Indonesian English

Workshop Refreshing Tutor FK UNAND

25 Juli 2022

Padang (FK UNAND) – Medical Education Unit (MEU) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menyelenggarakan Workshop Refreshing Tutor pada Senin (25/7).

Metode pembelajaran dengan Problem-based learning (PBL) adalah suatu metode pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelompok kecil dengan pendekatan terarah dan terstruktur untuk memfasilitasi mahasiswa memecahkan masalah. 

Tutorial menjadi kegiatan kunci dalam penerapan PBL. Tutorial dilaksanakan dalam kelompok kecil sejumlah 6 – 10 mahasiswa yang membahas suatu masalah. Selanjutnya, seorang dosen akan ditetapkan sebagai tutor setelah pelatihan khusus untuk memfasilitasi pelaksanaan tutorial. Tutor dalam diskusi tutorial PBL memiliki peran penting seperti mempertahankan alur dari konten yang dibahas agar tidak melenceng, mengatur dinamika grup, memfasilitasi pencapaian tujuan pembelajaran, serta mengatur lingkungan grup dengan memperhatikan waktu dan mengatasi distraksi.

Peran tutor yang esensial dalam PBL menjadikan kegiatan pelatihan dan penyegaran tutor menjadi hal yang rutin dikerjakan dalam kegiatan pengembangan sumber daya manusia di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penyegaran dalam bentuk workshop refreshing tutor diharapkan dapat membantu tutor kembali menemukan cara terbaik untuk memfasilitasi proses pembelajaran mahasiswa pada diskusi kelompok kecil atau tutorial. Narasumber dalam Workshop Refreshing Tutor ini adalah dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD, SpKKLP,  dr. Laila Isrona,M.Sc dan dr. Yulistini,M.Med.Ed dengan peserta merupakan dosen tutor di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah :

  1. Menyamakan persepsi, pelaksanaan, langkah-langkah proses tutorial
  2. Meningkatkan kemampuan dosen sebagai tutor
  3. Menyamakan persepsi dosen sebagai tutor tentang materi blok

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

Read 2043 times