Indonesian English
19 Januari 2023

Arsip Profile IKA

Padang (FK UNAND) – Bersama ini dilampirkan file Surat Pernyataan Integritas Mahasiswa Baru FK UNAND yang dapat didownload pada link dibawah ini (silHKn download berdasarkan Program Studi masing-masing).

  1. Program Studi Pendidikan Profesi Dokter - DOWNLOAD
  2. Program Studi Kesehatan Anak Program Spesialis - DOWNLOAD
  3. Program Studi Bedah Program Spesialis - DOWNLOAD
  4. Program Studi Dermatologi dan Venereologi Program Spesialis - DOWNLOAD
  5. Program Studi Program Studi Penyakit Dalam Program Spesialis - DOWNLOAD
  6. Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah Program Spesialis - DOWNLOAD
  7. Program Studi Neurologi Program Spesialis - DOWNLOAD
  8. Program Studi Obstetrik dan Ginekologi Program Spesialis - DOWNLOAD
  9. Program Studi Ophthalmology Program Spesialis - DOWNLOAD
  10. Program Studi Orthopaedi dan Traumatologi Program Spesialis - DOWNLOAD
  11. Program Studi Patologi Anatomik Program Spesialis - DOWNLOAD
  12. Program Studi Patologi Klinis Program Spesialis - DOWNLOAD
  13. Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Program Spesialis - DOWNLOAD
  14. Program Studi Kesehatan THT-KL Program Spesialis - DOWNLOAD
  15. Program Studi Program Studi Obsterik dan Ginekologi Peminatan Fetomaternal Program Subspesialis - DOWNLOAD
  16. Program Studi Penyakit Dalam Peminatan Ginjal Hipertensi Program Subspesialis - DOWNLOAD

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

01 November 2022

 

PP Nomor 95 Tahun 2021

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR 8 TAHUN 2022

Dokumen SPMI FK UNAND

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

06 Januari 2023

2023 OSCE KK A

Padang (FK UNAND) – Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melaksanakan ujian OSCE Keterampilan Klinik 1, 3, 5 dan 7 selama 4 hari di OSCE Center FK UNAND pada Senin - Kamis (2-5/01) 

Ujian OSCE Keterampilan Klinik merupakan agenda rutin yang selalu diselenggarakan oleh Program Studi Kedokteran setiap akhir semester. OSCE Keterampilan Klinik kali ini dilaksanakan pada 3 lokasi yang bertempat di OSCE  Center FK UNAND. Jumlah station pada pelaksanaan OSCE KK ini adalah sejumlah 7 station dengan 1 rotasi merupakan rotasi istirahat. 

Pada kesempatan ini, Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H melaksanakan kunjungan untuk meninjau langsung pekaksanaan OSCE Keterampilan Klinik 1, 3, 5 dan 7 di FK UNAND.

2023   OSCE KK B

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

05 Januari 2023

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Padang (FK UNAND) – Program Pengembangan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (PPDS FK UNAND) melaksanakan kuliah terintegrasi di Aula Student Center M. Syaaf FK UNAND Kampus Jati pada Senin (02/01).

Pertama kali diselenggarakan, kuliah terintegrasi ini akan diikuti oleh seluruh peserta PPDS Periode Januari 2023 selama kurang lebih 1 bulan. Berkolaborasi dengan Medical Education Unit (MEU) FK UNAND, kuliah terintegrasi ini nantinya akan memaparkan beberapa mata kuliah dan topik yang akan disampaikan oleh pengampu yang ahli di bidangnya. 

Adapun matakuliah yang terdapat dalam kuliah terintegrasi ini yaitu :

  1. Pengantar Professionalisme Dokter Spesialis
    • Karakter Andalasian
    • Filsafat Ilmu
    • Etika, Profesionalisme dan Hukum Kesehatan
    • Interprofessional Education
  2. Metodologi Penelitian dan Biostatistik
    • Dasar Metodologi
    • Desain Penelitian
    • Epidemiologi Klinik
    • Critical Apprasial
    • Penentuan Rencana Topik Penelitian

Bertindak sebagai pengampu matakuliah terintegrasi ini antara lain :

  1. Pengantar Professionalisme Dokter Spesialis
    • Prof. Dr. dr. Masrul, M.Sc, Sp.GK dan Tim
    • Prof. dr. Rismawati Yaswir, Sp.PK (K) dan Tim
    • Dr. dr. Etriyel, Sp.U dan Tim
    • dr. Laila Isrona, M.S dan Tim
  2. Metodologi Penelitian dan Biostatistik
    • Prof. dr. Hardisman, MHID, DRPH, FRSPH dan Tim

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

23 Desember 2022

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Padang (FK UNAND) – Program Studi Ilmu Biomedis Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengikuti Asesmen Lapangan Luring dalam rangka akreditasi oleh LAM-PTKes pada Rabu - Jum'at (21-23/12).

Asesmen Lapang Daring (ALD) Program Studi Ilmu Biomedis Program Sarjana FK UNAND merupakan salah satu instrumen penilaian untuk menjamin kualitas dan mutu dari lulusan dari program studi tersebut.

Bertindak sebagai asesor dalam Asesmen Lapangan Daring (ALD) pada kesempatan ini adalah Prof. Dr. rer. nat. Dra. Asmarinah, M.Si dan Dr. dr. Nurfadly, M.KT. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Rektor I Unand Prof. Dr. Mansyurdin, MS, Dekan FK Unand Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA, Wakil Dekan I FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), Wakil Dekan II Prof. dr. Hardisman, MHID, DrPH, FRSPH, serta para staff pengajar Program Studi Ilmu Biomedis Program Sarjana FK UNAND.

Selama proses asesmen berlangsung, para asesor dengan teliti mengolah setiap konten yang ada didalam borang akreditasi lengkap dengan dokumen pendukungnya, asesor juga melakukan wawancara pada civitas akademika beserta tenaga kependidikan di lingkungan Program Studi Ilmu Biomedis Program Sarjana FK UNAND. Tak lupa asesor juga melakukan kunjungan langsung ke berbagai sarana dan prasarana atau fasilitas yang ada di lingkungan Program Studi Ilmu Biomedis Program Sarjana FK UNAND baik itu di lokasi kampus FK UNAND Jati mau di FK UNAND Limau Manis.

Program Studi Ilmu Biomedis Program Sarjana FK UNAND merupakan program studi sarjana paling bungsu di FK UNAND, akreditasi ini sangat penting dilakukan selain utnuk menjadi tolak ukur kualitas program studi yang telah dijalankan tetapi juga dibutuhkan untuk meningkatkan profil lulusan terutama bagi lulusan tingkat pertama nantinya.

DIharapkan hasil dari asesmen ini memperolah nilai yang sangat baik sehingga akan berdampak pada peningkatan profil lulusan dan kalitas program studi itu sendiri.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

21 Desember 2022

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Padang (FK Unand) - Sebanyak 24 Mahasiswa Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengikuti prosesi Yudisium Program Sarjana Periode VI Tahun 2022 pada Selasa (20/12). Prosesi ini berlangsung di Aula Student Center M. Syaaf Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Kampus Jati.

Mahasisa yang mengikuti yudisium kali ini berasal dari beberapa Program Studi Sarjana yang ada dilingkungan FK Unand yakni Prodi Pendidikan Dokter dengan gelar sarjana Kedokteran (S.Ked), Prodi Psikologi dengan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) dan Prodi Kebidanan (S.Keb).

Yudisium ini dihadiri oleh Dekan FK Unand Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA, Wakil Dekan I FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes, Wakil Dekan II Prof. dr. Hardisman, MHID, DrPH, FRSPH, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi S1 Pendidikan Dokter dan S1 Psikologis serta Ketua Prodi Pendidikan Profesi Dokter.

Sebaran peserta Yudisium Periode VI Tahun 2022 ini yaitu 13 mahasiwa dari Prodi Pendidikan Dokter, 10 mahasiswa dari Prodi Psikologi dan 1 mahasiswa dari Prodi Kebidanan.

Bagi lulusan sarjana kedokteran akan melanjutkan pendidikan pada tahap profesi selama 4 semester untuk menjalani siklus di berbagai Puskesmas dan RS Jejaring FK Unand untuk meraih gelar Dokter dimana suasana belajar yang akan dilalui sangat berbeda dengan tahap Pendidikan karena setiap mahasiswa akan ditempatkan di RS Jejaring. Sedangkan untuk lulusan Sarjana Psikologi (S.Psi) dapat melanjutkan karir atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. 

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

21 Desember 2022

YUDISIUM PPDS PERIODE IV

Padang (FK Unand) - Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melaksanakan Yudisium Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Periode VI Tahun 2022 pada Selasa (20/12) secara offline di Aula Student Center M. Syaaf Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Sebanyak 26 orang PPDS FK Unand mengikuti prosesi yudisium yang dilaksanakan di Aula Student Center M. Syaaf FK UNAND dengan didampingi oleh keluarga. Peserta Yudisium Periode VI Tahun 2022 ini berasal dari beberapa Program Studi diantaranya

  • Obstetrik dan Ginekologi Program Spesialis (4 Mahasiswa)
  • Penyakit Dalam Program Spesialis (4 Mahasiswa)
  • Bedah Program Spesialis (8 Mahasiswa)
  • Ophthalmology Program Spesialis (2 Mahasiswa)
  • Kesehatan Anak Program Spesialis (2 Mahasiswa)
  • Neurologi Program Spesialis (2 Mahasiswa)
  • Patologi Anatomi Program Spesialis (1 Mahasiswa)
  • Jantung dan Pembuluh Darah Program Spesialis (3 Mahasiswa)

Yudisium ini dihadiri oleh Dekan FK Unand Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA, Wakil Dekan I FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes, Wakil Dekan II Prof. dr. Hardisman, MHID, DrPH, FRSPH, Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP M. Djamil Padang Dr . dr . Dovy Djanas, Sp.OG(K) dan Wakil Ketua TKP PPDS FK Unand Dr. dr. Sukri Rahman, SpTHT-KL(K), FICS.

Yudisium merupakan titik tolak untuk memulai tanggung jawab sebagai dokter spesialis, dimana kedepannya akan semakin banyak berhubungan dengan masyarakat dan tenaga medis yang lain, oleh karena ini gunakanlah keilmuan yang dimiliki dengan sebaik - baiknya, tetap menjaga nama baik almamater dan tidak melakukan hal - hal yang melanggar moral dan etika 

 NEW LOGO 2020 ORI BLACK

18 November 2022

PIM 2022

Padang (FK UNAND) –  Civitas akademika FK UNAND yang dalam hal ini diprakarsai oleh lintas departemen di lingkungan FK UNAND menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat selama 2 hari yang berlokasi di Puskesmas Kayu Tanam.

Adapun pada pelaksanaan pengabdian masyarakay kali ini dilakukan beberapa agenda seperti skrining psikologi, edukasi kesehatan, senam jantung, sunat massal hingga pengobatan gratis.

Tema yang diusung pada pengabdian masyarakat tahun ini adalah "SAHATI" (Saayun Paduli dan Magabdi, untuak Masyarakat Sehat dan Bararti). Hingga hari terakhir, penyelenggaraan kegiatan ini berlangsung dengan baik, masyarakat setempat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara.  

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 LOGO PIM FIX

15 Desember 2022

PIM 2022

Padang (FK UNAND) –  Program Studi Kebidanan Program Magister Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menyelenggrakan Kegiatan “Residensi Praktik Klinik Kebidanan” yang dibuka secara langsung oleh Direktur Utama Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas pada Senin (12/12)

Kegiatan residensi Program Studi Kebidanan Program Magister FK UNAND merupakan salah satu mata ajar yang diselenggarakan untuk mengaplikasikan konsep dan teori asuhan kebidanan yang bermutu tinggi sesuai dengan evidence based midwifery yang telah dipelajari sebelumnya pada tatanan pelayanan kesehatan/kebidanan nyata di Rumah Sakit.

Sejumlah 24 peserta residensi yang merupakan mahasiswa Program Studi Kegiatan residensi periode ini akan mengikuti program residensi di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas mulai tanggal 12 Desember 2022 hingga 07 Januari 2023. Selama residensi ini para peserta akan menganalisa dan mempelajari kasus-kasus pelayanan dan asuhan kebidanan di instansi unit rawat dan poliklinik kebidanan dan bayi RS UNAND.

DIharapkan dengan adanya kegiatan residensi ini, peserta residensi akan mampu menyelesaikan masalah secara ilmiah dan melakukan perubahan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi kebidanan (midwifery care practice).

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 LOGO PIM FIX

19 Desember 2022

PIM 2022

Padang (FK UNAND) – Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menyelenggrakan Kegiatan “Pekan Ilmiah Mahasiswa”.  Kegiatan PIM ini bertujuan sebagai salah satu wadah untuk menfasilitasi publikasi penelitian ataupun karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di Hall FK Unand Kampus Limau Manis, pada Senin(19/12).

Kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa ini merupakan perhelatan yang kedua kalinya di gelar menjelang pelaksanaan Yudisium Sarjana FK UNAND Periode VI Tahun 2022. Pada kegiatan ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil penelitiannya dengan cara yang inovatif dan kreatif melalui publikasi artikel dan karya poster. Hal tersebut diharapkan selain membantu mahasiswa untuk bisa memamparkan hasil penelitiannya kepada masyarakat umum, tetapi juga meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam penggunaan teknologi untuk memaparkan hasil penelitian tersebut. Program Studi Psikologi merupakan penanggungjawab untuk Kegiatan PIM ke-4 ini dengan melibatkan Tiga Program Studi Sarjana lainnya di Fakultas Kedokteran, yaitu Program Studi Kedokteran, Program Studi Psikologi dan Program Studi Kebidanan. Total peserta pada pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) ke-4 ini adalah 60 peserta yang berasal dari Program Studi Kedokteran, Program Studi Psikologi dan Program Studi Kebidanan. 

Hadir dalam kesempatan ini adalah Direktur Kemahasiswaan Unand, Khandra Fahmy, STP., MP., Ph.D sekaligus membuka acara, Wakil Dekan I FK Unand, Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes dan Wakil Dekan II FK Unand, Prof. dr. Hardisman, M.HID., Dr.Ph.Med serta para juri dan peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) FK Unand ke-4.

Dalam kata sambutannya Direktur Kemahasiswaan Unand mengatakan bahwa kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) ke-4 yang digelar oleh FK UNAND ini merupakan suatu bentuk inovasi dan konsistensi yang telah berhasil diwujudkan oleh FK UNAND. Beliau berharap kedepannya kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara konsisten karena dengan adanya pekan ilmiah akan semakin meningkatkan minat para mahasiswa dibidang research sehingga akan mendorong tercipatanya inovasi yang berkelanjutan.

Kegiatan PIM ini dilaksanakan dari Pukul 08.30 sampai dengan Pukul 12.00 secara luring. Para juri yang merupakan para pakar di Bidang Ilmu Kesehatan akan menilai hasil karya ilmiah para mahasiswa tersebut. Adapun kriteria penilaian meliputi kejelasana masalah yang diangkat, kemutakhiran kepustakaan yang digunakan, sistematika poster yang dibuat, kreativitas gagasan, dan kemampuan dalam presentasi. Pemenang akan mendapatkan hadiah yang sudah disediakan oleh Fakultas Kedokteran.

Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan di Fakultas Kedokteran dan dapat memacu para mahasiswa untuk lebih terlibat aktif dalam melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitiannya.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 LOGO PIM FIX