Indonesian English
Berita

Berita (470)

Children categories

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017 (0)

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tarumanegara Medical Competition (TMC) 2017 merupakan suatu acara perlombaan ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, Grogol, Jakarta Barat. Kegiatan ini berada di dalam program kerja tahunan BEM FK Untar. Dan pada tahun ini merupakan ajang kegiatan tahunan yang kedua kali nya di gelar dimulai pada tanggal 2 Juni – 4 Juni tahun 2017 yang di buka langsung oleh Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat berkompetisi dan jiwa sportivitas mahasiswa FK atau rumpun ilmu kesehatan (FKM, Farmasi, dan Keperawatan) di seluruh Indonesia, serta dapat menjadi wadah dalam menuangkan segala ide dan kreasi. Kompetisi ilmiah ini dibagi atas empat cabang lomba, yaitu tinjauan pustaka, poster ilmiah, poster publik, dan fotografi.

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tema yang diangkat pada kegiatan TMC 2017 adalah: “The Climate Change: How it Affect Tropical Diseases” dan mendatangkan 5 sampai 10 tim finalis untuk tiap cabang lomba yang berasal dari beberapa Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berhasil mengirimkan satu tim finalis untuk cabang lomba poster ilmiah, yakni Adila Hanna, Dessia Nuraulia Putri, dan Sakinah, semuanya terdiri dari angkatan 2014. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tanggal 2 Juni 2017 hingga 4 Juni 2017. Kedatangan finalis, pembukaan acara, serta technical meeting seluruh tim berlangsung pada tanggal 2 Juni 2017. Seminar nasional dan presentasi babak final diadakan pada tanggal 3 Juni 2017, dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang serta makan bersama pada malam harinya. Keesokan harinya di tanggal 4 Juni 2017, para delegasi pulang ke daerah masing-masing.

 

 

 

Kegiatan utama dalam acara ini adalah presentasi finalis dari tiap cabang lomba, yang diadakan di Gedung Kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. Kegiatan utama lainnya adalah Seminar Nasional yang bertemakan “Tropical Infection - We Know, We Treat, We Prevent”. Materi-materi dalam seminar ini dibawakan oleh Prof.Dr.Herdiman T.Pohan,Sp.PD,KPTI,DTMH, dr Teguh Sarry Hartono,Sp.MK, dr.Joyce Bratanata,Sp.PD, dr.Dollar,S.H,MH,MM, dr Erni J. Nelwan, Sp.PD-KPTI, dr.Wiyarni Pambudi,Sp.A,IBCLC.

Pada kompetisi kali ini, delegasi dari Universitas Andalas masih bisa sampai tahap finalis, belum berhasil menjadi pemenang. Masih diperlukan evaluasi dan persiapan yang lebih matang agar dapat memenangkan kompetisi ilmiah yang diadakan selanjutnya. Oleh karena itu, diharapkan para delegasi Unand dapat melatih calon delegasi berikutnya untuk persiapan perlombaan berikutnya.

untar 5

Dokumentasi : Edwin Destra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

View items...
23 Agustus 2019

Kuliah Umum di Unand, Kepala BNPT Rangkul Anak Muda Bentuk Duta Damai

 

Padang (Unand) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH memberikan Kuliah Umum dihadapan civitas Akademika Universitas Andalas pada Kamis (22/8) yang berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Kuliah umum ini mengusung tema “Resonansi Kebangsaan dan Bahaya serta Pencegahan Radikalisme dan Terorisme”.

Tampak hadir segenap unsure pimpinan di lingkungan Universitas Andalas diantaranya Ketua Majelis Guru Besar, Wakil Rektor, Senat, Dekan, Wakil Dekan, Biro hingga Kasubbag.

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengungkapkan pentingnya mengetahui bahaya dan pencegahan radikalisme karena seperti diketahui paham radikalisme muncul secara diam-diam, munculnya juga dilingkungan pendidikan termasuk perguruan tinggi.

“Munculnya secara diam-diam dan dampaknya berbahaya karena bisa merubah empat pilar kebangsaan yakni, Pancasila, NKRI, Undang-Undang dan Bhineka Tunggal Ika,” sambungnya.

Ia juga mengingatkan mahasiswanya untuk mematuhi aturan-aturan yang telah dibuat yaitu tidak mengikuti dan tidak terlibat narkoba, LGBT, paham-paham yang dilarang. 

Sementara itu, Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH mengatakan pihaknya terus berupaya untuk melakukan program – program yang bisa mengurangi dampak radikalisme terhadap generasi muda.

Salah satunya dengan merangkul anak muda usia 15-25 tahun dengan membentuk piece ambassador (duta damai).

Disampaikannya saat ini BNPT sudah memiliki 680 duta damai dari seluruh Indonesia termasuk juga Provinsi Sumatera Barat.

“Anak-anak yang berusia 15-25 tahun ini direkrut dan didik serta dilatih meliputi IT, Design Grafis maupun juga penulisan blog yang dapat menunjang kebutuhan untuk desiminasi informasi di dunia maya (media social),” jelasnya.

Menurutnya, kalau yang disasar anak muda yang bisa menetralisir tentu anak muda juga dengan bahasa milenialnya untuk menyampaikan pesan-pesan damai.

“Karena kalau kita yang menyampaikan dengan bahasa-bahasa birokrat tidak bakal didengerin, nggak akan nyambung,” ungkapnya.

Saat ini ia juga merekrut anak-anak muda di Asean untuk menjadi duta damai yang dididik di Jakarta, kedepan ia ingin membentuk duta damai dari seluruh Negara yang ada di dunia.

Disamping membentuk duta damai, BNPT juga memeliki Pusat Media Damai (PMD) untuk menciptakan perdamaian di dunia maya.(*).

 

Humas 

Last modified on Jumat, 23 Agustus 2019 10:11
20 Agustus 2019

 
SPH 3

 

 

Kepada Yth : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar
                

                      di

                       Tempat.

 

                     Dengan Hormat,

 

                     Sebelumnya kami do'akan semoga Bapak / Ibu selalu dalam lindungan dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Amiin

 

                     Dengan ini kami mengajukan  permohonan Kepada Bapak/ Ibu Kepala Dinas untuk memberikan kesempatan kepada Dokter Spesialis NON ASN  yang telah selesai melaksanakan Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS) untuk bisa bekerjasama sebagai dokter Spesialis Full Timer di Semen Padang Hospital. Dapat disampaikan kebutuhan dokter spesialis tersebut adalah sebagai berikut:

                     Baca selengkap nya : Permohonan Permintaan Kerjasama Dokter Spesialis

 

 

 

Pebriyantoson,SS

                  

Last modified on Selasa, 20 Agustus 2019 12:02
19 Agustus 2019

Peringatan HUT RI 74, Rektor : HUT RI 74 Harus Dimaknai Sebagai Momen Pemersatu Bangsa

 

Padang (Unand) – Universitas Andalas melaksanakan upacara bendera dalam memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 pada yang berlangsung di lapangan Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang pada Sabtu (17/8).

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA selaku pembinan upacara menyampaikan sambutan dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Menristekdikti RI) Prof. Mohamad Nasir, Ph. D.

Disampaikannya hari ini, 74 tahun sudah bangsa ini merdeka. Peringatan HUT Ke-74 RI Tahun 2019 saat ini tidak hanya dimaknai sebagai lepasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan. Merdeka yang kita rebut 74 tahun lalu bukan pula bermakna akhir dari perjuangan.  

“Namun lebih dari itu, HUT ke-74 RI Tahun 2019 harus dimaknai sebagai momen pemersatu bangsa, dan kita memiliki kewajiban untuk mempertahankan serta mengembangkan hasil kemerdekaan tersebut. Kemerdekaan harusnya membuat kita berbuat lebih untuk bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya. 

Diungkapkannya Tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 ini adalah "SDM Unggul, Indonesia Maju". 

Tema ini mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Artinya Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. 

“Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0. Kita sadar bahwa kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan peningkatan kualitas SDM dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring kemajuan industri 4.0,” ungkapnya.  

Lebih lanjut, ia menyampaikan dalam menciptakan SDM yang unggul Perguruan Tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang. 

“Satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa,” ujarnya. 

Ia juga mengungkapkan jangan terlalu cepat puas dengan capaian dan kompetensi yang kita miliki dan terlena dengan zona nyaman.

Selain itu, Universitas Andalas juga memberikan Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan kampus.(*)

Humas

13 Agustus 2019

       

              Padang(8-10 Agust/2019) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sukses melaksanakan kegiatan Pengenalan kampus kepada Mahasiswa Baru angkatan 2019 yang berjumlah kurang lebih 417 orang dari total semua Prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas: Prodi Kedokteran sebagai jumlah mayoritas,Prodi Psikologi, dan Prodi Kebidanan. Kegiatan ini di awali dengan Upacara Bhakti di gedung EF FK Unand yang langsung di pimpin oleh Dekan FK Unand DR.dr.Wirsma Arif Harahap,Sp.B (K)-Onk dan di hadiri oleh Wakil Dekan I,II,III, Ketua Prodi,MEU,BPK, Ketua Bagian,Kabag TU FK, Kasubag, BEM FK Unand, dan  anggota HET. Dalam sambutan Dekan menyampaikan “ gunakanlah waktu muda ini untuk mengembangkan potensi, kemampuan belajar,berkreasi,berinovasi, pilih teman yang memberikan aura pergaulan positif menuju arah yang lebih baik. Pembukaan ini di buka secara simbolik dengan pemasangan almamater langsung kepada perwakilan mahasiswa masing-masing Prodi.

                Padang (Sabtu/ 10Agust 2019) Kegiatan Bhakti secara resmi di tutup oleh Wakil Dekan III FK Unand  DR.dr. Netti Suharti M.Kes  di tempat yang sama. Setelah evaluasi dari periode sebelumnya. Kegiatan ini berjalan jauh lebih baik dari periode sebelumnya.

Hanya beberapa mahasiswa yang mengalami sakit ringan yang perlu pengobatan. Dalam hal teknis di lapangan kegiatan ini berjalan dengan baik. Dalam penutupan Wakil Dekan sampaikan, kalau kegiatan ini selain menyatukan mahasiswa dalam hal visi juga mengenalkan sistem perkuliahan yang akan di gelar beberapa hari kedepan. Semoga sistem pendidikan di FK Unand  berjalan semesti nya sesuai dengan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi.Semoga.

 

Pebriyantoson,SS

Last modified on Senin, 19 Agustus 2019 11:01
08 Agustus 2019

 

Yth :

Kepada Yth : Orang Tua Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2019

di 

   Padang

 

 

Bersama ini kami mengundang Saudara untuk dapat hadir pada:

 Hari                    : Senin

Tanggal               : 12 Agustus 2019

Pukul                  : 10.00 WIB  -Selesai

Tempat               : Aula Student Center Fakultas Kedokteran Universitas Andalas  ( Jati ) Padang

Agenda              : Silaturahmi Pimpinan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dengan Orang Tua Mahasiswa Angkatan 2019

 

Demikian di sampaikan, atas kehadiran Saudara tepat waktu nya di sampaikan terima kasih

 

 

Dekan,

 

 

DR.dr.Wirsma Arif Harahap,Sp.B(K)-Onk

Nip. 19661021 199412 1001

 

 

Pebriyantoson,SS

Last modified on Kamis, 08 Agustus 2019 16:02
07 Agustus 2019

  DSC0894

 Padang (Senin/5 Agust/2019) pukul 8.00 WIB- Selesai Prodi S2 dan S3 Kesmas Gelar Lokakarya Kurikulum di Aula FK Unand Jati Padang di hadiri oleh Stockholder Kepala Dinkes Provinsi Sumatera Barat dr. Merry Yuliesday,MARS sebagai pembicara dan Pembicara dari Luar atau sebagai Dosen Tamu dr. Dumilah Ayuningtyas,MARS, ketua Prodi S3 Kesmas Prof. dr.Delmi Sulastri, Ka Prodi S2 Kesmas dr. Rima Semiarty,MARS, dosen FK Unand,Guru Besar, mantan Rektor Unand Prof DR.Wery Darta Taifur yang sekarang sebagai ketua Senat Universitas ,dan civitas akademika FK Unand.

 

Kegiatan ini di gelar dalam rangka memenuhi tuntutan zaman terkait polemik di bidang kesehatan dan kaitan nya di tinjau dari berbagai aspek lintas sektoral terangkum dalam ranah pendidikan, sosial budaya dan aspek lain.

Kegiatan Lokakarya Kurikulum ini langsung di buka oleh Dekan FK Unand DR.dr.Wirsma Arif Harahap,Sp.B(K)Onk.

Dekan sampaikan Prodi S2 dan S3 Kesmas mesti sesuaikan Kurikulum  dengan kondisi tuntutan zaman .

Sementara Stock Holder KadinKes Provinsi dr. Merry Yuliesday,MARS sampaikan perlu penguatan di bidang Pokok Manajemen Data berbasis digital,Manajemen Perencanaan yang handal, monitoring dan evaluasi serta regulasi bidang Kesehatan yang mengakomodir.

 

Di sisi lain dalam hal promotive dan preventive perlu peningkatan cakupan kompetensi Mahasiswa terkait persoalan KIA, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Penyakit menular, dan penyakit tidak menular, imunisasi, serta pengelolaan manajemen Rumah Sakit.

 

Mahasiswa S2 dan S3 harus menguasai manajemen kepemimpinan karena mereka dikader untuk menguasai tata kelola yang baik dan menjadi seorang yang akan memimpin di instansi manapun mereka mengabdi dalam hal pekerjaan dan lingkungan sosial masyarakat.

 

Di akhir masing-masing sesi di adakan tanya jawab dan doa bersama.

Semoga Kurikulum yang akan disusun bisa menjawab tantangan era digital dan era perkembangan zaman milenial.Semoga!

 

 

Pebriyantoson,SS

 

 

Last modified on Kamis, 08 Agustus 2019 15:43
07 Agustus 2019

 

PENGUMUMAN

Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan Preclerkship per tanggal 12 Agustus 2019, maka dengan ini kami sampaikan kepada mahasiswa bahwa,

  1. Kegiatan preclerkship akan berlangsung selama 28 kali pertemuan (14 minggu) yang terdiri dari 8x pertemuan di Bagian Ilmu Kesehatan Anak, 8x pertemuan di Bagian Ilmu Penyakit Dalam, 6x pertemuan di Bagian Ilmu Bedah dan 6x pertemuan di Bagian Obstetri danGinekologi.
  2. Lama kegiatan preclerkship untuk 1x pertemuan adalah 2x 50menit.
  3. Kegiatan akan berlangsung pada hari Senin dan Rabu atau Selasa danKamis.
    1. Bagi mahasiswa yang akan memilih blok elektif berupa student exchange atau kegiatan lainnyayangtidakmemungkinkanuntukmenghadirikegiatanpreclerkshippadaproyeksi waktu blok 4.3 maka diharapkan mahasiswa yangbersangkutan,
      1. Melapor kepada koordinator preclerkship sebelum tanggal 9 Agustus2019
      2. Mahasiswa tersebut akan dibuatkan kelompok rotasi khusus dengan pelaksanaan pertemuan preclerkship selama 12 minggu dan akan diberikan penugasan khusus saat rotasi di Bagian Ilmu Kesehatan Anak dan Bagian Ilmu PenyakitDalam.
      3. Apabila yang bersangkutan melapor lewat dari tanggal tersebut di atas, maka mahasiswa tersebut harus mengikuti rotasi preclerkship secara penuh sebanyak 28 kali pertemuan (14 minggu).

Demikianlah pengumuman ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Koordinator Preclerkship

Dr. Fitrisia Amelin, Sp.A, M.Biomed

 

Lihat : http://repo.unand.ac.id/27625/

 

Pebriyantoson,SS

Last modified on Rabu, 07 Agustus 2019 15:51
02 Agustus 2019

 

Untuk memenuhi permintaan calon mahasiswa yang belum mendaftar, dengan ini diberi kesempatan untuk melakukan pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa Unand yang lulus pada jalur mandiri (SMMPTN Barat) paling lambat hari Jumat tanggal 9 Agustus 2019 bertempat di bagian Akademik Universitas Andalas Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Unand Limau Manis Padang.

Untuk status kelulusan dapat dilihat dipengumuman http://smmptn.unand.ac.id atau http://pengumuman.smmptnbarat.idhttp://smmptnbarat.id/pengumuman.html.

Bagi semua calon mahasiswa yang lulus seleksi SMMPTN 2019 dapat mengunduh semua dokumen yang ada pada lampiran, agar dapat dibawa pada saat verifikasi dokumen sebagai syarat kelengkapan pendaftaran. Dokumen dapat di download dibawah ini.

  • Dokumen Pemeriksaan Kesehatan Calon Mahasiswa Baru Jalur SMMPTN 2019 - Download

           - Untuk Pemeriksaan Kesehatan diharapkan membawa map:

           - Wanita : Map Pink

           - Laki-laki : Map Biru

           - Seluruh Form untuk dapat diisi dengan pulpen tinta biru (standar/pilot)

  • Print Out (cetakan) Bukti Kelulusan pada laman pengumuman atau laman mirror resmi SMMPTN Barat 2019 - dapat dilihat disini http://smmptnbarat.id/pengumuman.html
  • Surat pernyataan Mahasiswa Baru (yang sudah lengkap) - Download
  • Formulir pembuatan rekening Bank BNI dan KTM,  mahasiswa baru diharuskan mendownload formulir isian Bank BNI yang bagian depan di sini dan bagian belakang di sini, kemudian mengisinya dengan Komputer agar tidak terjadi kesalahan pembacaan data.

Demikian diumumkan untuk dapat dilaksanakan Terimakasih.

Padang, 1 Agustus 2019

Ttd

Wakil Rektor I,

Prof. Dr. Dachriyanus, Apt.

Nomor telpon Bagian akademik : (0751) 71301