Indonesian English
Berita

Berita (531)

Children categories

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017 (0)

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tarumanegara Medical Competition (TMC) 2017 merupakan suatu acara perlombaan ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, Grogol, Jakarta Barat. Kegiatan ini berada di dalam program kerja tahunan BEM FK Untar. Dan pada tahun ini merupakan ajang kegiatan tahunan yang kedua kali nya di gelar dimulai pada tanggal 2 Juni – 4 Juni tahun 2017 yang di buka langsung oleh Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat berkompetisi dan jiwa sportivitas mahasiswa FK atau rumpun ilmu kesehatan (FKM, Farmasi, dan Keperawatan) di seluruh Indonesia, serta dapat menjadi wadah dalam menuangkan segala ide dan kreasi. Kompetisi ilmiah ini dibagi atas empat cabang lomba, yaitu tinjauan pustaka, poster ilmiah, poster publik, dan fotografi.

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tema yang diangkat pada kegiatan TMC 2017 adalah: “The Climate Change: How it Affect Tropical Diseases” dan mendatangkan 5 sampai 10 tim finalis untuk tiap cabang lomba yang berasal dari beberapa Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berhasil mengirimkan satu tim finalis untuk cabang lomba poster ilmiah, yakni Adila Hanna, Dessia Nuraulia Putri, dan Sakinah, semuanya terdiri dari angkatan 2014. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tanggal 2 Juni 2017 hingga 4 Juni 2017. Kedatangan finalis, pembukaan acara, serta technical meeting seluruh tim berlangsung pada tanggal 2 Juni 2017. Seminar nasional dan presentasi babak final diadakan pada tanggal 3 Juni 2017, dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang serta makan bersama pada malam harinya. Keesokan harinya di tanggal 4 Juni 2017, para delegasi pulang ke daerah masing-masing.

 

 

 

Kegiatan utama dalam acara ini adalah presentasi finalis dari tiap cabang lomba, yang diadakan di Gedung Kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. Kegiatan utama lainnya adalah Seminar Nasional yang bertemakan “Tropical Infection - We Know, We Treat, We Prevent”. Materi-materi dalam seminar ini dibawakan oleh Prof.Dr.Herdiman T.Pohan,Sp.PD,KPTI,DTMH, dr Teguh Sarry Hartono,Sp.MK, dr.Joyce Bratanata,Sp.PD, dr.Dollar,S.H,MH,MM, dr Erni J. Nelwan, Sp.PD-KPTI, dr.Wiyarni Pambudi,Sp.A,IBCLC.

Pada kompetisi kali ini, delegasi dari Universitas Andalas masih bisa sampai tahap finalis, belum berhasil menjadi pemenang. Masih diperlukan evaluasi dan persiapan yang lebih matang agar dapat memenangkan kompetisi ilmiah yang diadakan selanjutnya. Oleh karena itu, diharapkan para delegasi Unand dapat melatih calon delegasi berikutnya untuk persiapan perlombaan berikutnya.

untar 5

Dokumentasi : Edwin Destra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

View items...
24 Januari 2020

IMSC 2020

Makassar ( 9 - 12 Januari 2020 ) delegasi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengikuti acara lomba ilmiah tahunan Ibnu Sina Medical Competition (ISMC) 2020 yang diadakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia, Makassar.

Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah Herbal Medicine. Tujuannya adalah untuk menciptakan dan mendukung terbentuknya iklim keilmiahan di kalangan mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia, yang dicapai melalui kegiatan perlombaan.

Acara IMSC ini diikuti oleh mahasiswa kesehatan dari berbagai universitas di Indonesia. Sampai ke tahap final ISMC di ikuti hanya 10 orang peserta pada tiap cabang lomba dengan mengusung lima cabang yaitu Literature Review, Karya Tulis Ilmiah, Video Edukasi, dan Poster Publik. Pada ISMC kali ini, delegasi UNAND mengikuti cabang lomba Literature Review. Dari perlombaan Literature Review ini, Alhamdulillah delegasi FK UNAND berhasil lolos sebagai Juara Kedua atas nama Muhammad Rafif Helery, Kelvin Florentino, dan Nadyatul Husna sedangkan untuk juara pertama adalah Universitas Airlangga dan juara ketiga adalah Universitas Muslim Indonesia. Semoga delegasi UNAND selalu berprestasi dan mengharumkan nama FK UNAND. Prestasi untuk bangsa!.

24 Januari 2020

Coffee Morning

Padang (FK Unand) -  Pimpinan beserta para Guru Besar FK Unand dan Pimpinan FK Unand terdahulu mengadakan acara “Coffee Morning” yang bertempat di Ruang Sidang FK Unand Lantai 1, Kampus Limau Manis pada hari Rabu (22/1).

Acara ini bermaksud untuk menjalin silahturahmi dan keakraban antara pimpinan fakultas dan Guru Besar FK Unand serta Pimpinan FK Unand terdahulu, serta merupakan ajang untuk memperbincangkan rencana-rencana kegiatan yang sedang atau akan diselenggarakan ke depan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Dekan FK Unand Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F dalam kesempatan ini menyampaikan beberapa program kerja dari Dekan terdahulu yang akan dilanjutkan dan terus dkembangkan serta akan ada beberapa kegiatan besar yang akan diselenggarakan oleh FK Unand di tahun 2020 diantaranya yaitu Lustrum FK Unand yang ke-XIII.

Guru Besar dan Pimpinan FK terdahulu yang hadir mengucapkan selamat atas dilantiknya Dekan FK-Unand yang baru dan memberikan dukungan penuh untuk segala target - target dan program kerja yang akan dilaksanakan selama masa jabatan yang ada.

23 Januari 2020

Pelantikan Dekan FK Unand

Padang (Unand) - Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH melantik Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Pelantikan, pengambilan sumpah dan serah terima jabatan ini berlangsung pada Senin (20/1) di Gedung Convention Hall Universitas Andalas Kampus Unand Limau Manis Padang yang dihadiri oleh segenap unsur pimpinan, mitra kerja dan undangan lainnya. 

Selain Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, rektor juga melantik beberapa pimpinan fakultas yang ada di lingkungan Universitas Andalas. 

Rektor Universitas Andalas mengucapkan selamat kepada yang baru dilantik mendapat kepercayaan untuk menerima amanah, Ia mengingatkan agar dalam mengemban jabatan harus amanah dan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan tidak boleh berdasarkan kepentingan pribadi atau golongan.

Berdasarkan kondisi saat ini, kita patut berbangga bahwa Universitas Andalas telah berada pada level Perguruan Tinggi klaster I, namun masih banyak hal yang harus kita benahi terutama mengenai program-program yang ada di seluruh lingkungan Universitas Andalas. Rektor Universitas Andalas mengatakan bahwa agar setiap program yang ada semua Fakultas dan Unit di lingkungan Universitas Andalas, maka ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, diantaranya :

  1. Mari kita tingkatkan tata kelola kelembagaan yang belum optimal terutama di tingkat Fakultas 
  2. Benahi lagi program kerja agar lebih optimal 
  3. Benahi program kerja dan prgoram studi yang ada di masing-masing fakultas terutama dalam pelaksanaan belajar mengajar dan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  4. Tingkatkan sistem layanan kepada Mahasiswa
  5. Benahi dan tingkatkan budaya pelayanan pendidikan oleh tendik 
  6. Tingkatkan disiplin kerja diseluruh unit kerja 
  7. Tingkatkan sistem pengamanan dan kebersihan

Tak lupa ia juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan sebelumnya beserta keluarga dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi yang telah diberikan untuk kemajuan Universitas Andalas, semoga semua yang telah diberikan menjadi amal ibadah bagi kita semua.(*)

 

 

 

22 Januari 2020

MOU FK Unand JEC

Jakarta (Unand) - Fakultas Kedokteran Universitas Andalas jalin kerjasama dengan RS Mata Jakarta Eye Center (JEC) yang ditandai dengan penandatanganan MOU oleh Plt Dekan FK Unand Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F dengan Presiden Direktur Nitrasanata Darma dr. Johan Hutauruk, Sp.MK

JEC adalah Rumah Sakit spesialis mata dengan standar layanan internasional yang memiliki misi dan komitmen meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pelayanan kesehatan mata. Nota kesepakatan antara FK Unand dengan JEC ini mengenai pelaksanaan kerjasama dibidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat untuk Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Mata FK-Unand.

Penandatanganan ini berlangsung di Ruang Rapat Djoko Sarwono Lantai 5 JEC Menteng, Jakarta Pusat. Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Ketua Bagian-KSM Ilmu Kesehatan Mata FK-Unand dr. M. Hidayat, SpM (K) dan Koordinator Prodi Ilmu Kesehatan Mata FK-Unand Dr. dr. Hendriati, Sp.M (K) serta Prof.dr. Cahyono D. Ghondowiardjo, Sp.MK PhD dan dr. Darwan Purba SpM sebagai founder JEC

22 Januari 2020

MOU FK Unand RS Panam

Padang (FK Unand) - Pada hari Rabu, 15 Januari 2020, RS Awal Bros Panam melakukan perpanjangan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kunjungan ini disambut langsung oleh PImpinan dan Dosen FK-Unand di Ruang Sidang Dekan Lantai 2 Kampus Limau Manis. 

RS Awal Bros Panam dalam hali ini diwakilkan oleh Siti Putri Utami memaparkan bahwa kerjasama RS Awal Bros Panam dengan FK-Unand saat ini merupakan perpanjangan dari kerjasam yang sebelumnya telah terjalin dan habis masa berlaku di tahun 2019. Proses perpanjangan kerjasama ini sudah mulai dilakukan sejak akhir tahun 2019. Ia memaparkan adapun ruang lingkup kerjasama RS Awal Bros Panam dengan FK-Unand yaitu kerjasama dibidang akademik yang meliputi rekrutmen lulusan FK-Unand oleh pihak RS Awal Bros Panam.

Sementara itu, Plt Dekan FK-Unand Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F menyambut baik penawaran kerjasama dari RS Awal Bros Panam. Kerjasama ini diharapkan bermanfaat untuk kedua institusi. Bagi FK-Unand sendiri kerjasama ini diharapkan juga bernilai sebuah peluang yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para lulusan FK-Unand, karena hal ini dapat membantu dalam peningkatan kualitas alumni FK-Unand.

22 Januari 2020

Workshop Tutor

Padang (FK Unand) - Medical Educatuion Unit (MEU) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengadakan Workshop Tutor untuk Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang FK Unand Kampus Unand Limau Manis Padang  pada tanggal 21 – 23 Maret 2019.

Kegiatan yang dilakukan selama 3 hari ini diikuti oleh 34 Peserta yang merupakan Staf Pengajar yang berasal dari berbagai Bagian di FK-Unand. MEU FK-Unand sebagai pelaksana menghadirkan Narasumber dari Bagian Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, yakni:

  1. Dr.Laila Isrona,MSc
  2. dr.Aswiyanti Asri, M.Si, SpPA
  3. dr.Nur Afrainin Syah,M.Med,PhD

Dengan pelatihan ini diharapkan para Staf Pengajar FK-Unand dapat memahami dan menguasai konsep, teknik tutorial serta mampu berperan dan menghayati perannya sebagai tutor yang efektif dan mempunyai kepribadian yang sejalan dengan perannya sebagai seorang tutor di dalam pendidikan kedokteran dengan paradigma baru. 

22 Januari 2020

MOU FK Unand RS Stroke

 

Bukittinggi (FK Unand) - Pada hari Selasa, 14 Januari 2020, babak baru hubungan kerjasama antara Fakultas Kedokteran Unand dengan RS Stroke Nasional (RSSN) Bukittinggi dimulai secara sah.

Perencanaan MoU antara FK Unand dengan  RSSN ini sudah dirintis semenjak lama dan FK Unand sebelumnya pernah mengirimkan peserta PPDS Neurologi untuk stase di RSSN sembari menunggu perjanjian kerjasama ini tuntas dibahas. Pada penandatanganan MoU yang dilaksanakan di RSSN ini, rombongan dari FK Unand dipimpin oleh Plt Dekan FK Unand, Dr.dr.Rika Susanti, didampingi ketua program studi Pendidikan profesi dokter,dr.Rina Gustia, Sp.KK, sekretaris program studi Pendidikan dokter,dr.Taufik Hidayat,M.Sc,Sp.F, pejabat yang mengurus urusan kerjasama FK Unand, Yulizawati, SST, M.Keb, bagian umum, Syuheltabrani, SH, dan sekretariat prodi profesi dokter, Maharani,SE. Sedangkan dari RSSN, penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Utama RSSN, dr. Ermawati, M.Kes disertai beberapa kepala bagian,kepala subbagian,kepala instalasi dan dokter terkait.

Pada kesempatan itu, Ibu Dekan menyampaikan alasan utama mengapa MoU ini perlu dilaksanakan segera karena MoU akan menjadi payung hukum utama dalam pengiriman peserta didik profesi ke RSSN. Hal senada juga diungkapkan oleh direktur RSSN, bahwa dalam rangka persiapan akreditas RSSN pada akhir Februari 2020 mendatang, dokumen-dokumen terkait MoU dan komkordik menjadi sangat penting. Sebelum MoU kerjasama ini ditandatangani, FK Unand sudah melakukan visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSSN pada bulan Juli 2019 dan sudah diputuskan bahwa FK Unand akan mengirimkan dokter muda kepaniteraan klinik siklus elektif rehabilitasi medik sebanyak 10 orang ke RSSN mulai 27 Januari 2020 mendatang.

Siklus rehabilitasi medik merupakan salah satu siklus elektif dalam kepaniteraan klinik di FK Unand. Mahasiswa yang sedang menjalani kepaniteraan klinik, wajib memilih salah satu siklus elektif yang terdiri dari kardiologi, rehabilitasi medik, student exchange, gigi dan mulut, radioterapi dan gizi klinik. Pengiriman 10 orang dokter muda ke RSSN ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh FK Unand. Menurut Ibu Direktur RSSN, sarana dan prasarana rehabilitasi medik di RSSN terbilang lengkap walaupun cuma memiliki 1 orang spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, namun banyak therapist dengan berbagai keahlian  bekerja di RSSN Kepala Instalasi Rehabilitasi Medik, dr. Linda Merpati, sp.KFR sebelumnya juga sudah pernah mengikuti pelatihan preceptor yang diadakan oleh prodi profesi dokter, sehingga sudah dinilai layak melaksanakan bimbingan sistem preseptorship di RSSN. Diharapkan, pembukaan perdana siklus elektif rehabilitasi medik di RSSN ini membuka cakrawala mahasiswa FK Unand yang selama ini awam terhadap bidang kedokteran fisik dan rehabilitasi ini.

06 Januari 2020

Masa Registrasi Akun LTMPT Diperpanjang Hingga 9 Januari

Jakarta (Unand) - Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memperpanjang masa registrasi akun LTMPT hingga Kamis (9/1) mendatang.

Informasi mengenai perpanjangan masa registrasi ini tertuang dalam surat edaran nomor 01/SE.LTMPT/2020 yang dapat diakses melalui website resmi LTMPT. 

Dalam surat tersebut disampaikan LTMPT memberikan kesempatan yang lebih luas kepada sekolah maupun siswa untuk ikut serta dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri serta kondisi pendaftaran/registrasi akun LTMPT sampai dengan hari ini masih banyak yang belum melakukan finalisasi atau mempermanenkan tahapan registrasi akun LTMPT.

“Beranjak dari sana registrasi akun LTMPT awalnya ditutup tanggal 7 Januari 2020, namun diperpanjang hingga tanggal 9 Januari 2020 pukul 17.00 WIB," yang dikutip dari website resmi LTMPT pada Rabu (8/1). 

Perpanjangan waktu pendaftaran akun LTMPT hanya diberikan kepada sekolah dan siswa yang sudah daftar akun dan mempunyai akun sekolah maupun siswa aktif untuk melakukan permanen data.

LTMPT menghimbau kepada sekolah dan siswa untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Dalam hal ini, kalau tidak melakukan permanen data akan sangat merugikan sekolah dan siswa karena harus kehilangan kesempatan untuk melakukan proses pengisian PDSS maupun pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Disamping itu, LTMPT juga mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah berpartisipasi dan turut serta dalam menyukseskan kegiatan tahunan yakni Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru.

Berikut rincian waktu pelaksanaannya:

1.Pendaftaran LTMPT SNMPTN: 2 Desember 2019-7 Januari 2020

2.Pengisian PDDS oleh sekolah: 13 Januari-6 Februari 2020

3.Pendaftaran SNMPTN: 11-25 Februari 2020.

4.Pengumuman SNMPTN 2020: 4 April 2020

5.Pendaftaran ulang lihat pada laman perguruan tinggi masing-masing (*)

 

Humas