Indonesian English
09 Maret 2021

PENERIMAAN PASCA GEL 2 TAHUN 2020

Pendaftaran Penerimaan Calon Peserta PPDS Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Periode Juli 2021 telah dibuka pada hari ini Kamis tanggal 08 Maret - 30 April 2021. Berikut Jadwal Pendaftaran.

 

Pendaftaran online dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Harap dibaca Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus Program Studi.
  2. Calon peserta wajib registrasi dan mendaftar online pada aplikasi yang telah disediakan.
  3. Calon peserta membayar biaya seleksi sebesar Rp.750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) ke :

    Nama Rekening  RPL 010 UNAND UTK OPR BLU FK 
    Nama Bank Bank Nagari (Bank Pembangunan Daerah)
    Nomor Rekening 2102 0105.00064-7


  4. Bukti slip setoran bank harap difoto dan dikirimkan ke email :
    Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya., dan slip setoran asli disertakan pada pengiriman berkas.
  5. Dokumen yang diupload pada aplikasi pendaftaran online harus scan dokumen yang asli (bukan fotocopy/legalisir).
  6. Batas akhir penerimaan berkas di Sekretariat TKP PPDS FK Unand tanggal 30 April 2021 (untuk jadi perhatian lama pengiriman jika via POS,TIKI,JNE,dll).
  7. Pendaftaran online dan pengiriman berkas yang telah diupload akan dilayani pada jam kerja (08.00 – 16.00 WIB).

Berkas yang sudah diupload pada aplikasi dikirimkan 2 (dua) rangkap (asli dan photocopy) secara terpisah sesuai dengan urutan ke dalam 1 (satu) amplop ke alamat : Sekretariat TKP PPDS FK Unand, Jl. Perintis Kemerdekaan No.94 Padang 25127.

Dokumen/berkas yang harus dikirimkan sebagai berikut :

  1. Pas photo ukuran 4 x 6 warna latar merah terbaru 2 (dua) lembar
  2. Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku (photocopy)
  3. Surat Permohonan (asli dan photocopy) (format Klik disini)
  4. Printout Data (Data Pribadi, Keluarga, Pendidikan, Pekerjaan, Program Studi, Pernyataan) pada aplikasi pendaftaran (asli dan photocopy)
  5. Ijazah Sarjana Kedokteran (legalisir asli dan photocopy)
  6. Transkrip Nilai Sarjana Kedokteran (legalisir asli dan photocopy)
  7. Ijazah Profesi Dokter (legalisir asli dan photocopy)
  8. Transkrip Nilai Profesi Dokter (legalisir asli dan photocopy)
  9. Surat Tanda Registrasi yang masih berlaku (photocopy)
  10. Sertifikat Akreditasi FK Asal (photocopy)
  11. Surat Rekomendasi IDI (asli dan photocopy)
  12. Hasil UKMPPD/UKDI (photocopy)
  13. Surat Selesai Masa Bakti jika PTT (photocopy)
  14. Sertifikat TOEFL dari Universitas Negeri yang masih berlaku (photocopy)
  15. Surat Keterangan Berbadan Sehat (asli dan photocopy)
  16. Sertifikat ATLS, ACLS yang masih berlaku (photocopy) (lihat Persyaratan Khusus Prodi)
  17. Surat Keterangan Pengalaman kerja (asli dan photocopy) (lihat Persyaratan Khusus Prodi)
  18. Surat Pernyataan pernah/tidak pernah menjalani pendidikan spesialis di Universitas lain, jika pernah cantumkan Universitasnya (bermaterai Rp.6000) (asli dan photocopy)(format Klik disini)
  19. Surat Pernyataan tidak sedang menjalani seleksi penerimaan PPDS di Universitas lain pada periode yang sama (bermaterai Rp.6000) (asli dan photocopy)(format Klik disini)
  20. Surat Pernyataan tidak hamil (asli dan photocopy) (lihat Persyaratan Khusus Prodi)
  21. Surat izin mengikuti seleksi oleh orang tua/istri/suami (bermaterai Rp.6000,-) (asli dan photocopy)(lihat Persyaratan Khusus Prodi)
  22. Surat Pernyataan tidak tersangkut proses kasus pidana (bermaterai Rp.6000,-) (asli dan photocopy)(format Klik disini)
  23. Berkas pendukung (Contoh: sertifikat seminar,dll) (photocopy) 

 

Informasi Lebih Lanjut : Klik Disini 

Link Pendaftaran : Klik Disini

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

15 Februari 2021

 Yudisium Profesi Bidan

Padang (FK Unand) - Fakultas Kedokteran Universitas Andalas bersama Program Studi Pendidikan Profesi Bidan sukses melaksanakan Yudisium dan Pengucapan Lafal Sumpah Bidan Periode I Tahun 2021 pada Senin (15/02) secara daring.

Yudisium dan Pengucapan Lafal Sumpah Bidan ini diikuti oleh sebanyak 22 orang mahasiswa Profesi Bidan FK Unand yang dilaksanakan secara daring dengan didampingi oleh keluarga masing-masing.

Yudisium ini dihadiri oleh Wakil Rektor IV Universitas Andalas, Dekan FK Unand Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K), Wakil Dekan 1 FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes, dan Wakil Dekan II FK Unand Dr. Adrial, M.Kes.

Acara dimulai dengan pengambilan absen dan pembacaan nama-nama calon Bidan baru oleh Bd. Erda Mutiara Halida, S.St, M.Keb selaku Sekretaris Program Studi Profesi Bidan FK Unand. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Yudisium yang dipimpin oleh Ketua Program Studi Profesi Bidan, Lusiana El Sinta Bustami, SST, M.Keb.

Sebelum mengucapkan lafal sumpah bidan, masing-masing calon bidan disumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing yang dipandu oleh rohaniawan dari masing-masing agama para calon bidan.

Pelantikan dan Pengucapan lafal sumpah bidan dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Profesi Bidan yang diikuti oleh 22 calon Bidan. Setelah Pelantikan dan Pengucapan lafal sumpah bidan dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan pengalungan medali pada perwakilan bidan yang diikuti oleh pengalungan medali oleh orang tua kepada bidan baru di tempat masing-masing.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran Unand mengucapkan selamat kepada dokter baru yang telah diyudisium.

"Kami mengucapkan selamat kepada semua lulusan yang di yudisium hari ini. Kami berharap prestasi ini dapat dipertahankan oleh para lulusan hingga ujian kompetensi (UKOM) yang akan segera diselenggarakan nanti serta senantiasa menjaga nama baik almamater,” kata Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F. M. (K).

Turut hadir dan memberikan kata sambutan dalam acara ini yaitu , Ketua AIPKIND Pusat Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes dan Ketua IBI Pusat Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes. 

Ketua IBI Pusat, Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes berpesan kepada seluruh lulusan bahwa “Yudisium dan Pengucapan lafal sumpah Bidan ini bukanlah Langkah akhir, melainkan Langkah awal bagi para bidan baru untuk mengabdi seuai dengan keilmuannya.”

Wakil Rektor IV Universitas Andalas, Dr. Hefrizal Handra, M. Soc mengucapkan selamat kepada dokter baru yang baru saja dilantik hari ini. 

“Saya mengharapkan kedepannya para lulusan tidak pernah puas dalam menuntut ilmu hingga terus berjuang dalam mengembagkan keahliannya.,” katanya.  

Selain itu, dalam yudisium kali ini juga ada kata sambutan perwakilan dari Orang Tua dari Bidan baru yang diwakili oleh Ibu Yorita, S.Pd orang tua dari Suci Cahyati Marta, S.Keb, Bd dan sambutan perwakilan dari Bidan baru yang diwakili oleh Siska Bradinda Putri Sudirman, S.Keb, Bd.  

 

 NEW LOGO 2020 ORI BLACK

16 Februari 2021

YUDISIUM SKED III

Padang (FK Unand) - Sebanyak 17 Mahasiswa Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengikuti prosesi Yudisium Program Sarjana Periode I Tahun 2021. pada Rabu (15/02). Prosesi ini, berlangsung secara Virtual melalui Aplikasi Zoom dan dapat disaksiskan secara live streaming melalu channel YouTube FK Unand..

Mahasisa yang mengikuti yudisium kali ini berasal dari beberapa Program Studi Sarjana yang ada dilingkungan FK Unand yakni Prodi Pendidikan Dokter dengan gelar sarjana Kedokteran (S.Ked), Prodi Psikologi dengan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) dan Prodi Kebidanan dengan gelar Sarjana Kebidanan (S.Keb).

Yudisium ini dihadiri oleh Dekan FK Unand Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K), Wakil Dekan 1 FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes, Direktur SDM RSUP M. Djamil Padang, Ketua HIMPSI Korwil Sumatera Barat, Ketua AIPKIND Pusat serta Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi S1 Pendidikan Dokter, S1 Kebidanan dan S1 Psikologis.

Tiga lulusan terbaik dalam Yudisium Periode I Tahun 2021 ini yaitu :

Lulusan Terbaik Sarjana Kedokteran :

  1. Terbaik 1 : Rania Anindya Muhammad, prediket lulus Dengan Pujian
  2. Terbaik 2 : Rana Anasya Taqi, prediket lulus Dengan Pujian
  3. Terbaik 3 : Nadyatul Husna, prediket lulus Dengan Pujian

Lulusan Terbaik Sarjana Psikologi :

  1. Terbaik 1 : Okta Rahmalia Nurza, prediket lulus Sangat Memuaskan
  2. Terbaik 2 : Saidah Yustika, prediket lulus Sangat Memuaskan
  3. Terbaik 3 : Ani Rahayu, prediket lulus Sangat Memuaskan

Lulusan Terbaik Sarjana Kebidanan :

  1. Terbaik 1 : Radilla Syafitri, prediket lulus Dengan Pujian
  2. Terbaik 2 : Josi Noviani, prediket lulus Dengan Pujian
  3. Terbaik 3 : Iney Pive Enosentris, prediket lulus Dengan Pujian

Pengalungan medali Yudisium, secara simbolis kepada tiga peserta yudisium yang merupakan perwakilan masing-masing prodi di Aula Student Center M. Syaaf, FK Unand Kampus Jati. Lalu Diikuti oleh seluruh peserta yudisium secara virtual.

Direktur SDM RSUP M. Djamil Padang menyampaikan bahwa momentum ini merupakan langkah awal bagi seluruh lulusan sarjana kedokteran dan sarjana kebidanan dalam mengimplementasikan seluruh ilmu yang telah dipelajari selama menjadi mahasiswa Pendidikan Kedokteran.

Dekan FK Unand, Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K) menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang telah berjuang dan menuntaskan pembelajarannya di FK Unand. Dekan berpesan kepada mahasiswa agar tetap semangat dan pantang menyerah meski berada pada situasi pandemi Covid-19 dan pengucapan janji serta sumpah yang telah diikrarkan oleh para lulusan hari ini tentunya harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Bagi lulusan sarjana kedokteran dan sarjana kebidanan akan melanjutkan pendidikan pada tahap profesi selama 4 semester untuk menjalani siklus di berbagai Puskesmas dan RS Jejaring FK Unand untuk meraih gelar Dokter dimana suasana belajar yang akan dilalui sangat berbeda dengan tahap Pendidikan karena setiap mahasiswa akan ditempatkan di RS Jejaring.Hal yang suma juga berlaku bagi Sarjana Kebidanan (S.Keb) yang akan melanjutkan pendidikannya ke tahap Profesi Bidan selama 3 semester untuk menjalani siklus di berbagai Puskesmas dan RS Jejaring FK Unand untuk meraih gelar Bidan. Sedangkan untuk lulusan Sarjana Psikologi (S.Psi) dapat melanjutkan karir atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. 

Selama masa pandemi Covid-19 ini, ada sedikit perubahan dalam pelaksanaan Pendidikan tahap profesi, dimana pelaksanaan siklus ada yang bersifat daring dan ada yang bersifat hands on tergantung situasi dan kondisi RS Jejaring terkait perkembangan kasus Covid-19.

Meski dilakukan secara daring, kegiatan Yudisium ini berlangsung khidmat. Pada acara yudisium tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi dari masing-masing jurusan. 

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

17 Februari 2021

2Pelantikan Dekan FK Unand Periode 2021 2025

Padang (Unand) – Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri, MH melantik Dr. Indra Dwipa, MS sebagai Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) dan Dr. dr. Afriwardi, Sp. KO sebagai Dekan Fakultas Kedokteran periode 2021-2025.

Rektor Universitas Andalas mengucapkan selamat kepada Dr. Indra Dwipa dan Dr. dr. Afriwardi yang baru saja dilantik menjadi Dekan. Pelantikan ini berlangsung di Gedung Convention Hall pada Selasa (16/2) secara luring dan juga daring. 

Prof. Yuliandri mengemukakan tanggal 9 Februari yang lalu, ia telah menadantangani perjanjian kinerja dengan Dirjen Dikti Kemdikbud yang memuat empat sasaran kegiatan yang akan dilakukan.

Empat sasaran tersebut meliputi, peningkatan kualitas lulusan Pendidikan Tinggi, dengan dua indikator kinerja kegiatan, peningkatan kualitas Dosen pendidikan tinggi, dengan tiga indikator kinerja kegiatan.

Kemudian, peningkatan kualitas kurikulum pembelajaran, dengan tiga indikator kierja kegiatan, dan peningkatan tata kelola satuan kerja di lingkungan Ditjen Pendidikan Tinggi, dengan dua indikator kinerja kegiatan.

Selain itu, Rektor juga telah melakukan kontrak kinerja dengan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu RI Tahun 2021, yang merupakan konsekuensi Universitas Andalas sebagai Perguruan Tinggi – Badan Layanan Umum (BLU) yang memfokuskan pada dua sasaran strategis, 

Disebutkannya yang pertama kinerja pengelolaan keuangan efektif, efisien, dan akuntabel dengan empat indikator kinerja: (a. Rasio pendapatan BLU terhadap Biaya Operasional; b. Realisasi Pendapatan BLU Tahun 2021; c. Realisasi Pendapatan dari Optimalisasi Aset; d. Persentase Penyelesaian Modernisasi pengelolaan BLU).

Lalu, yang kedua layanan Prima, dengan 12 (dua belas) indikator kinerja, dengan penghitungan secara persentase.

Rektor kembali menegaskan terkait dengan tata kelola, optimalkan dan tingkatkan, kalau masih ada yang kurang perbaiki sesuai dengan prinsip good university governance yang mesti diwujudkan. 

Disamping itu, ia juga meminta untuk mengoptimalkan penggunaan ilearn. sementara untuk kuota data  mahasiswa, segera akan ada putusan resmi dari Ditjen Dikti;

Rektor juga mengingtkan kepada Dekan yang baru dilantik, untuk langsung berkoordinasi dengan unsur pimpinan lainnya, termasuk dengan Bapak dan Ibu Dekan yang pada hari ini menyerahkan jabatannya kepada Bapak. 

Menurutnya, koordinasi ini penting untuk dilakukan, sehingga terdapat kesinambungan dalam kepemimpinan, serta berbagai hal yang secara teknis dan administratif dapat saling berbagi dan menginformasikan. 

Rektor juga tidak lupa mengungkapkan terima kasih kepada Dekan sebelumnya yang telah sukses dalam memimpin dan mengelola Fakultas Pertanian dan juga Fakultas Kedokteran, termasuk kerja sama dalam berbagai hal untuk memajukan kelembagaan Universitas Andalas.

“Semoga niat dan sedekah waktu, pikiran dan tenaga yang telah diberikan menjadi amal ibadah yang diterima Allah SWT,” harapnya.(*) 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

03 Februari 2021

YUDISIUM PPDS PERIODE IV

Padang (FK Unand) - Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melaksanakan Yudisium Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Periode I Tahun 2021 pada Rabu (03/02) secara daring.

Sebanyak 18 orang PPDS FK Unand mengikuti prosesi yudisium yang dilaksanakan secara live teleconference via zoom meeting di tempat mereka masing-masing dengan didampingi oleh keluarga. Peserta yudisium Periode I Tahun 2021 ini berasal dari beberapa Program Studi diantaranya

  • Program Studi PPDS Ilmu Penyakit Dalam (2 Mahasiswa)
  • Program Studi PPDS Ilmu Bedah (2 Mahasiswa)
  • Program Studi PPDS Obstetri Ginekologi (4 Mahasiswa)
  • Program Studi PPDS Ilmu Kesehatan Mata (2 Mahasiswa)
  • Program Studi PPDS Ilmu Kesehatan Anak (2 Mahasiswa)
  • Program Studi PPDS THT-KL (3 Mahasiswa)
  • Program Studi PPDS Ilmu Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah (3 Mahasiswa)

Yudisium ini dihadiri oleh Dekan FK Unand Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K), Wakil Dekan 1 FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes, Wakil Dekan II FK Unand Dr. Adrial, M.Kes, Wakil Dekan III FK Unand Dr. dr. Netti Suharti, M.Kes, Dirut SDM, Pendidikan dan Umum RSUP M. Djamil Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG (K), Dirut RS Unand Dr. dr. Yevri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U dan Ketua TKP PPDS FK Unand Prof. Dr. dr. Eva Decroli, SpPD-KEMD, FINASIM.

Lulusan terbaik pada Yudisium kali ini diraih oleh :

  • Terbaik 1 : dr. Rimbun Wahyu Gumilar dari Prodi PPDS Obstetri Ginekologi, prediket lulus Dengan Pujian
  • Terbaik 2 : dr. Finessa Adyatessa Hasye dari Prodi PPDS Ilmu Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah, prediket lulus Dengan Pujian
  • Terbaik 3 : dr. Meiza Marthadinata dari Prodi PPDS Obstetri Ginekologi, prediket lulus Dengan Pujian

Dalam kata sambutannya, Ketua TKP PPDS FK Unand mengucapkan selamat kepada seluruh Dokter Spesialis baru FK Unand dan menyampaikan rasa bangganya kepada para lulusan terlebih lagi pada yudisium periode ini 7 dari 18 lulusan berhasil meraih gelar Dengan Pujian, beliau berpesan agar para Dokter Spesialis baru dapat terus termotivasi untuk menuntut ilmu, karena setelah ini masih ada jenjang pendidikan yang dapat ditempuh seperti sub spesialis hingga program doktor.

Dekan FK Unand menyampaikan bahwa jumlah dokter spesialis di Provinsi Sumatera Barat sudah mencukupi kebutuhan saat ini, hanya saja penyebarannya tidak merata, dimana banyak dokter spesialis yang terpusat di kota-kota besar, oleh karena itu beliau berpesan agar para dokter spesialis baru nantinya bersedia mengabdi di daerah-daerah terpencil agar kesejahteraan kesehatan di Indonesia dapat tercapai.

Yudisium merupakan titik tolak untuk memulai tanggung jawab sebagai dokter spesialis, dimana kedepannya akan semakin banyak berhubungan dengan masyarakat dan tenaga medis yang lain, oleh karena ini gunakanlah keilmuan yang dimiliki dengan sebaik - baiknya, tetap menjaga nama baik almamater dan tidak melakukan hal - hal yang melanggar moral dan etika 

Selain itu, dalam yudisium kali ini juga ada kata sambutan perwakilan dari Orang Tua dari Dokter Spesialis baru yang diwakili oleh Prof. Dr. H. Firwan Tan, SE, Mec, DEA, Ing orang tua dari dr. Lorensia Fitra Dwita dan sambutan perwakilan dari Dokter Spesialis baru yang diwakili oleh dr. Rimbun Wahyu Gumilar.

LOGO ARTIKELGREEN 2020

08 Februari 2021

Padang (FK Unand) - Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah penyakit infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual baik secara vaginal, anal, maupun oral. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan 2012, didapatkan kasus IMS sebanyak 140.803 kasus di Indonesia pada tahun 2012. Kasus IMS yang paling banyak disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV) dan gonore.

Menurut Profil Kesehatan Indonesia 2019, jumlah kasus baru HIV di Indonesia pada tahun 2019 adalah sebanyak 50.282 orang dan untuk AIDS sebanyak 7.036 kasus baru di tahun 2019. Jumlah ini meningkat dibanding tahun 2018 yaitu sebanyak 46.372 orang. Persentase kasus HIV positif dan AIDS tahun 2019 pada laki-laki lebih besar dibandingkan perempuan. Untuk kasus HIV positif pada laki-laki sebesar 64.5% dan perempuan sebesar 35.5%. Sementara itu, kasus AIDS pada laki-laki sebesar 68.8% dan perempuan sebesar 31.2%.

Berdasarkan data-data tersebut, SCORA CIMSA-BEM KM FK Unand menyelenggarakan suatu aktivitas, yaitu ADELAIDS (SCORA CIMSA Unand on Spreading Awareness and Prevention HIV/AIDS). ADELAIDS merupakan sebuah aktivitas berbentuk Project yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan member CIMSA BEM-KM FK Unand dan masyarakat umum mengenai HIV/AIDS melalui edukasi oleh member SCORA dan webinar dalam rangka memperingati World AIDS Day 2020.

Untuk membekali pengetahuan member SCORA mengenai HIV/AIDS dan IMS, pada tanggal 28 November 2020 dilaksanakan Intervensi 1. Pada Intervensi 1 ADELAIDS, member SCORA CIMSA BEM-KM FK Unand diberi pembekalan materi melalui zoom meetings mengenai Infeksi Menular Seksual oleh dr. Armen Ahmad, SpPD - KPTI, FINASIM dan HIV/AIDS oleh Edwardo, S.Hum., selaku perwakilan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Padang.

Adelaids2

Selanjutnya dilaksanakan Intervensi 2 ADELAIDS yaitu pada tanggal 5 Desember 2020. Pada Intervensi 2 ini, dilakukan pemberian materi yang sudah didapatkan dari Intervensi 1 mengenai IMS kepada seluruh member CIMSA BEM-KM FK Unand oleh member SCORA yaitu Qanita Adila (SCORA Batch 2019) melalui zoom meetings. Selain Itu, pada intervensi ini juga dilakukan sharing session bersama Cahyadi Hermawan, yaitu seorang ODHIV (Orang dengan HIV)  dari Inti Muda Indonesia dan ditutup dengan pemberian ‘A Letters to ODHIV’.

Adelaids3

Pada tanggal 6 Desember 2020 dilaksanakan webinar dalam rangka memperingati World AIDS Day dengan tema berjudul 'Spreading Awareness and Prevention HIV/AIDS'. Webinar Ini menghadirkan berbagai narasumber dan mengangkat berbagai topik seputar HIV/AIDS yang di antaranya adalah 'Impact of COVID-19 on People with HIV' oleh Ary Bumi Kartini dari Jaringan Indonesia Positif, 'HIV/AIDS and Stigma of People Living with HIV/AIDS ‘ oleh Bayu Ghazali dari Yayasan AIDS Indonesia dan terdapat juga sharing session bersama Cahyadi Hermawan W.N, seorang ODHIV dari Inti Muda Indonesia. Webinar Ini dimoderatori oleh dr. Anggita T.P. yang merupakan Alumni CIMSA BEM-KM FK Unand 2011.

Dalam rangka memperingati World AIDS Day 2020, SCORA CIMSA Unand mengadakan Air Campaign berupa pembuatan video berjudul 'Untold Stories of People Living with HIV/AIDS' dengan menghadirkan seorang ODHIV, yaitu Hages Budiman dari Kuldesak. Video Ini kemudian dipublikasikan melalui Youtube dan Instagram CIMSA Unand.

Diharapkan dengan dilaksanakannya ADELAIDS dapat membantu meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kepedulian baik member CIMSA BEM-KM FK Unand maupun masyarakat umum mengenai Infeksi Menular Seksual, khusunya HIV/AIDS, serta dapat menurunkan stigma dan diskirminasi terhadap ODHIV yang masih kerap terjadi.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

08 Februari 2021

Constantine

Padang (FK Unand) - CONSTANTINE (COVID-19 and Its Impact on Human Rights for Vulnerable People in Indonesia). WHO mengumumkan bahwa wabah virus COVID-19 telah menjadi pandemi global, setelah itu negara-negara di seluruh dunia mengambil langkah-langkah untuk menerapkan lockdown dan perintah 'tinggal di rumah'. COVID-19 memberi dampak pada semua bagian kehidupan, dari kesehatan, ekoknomi bahkan beberapa orang tertentu terancam HAM nya. Diantara orang orang yang terancam hak haknya adalah tenaga medis dan penyandang disabilitas.

Hak tenaga medis terancam karena sejak adanya pandemi COVID-19 ini, rumah sakit selalu penuh sehingga para tenaga medis pun kewalahan. Tidak sedikit yang overworked, dan tidak sedikit juga yang bayarannya tidak sepadan dengan kerja yang dilakukannya. Disisi lain para penyandang disabilitas adalah golongan yang rentan bahkan sebelum pandemi COVID-19. Dengan adanya pandemi ini kerentanan merekapun bertambah, dimana mereka membutuhkan informasi dan bantuan khusus dalam menghadapi pandemi COVID—19.

Maka dari itu SCORP-CIMSA BEM KM FK Unand dan SCORP CIMSA FK UIN SH bekerja sama dan mengadakan aktivitas yang disebut CONSTANTINE (COVID-19 and Its Impact on Human Rights for Vulnerable People in Indonesia) dalam rangka merayakan Human Rights Day yang jatuh pada 10 Desember 2020. Aktivitas ini bertujuan untuk membahas dan menambah kepedulian masyarakat mengenai permasalahan HAM yang baru muncul sejak pandemi ini berlangsung.

Aktivitas ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Rangkaian pertama adalah training yang diberikan untuk member SCORP-CIMSA BEM KM FK Unand dan SCORP CIMSA FK UIN SH yang dibawakan oleh Human Rights Trainer dari masing masing lokal yang dilaksanakan pada 11 Desember 2020.

Rangkaian kedua adalah Webinar 1, dengan menangkat tema ‘Hak Tenaga Kesehatan dan Pasien selama Pandemi COVID-19’. Pembicara yang mengisi webinar berasal dari instansi instansi yang cukup ternama yaitu Amnesty International lndonesia, IDI Sumatera Barat, dan Kemenkes RI. Webinar ini dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2020 melalui zoom cloud meetings.

Rangkaian selanajutnya diadakan pada 13 Desember 2020. Pada hari itu diadakan talkshow beserta siaran radio. Talkshow diisi oleh dr. Gia Pratama dan seorang survivor COVID-19, sedangkan siaran radio diisi oleh Ketua dari Komnas HAM Sumatera Barat. Tema yang dibahas masih sejalan dengan tema webinar 1.

Rangkaian terakhir adalah webinar 2, yang mengangkatkan tema ‘Hak-Hak Penyandang Disabilitas di tengah Pandemi COVID-19’. Webinar kedua ini diisi oleh pihak yang berasal dari organisasi organisasi yang berfokus pada penyandang disabilitas yaitu, PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia) dan SIGAB (Sasana Inklusi & Gerakan Advokasi Difabel).

Sebagai penutup dari aktivitas ini kami juga mem-publish sebuah video yang membahas hak hak difabel dimasa pandemi COVID-19 ini. Semoga dengan diadakan aktivitas ini member maupun masyarakat dapat bertambah wawasan dan kepeduliannya mengenai isu isu ini.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

08 Februari 2021

Padang (FK Unand) - Setiap akhir semester, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melakukan ujian  yang disebut OSCE (Objective Clinical Examination Training). Pemeriksaan ini adalah parameter untuk menilai kemampuan keterampilan mahasiswa dalam satu semester. Ada 6 stase di OSCE. Setiap stase memiliki skenario yang berbeda dan mahasiswa memiliki waktu 5 menit untuk menyelesaikan kasus pada skenario tersebut.

SCOME CIMSA-BEM KM FK Unand menyediakan wadah bagi mahasiswa tahun pertama untuk belajar mengenai OSCE yang bernama ORCHESTRA (Objective Structured Clinical Examination Training). SCOME CIMSA-BEM KM FK Unand membuka pendaftaran untuk mahasiswa tahun pertama dan mempromosikannya melalui aplikasi ZOOM Meeting. Dari hasil promosi tersebut, ORCHESTRA memiliki lebih dari 150 pendaftar, yang lebih dari setengah jumlah semua mahasiswa tahun pertama. Selain simulasi dan pelatihan, SCOME CIMSA-BEM KM FK Unand juga menawarkan mahasiswa modul tentang semua keterampilan klinis di tahun pertama. Modul ini berisi ringkasan setiap keterampilan klinis, daftar periksa, dan tips. Karena itu dari apa yang di tawarkan, pendaftar harus membayar sebanyak Rp. 10.000.

SCOME CIMSA-BEM KM FK Unand memperkenalkan OSCE kepada siswa tahun pertama dan belajar bersama mengenai semua materi skills lab semester pertama. Pelatihan dan simulasi OSCE ini dibuat agar mahasiswa tahun pertama dapat memahami apa yang harus dan tidak seharusnya mereka lakukan saat OSCE.

Pada hari pertama, kami melakukan pelatihan dengan pihak INGENIO Indonesia pada hari Sabtu, 12 Desember 2020 melalui ZOOM. Dalam pelatihan ini, pihak INGENIO Indonesia mengajarkan setiap materi skills lab semester pertama, tanya jawab, memberi tips dan trick saat OSCE, dan berbagi pengalaman kepada para peserta ORCHESTRA. Di sela-sela pembelajaran juga diadakan beberapa kuis dan ice breaking yang memeriahkan suasana meskipun kegiatan dilakukan melalui daring. Kami membahas modul bersama, lalu kami mempelajari setiap keterampilan dengan alat dan bahan. Kami juga berbagi tips dan trik selama OSCE, apa yang harus kami lakukan di OSCE, dan banyak hal lainnya. Di akhir pelatihan OSCE, seluruh peserta mengulang kembali materi yang sudah diberikan bersama-sama

Pada hari kedua, diadakan simulasi OSCE pada hari Sabtu, 19 Desember 2020 melalui ZOOM. Para peserta sangat antusias, dan tidak sabar untuk memulai simulasi. Kami menggunakan 10 breakout room melalui aplikasi ZOOM Meeting. Sedikit berbeda dengan OSCE, simulasi ini memiliki 5 stase dengan 1 stase untuk beristirahat. Setiap stase mahasiswa memiliki 6 menit untuk menyelesaikan kasus dari skenario yang diberikan. Terdapat 165 mahasiswa Jurusan Pendidikan Dokter yang mendaftar untuk mengikuti simulasi, tetapi yang bisa hadir pada simulasi hanya 53 peserta.Oleh karena itu, kami akan memfasilitasi, memberikan gambaran, dan meningkatkan pengetahuan kepada 112 peserta yang tidak bisa hadir simulasi dengan cara melakukan pengisian kasus skenario melalui GoogleForm dimana kasus skenario tersebut adalah soal saat simulasi. Pada pelaksanaan simulasi hari Sabtu, 19 Desember 2020, ketika mereka ingin memulai tes, mereka harus mengatakan nomor pendaftaran mereka kepada evaluator, seperti OSCE sesungguhnya. Kami juga menyediakan time keeper untuk simulasi. Kami bekerja sama dengan alumni CIMSA-BEM KM FK Unand sebagai penilai untuk simulasi dan INGENIO Indonesia sebagai pemateri pada pelatihan. Ketika simulasi selesai, kami berfoto bersama dengan anggota SCOME, peserta, alumni dan pengurus CIMSA-BEM KM FK Unand.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

08 Februari 2021

YUDISIUM DOKTER III

Padang (FK Unand) - PET atau Pre-Exchange Training  adalah project  SCORE Unand  yang menjadi rangkaian dari program Research Exchange  dimana calon outgoing akan diberikan materi tentang SCORE dan Research yang dapat menjadi bekal calon outgoing selama mereka exchange.     

Di banyak NMO Aktif SCORE, pertukaran penelitian tidak dapat mencapai tujuan akhir mereka karena kurangnya motivasi, pengetahuan, dan/ atau kesadaran siswa. Oleh karena itu, PET SCORE memainkan peran besar dalam mengisi kesenjangan ini sebagai salah satu kegiatan pertukaran IFMSA yang paling memberdayakan baik pada tingkat pribadi maupun profesional. Pengetahuan yang diperoleh dari PET SCORE akan mendukung Research Exchange Outgoing untuk lebih sadar tentang apa sebenarnya penelitian medis dan kesalahan etika apa yang harus dihindari sekaligus menstimulasi pemikiran kritis para mahasiswa kedokteran ini dan dengan demikian diharapkan motivasi mereka sebelum dan selama mereka melaksanakan Research Exchange tetap kuat. (IFMSA SCORE PET Manual).

Meskipun Program Research Exchange IFMSA memberikan mahasiswa kedokteran di seluruh dunia kesempatan yang tak ternilai harganya untuk memperdalam dan memperkuat pengetahuan berbasis penelitian mereka pada topik medis tertentu melalui akses mereka ke proyek penelitian klinis atau dasar-ilmu asing, SCORE PET secara aktif mendukung motivasi mereka dengan pengetahuan akademis dasar. Memang, motivasi para siswa adalah isu utama untuk membuat mereka terlibat dan mempertahankan minat mereka dalam penelitian mereka. (IFMSA SCORE PET Manual).

Pada Sabtu, 19 Desember 2020 pukul 9.00-11.30 WIB via Zoom Clouds Meeting, SCORE-CIMSA BEM KM FK UNAND melaksanakan Pre-Exchange Training dimana calon outgoers  SCORE diberikan materi Pre-Exchange Training & IFMSA Database yang disampaikan oleh Local Officer on Research Exchange  (LORE) CIMSA-BEM KM FK Unand yaitu Nur Indah Gusnari, dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Academic Performance  oleh Muhammad Gilang Dwi Putra P sebagai Project Development Assistant  SCORE IFMSA, lalu dilakukan sharing session  bersama ex-outgoer  Portugal yaitu Muhammad Gilang Dwi Putra P, serta ditutup dengan pemberian e-sertifikat kepada narasumber dan foto bersama

Pelaksanaan aktivitas ini  secara keseluruhan sudah baik yang dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan yaitu meningkatnya pengetahuan outgoing students mengenai hal-hal terkait pelaksanaan exchange yang diukur dengan peningkatan nilai pre-test 56,7 menjadi 95,7 pada post-test. Diharapkan setelah diadakannya aktivitas ini outgoing students dapat mempersiapkan diri mengenai segala hal yang dibutuhkan sebelum keberangkatan sehingga pada saat exchange dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

PET SCORE1

PET SCORE2

PET SCORE3

PET SCORE4

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

08 Februari 2021

BAPEM BLACK

Files sent amico

 

Padang (FK Unand) – Link Tree untuk download dan upload borang - berita acara AMI BAPEM untuk Prodi PPDS FK Unand :

INFORMASI

  • Jadwal pengisian borang 10 - 17 Februari 2021
  • Jadwal pemeriksaan kelengkapan borang oleh assesor dan konfirmasi dokumen 18 - 25 Februari 2021

 

DOWNLOAD BORANG

AMI PPDS Ilmu Bedah

AMI PPDS Ilmu Kesehatan Anak

AMI PPDS Ilmu Penyakit Dalam

AMI PPDS Ilmu Penyakit Jantung

AMI PPDS Obstetri dan Ginekologi

AMI PPDS Ilmu Kesehatan Mata

AMI PPDS Neurologi

AMI PPDS THT - KL

AMI PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi

AMI PPDS Patologi Anatomik

AMI PPDS Patologi Klinik

AMI PPDS Dermatologi dan Venereologi

 

UPLOAD BORANG

Upload Borang AMI PPDS FK Unand

 

FORM PTK PRODI FK UNADN

Form PTK Prodi FK Unand

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK