dipimpin oleh dr. Muhammad Riendra, SpBTKV dibawah inisiasi Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Andalas Dr. dr. Wirsma Arief Harahap, SpB (K) Onk dan berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM).

Adapun tim medis ini adalah dr. Hermansyah, SpOT, dr. Beni Indra, SpAn, dr. Muhammad Ishak (PPDS Bedah), dr Ramadanus (PPDS Bedah), Ns. Ade Frana Wijaya, S. Kep (Perawat IGD), Zafitra Patriotga Amd. Kep (Perawat OK) dan Ikhwan Hidayat Amd. Kep (Perawat Orthopedi) untuk membantu penanganan korban gempa dan tsunami.

Lebih lanjut ia menyampaikan dikirimnya tim medis ini sebagai bentuk konstribusi Universitas Andalas dalam membantu meringankan beban saudara-saudara yang ada di Palu, Donggala dan sekitarnya.

Ia berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban saudara kita disana dan juga membantu tugas pemerintah dalam hal kesehatan.

Selain itu tim ini juga membawa obat-obatan dan peralatan medis sehingga nantinya dapat bekerja langsung saat menangani korban saat dilapangan.

Ia mengucapkan selamat bertugas dan selamat jalan serta berpesan kepada tim yang berangkat untuk selalu menjaga kesehatan, jaga stamina dan bekerja dengan sepenuh hati serta tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Disamping itu, ia mengatakan nantinya Universitas Andalas juga akan mengirimkan Tenaga Ahli Kontruksi Bangunan Tahan Gempa dari Pusat Studi Kebencanaan Fakultas Teknik sebagai misi kemanusiaan.

“Tim ini juga yang telah dikirimkan saat terjadi gempa bumi yang melanda Lombok Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Pelepasan tim ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Dr. Hj. Merry Yuliesday, MARS, Wakil Rektor, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Biro dan pejabat lain di lingkungan Universitas Andalas.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar juga memberikan bantuan berupa obat-obatan dan bantuan keuangan kepada tim medis yang berangkat serta ia juga telah menghubungi Kepala Dinas Kesehatan setempat.

 

Sumber : Humas Unand

Read 71 times