Indonesian English
Berita

Berita (452)

Children categories

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017 (0)

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tarumanegara Medical Competition (TMC) 2017 merupakan suatu acara perlombaan ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, Grogol, Jakarta Barat. Kegiatan ini berada di dalam program kerja tahunan BEM FK Untar. Dan pada tahun ini merupakan ajang kegiatan tahunan yang kedua kali nya di gelar dimulai pada tanggal 2 Juni – 4 Juni tahun 2017 yang di buka langsung oleh Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat berkompetisi dan jiwa sportivitas mahasiswa FK atau rumpun ilmu kesehatan (FKM, Farmasi, dan Keperawatan) di seluruh Indonesia, serta dapat menjadi wadah dalam menuangkan segala ide dan kreasi. Kompetisi ilmiah ini dibagi atas empat cabang lomba, yaitu tinjauan pustaka, poster ilmiah, poster publik, dan fotografi.

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tema yang diangkat pada kegiatan TMC 2017 adalah: “The Climate Change: How it Affect Tropical Diseases” dan mendatangkan 5 sampai 10 tim finalis untuk tiap cabang lomba yang berasal dari beberapa Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berhasil mengirimkan satu tim finalis untuk cabang lomba poster ilmiah, yakni Adila Hanna, Dessia Nuraulia Putri, dan Sakinah, semuanya terdiri dari angkatan 2014. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tanggal 2 Juni 2017 hingga 4 Juni 2017. Kedatangan finalis, pembukaan acara, serta technical meeting seluruh tim berlangsung pada tanggal 2 Juni 2017. Seminar nasional dan presentasi babak final diadakan pada tanggal 3 Juni 2017, dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang serta makan bersama pada malam harinya. Keesokan harinya di tanggal 4 Juni 2017, para delegasi pulang ke daerah masing-masing.

 

 

 

Kegiatan utama dalam acara ini adalah presentasi finalis dari tiap cabang lomba, yang diadakan di Gedung Kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. Kegiatan utama lainnya adalah Seminar Nasional yang bertemakan “Tropical Infection - We Know, We Treat, We Prevent”. Materi-materi dalam seminar ini dibawakan oleh Prof.Dr.Herdiman T.Pohan,Sp.PD,KPTI,DTMH, dr Teguh Sarry Hartono,Sp.MK, dr.Joyce Bratanata,Sp.PD, dr.Dollar,S.H,MH,MM, dr Erni J. Nelwan, Sp.PD-KPTI, dr.Wiyarni Pambudi,Sp.A,IBCLC.

Pada kompetisi kali ini, delegasi dari Universitas Andalas masih bisa sampai tahap finalis, belum berhasil menjadi pemenang. Masih diperlukan evaluasi dan persiapan yang lebih matang agar dapat memenangkan kompetisi ilmiah yang diadakan selanjutnya. Oleh karena itu, diharapkan para delegasi Unand dapat melatih calon delegasi berikutnya untuk persiapan perlombaan berikutnya.

untar 5

Dokumentasi : Edwin Destra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

View items...
12 Juni 2019

 halal bihalal 2

Padang ( 11 /06/2019 ) FK Unand di Aula Jati,  dalam rangka pererat silaturhami Dekan FK Unand DR. dr Wirsma Arif  Harahap,Sp.B (K) Onk beserta jajaran nya gelar Gelar Halal Bihalal 1440 H.

Turut hadir Wakil Rektor bidang II Prof.DR.Syafrizal Sy,MSi, Dirut RSUP dr. M.Djamil DR.Yusirwan Yusuf,Sp.B,Sp.BA (K), Wakil Direktur bagian SDM Drg.Viviyanti Azwar,MARS, Dirut RSPTN Unand beserta jajaran,Dinkes Provinsi Sumbar,mantan dekan, sesepuh FK Unand,  dan civitas FK Unand.

 

Dalam Sambutan Dekan sampaikan semoga amalan kita lebih baik lagi dari masa-kemasa baik secara kualitas maupun kuantitas.Selalu lakukan evaluasi diri. Sedangkan, Dirut M.Djamil sampaikan semoga FK Unand lebih baik lagi kedepan nya.Dalam kesempatan sama, Sesepuh dr. Muchlis Hasan, Sp,OG sampaikan mohon maaf lahir bathin jika ada salah dan berharap stake holder terkait bisa maju bersama saling berdampingan dan saling bekerjasama untuk maju.

Sementara untuk nasihat agama disampaikan oleh Ristwardi Datuk Nan Batungkek Ameh, dalam nasihat nya disampaikan sebaik-baik nya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain.

Mari kita jaga makanan kita dari barang haram, prilaku yang tidak baik dihindari.

 

 

Kegiatan ini ditutup dengan doa bersama dan makan bersama.

 

Pebriyantoson,SS

 

 

 

Last modified on Kamis, 13 Juni 2019 11:36
31 Mei 2019

 

Pada ( 24 April  dan  28 mei 2019) Kembali FK Unand mengirimkan delegasi nya atas nama M. Arraaf dan Febri Anriyani  mengikuti reseacrh exchange program  melalui organisasi CIMSA. Melalui oragnisasi ini mahasiswa akan ikuti Riset di negara Tujuan selama periode 1 bulan di negara tujuan.

Selain Riset, mahasiswa juga akan pelajari budaya negara yang dituju guna mengembangkan potensi dan kerjasama dengan negara tujuan.

 

kegiatan ini dilepas langsung oleh Wakil Dekan III DR.dr. Netti Suharti M. Kes, Wakil Dekan III ini  berharap delegasi ini  bisa jaga nama baik FK selama di negara tujuan serta bisa membanggakan FK Unand.

 

 

Pebriyantoson,SS

Last modified on Jumat, 31 Mei 2019 15:12
29 Mei 2019

 

Diberitahukan kepada Mahasiswa FK Unand Pendaftaran MUT Blok X4,X5,x6 semester genap 2018/2019 sudah bisa dilakukan secara online ke web makeuptest.akademik-fkunand.ac.id mulai tanggal 10  Juni - 14 Juni 2019

informasi lengkap lihat ini 

 

 

Pebriyantoson,SS

Last modified on Rabu, 29 Mei 2019 14:10
23 Mei 2019

Jambore Nasional

 

            Dari Hippocrates Emergency team FK UNAND menurunkan sebanyak 2 delegasi untuk mengikuti acara Jambore Nasional, yaitu Muhammad Furqan (HET 17-XXVIII-408 dan Sukma Dwipayana Sarwodi (HET 19-XXX-425). Pada tanggal (24/04/ 2019), di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Jati dilaksanakan upacarapelepasan delegasi HET untuk mengikuti acara Jambore Nasional yang dihadiri dari berbagai petinggi Unit Kegiatan Mahasiswa dan Ketua BEM serta delegasi dilepas oleh perwakilan dari dekanat yaitu ibu dr. Ida Rahma Burhan. Upacara telah berlangsung dengan khidmat.

                Pada ( 25/04/2019), delegasi HET berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau menuju Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar. Di Bandara delegasi dijemput oleh panitia menuju Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan. Setelah sampai di lokasi delegasi bersiap untuk mengikuti kegiatan opening ceremony di aula Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan. Opening Ceremony nya sangat meriah dimana dibuka oleh pergelaran tari dan music dari UKM seni tari dan paduan suara FK UNSYIAH. Selain itu dibuka kata sambutan oleh ketua pelaksana, Ketua TAHURA Pocut Meurah Intan, Wakil Dekan 3 dan sekaligus dibuka langsung oleh Wakil Rektor 3 Universitas Syiah Kuala. Selesai pembukaan para delegasi dapat wejangan langsung tentang materi kepemimpina dari dr. Hermanysah yang merupakan mantan ketua PTBMMKI tahun 2013/2014. Setelah materi selesai para delegasi pun langsung menuju tenda penginapan yang telah disediakan oleh panitia.

                Kemudian tanggal (26/04 2019), seluruh delegasi diarahkan ke aula untuk mengikuti pelatihan awal materi Disaster Management dan materi Navigasi Darat. Menjelang Jumat pada delegasi laki-laki muslim diarahkan untuk shalat jumat terlebih dahulu. Setelah shalat jumat kira-kira pukul 2 siang para delegasi akan di arahkan ke kawasan konservasi di dalam Taman Hutan Raya nya untuk mengikuti simulasi penolongan korban hilang di dalam hutan. Hanya dengan berbekal alat medis se adanya para delegasi di arahkan untuk berpikir inovatif dalam mengerjakan penolongan korban tersebut. Setelah menolon korban secara langsung korban dibawa ke rumah sakit lapangan yang telah disediakan oleh pihak panitia, di dalam rumah sakit tersebut telah disediakan dokter jaga yang akan mengevaluasi langsung terhadap tatalaksana korban nya. Para delegasi tentu sangat antusias dalam menatalaksanakan korban tersebut karna selain melatih jiwa karsa nya, para delegasi juga bisa mengenal ilmu tambahan yang di ajarkan oleh pihak TBM UNSYIAH. Setelah selesai simulasi malamnya diadakan malam keakraban kepada para delegasi untuk mendekatkan saling silaturahmi antar delegasi. Setelah selesai malam keakraban delegasi diarahkan untuk istirahat ke kegiatan esok harinya.

                Kemudian ( 27/04/ 2019), diarahkan ke pantai pasir putih utuk mengikuti kegiatan kunjungan wisata budaya di Pantai Pasir Putih. Sebenarnya pada ( 27/04/2019) ini diarahkan untuk kegiatan water rescue, tapi karna beberapa kendala dan lain hal sebagianya pihak TBM FK UNSYIAH mengantisipasinya dengan rencana B yaitu mengunjungi makam syekh ulama yang ada di pantai pasir putih itu. Selepas selesai kunjungan wisata budaya nya para delegasi diarahkan untuk Farewell Party di Rumah Makan Aceh Besar, tentunya itu semua menambah kuatnya rasa kekeluargaan antar TBM se-Indonesia. Selepas Farewell Party delegasi di arahkan kembali ke Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan. Karena lain hal dan sebagainya delegasi dari HET FK UNAND pulang lebih dini ke Padang, mengingat pesawat yang akan dinaiki delegasi nantinya akan ada pukul 09.25 WIB. Tapi dengan lebih dulunya delegasi HET pulang lebih awal tidak menutup kemungkinan untuk delegasi mengikuti city tour ke acehnya sendiri, karna sebelum diantarkan ke bandara delegasi HET FK UNAND di temani pihak panitia terlebih dahulu untuk shalat subuh ke Mesjid Baiturahmah Aceh dan pergi ke Musium Tsunaminya. Selesai kunjungan city tour nya delegasi HET FK UNAND bertolak menuju bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar untuk balik ke padang menuju Bandara Internasional Minangkabau dengan membawa sejuta pengalaman dan ilmu yang bermanfaat.

 

PEBRIYANTOSON,SS

23 Mei 2019

arraffff

Padang ( Rabu/ 24/04/ 2019 ) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengirimkan seorang mahasiswanya atas nama Muhammad A’raaf ( BP 2015) untuk mengikuti program Research Exchange di bulan Mei 2019 melalui organisasi CIMSA (Center for Indonesian Medical Students' Activities). Melalui program ini, mahasiswa tersebut akan mengikuti riset (Research Exchange) dalam waktu 1 bulan di Fakultas Kedokteran Universitas Chulalongkorn, Bangkok Thailand. Diharapkan dengan waktu 1 bulan ini, mereka bisa mendapatkan ilmu-ilmu dan pengalaman baru yang mungkin tidak bisa mereka dapatkan di Indonesia.

Disamping mengikuti riset ia juga diharapkan dapat belajar budaya dan sistem pembelajaran yang berlaku di negara tujuan. Melalui program ini juga diharapkan setelah kembali ke Indonesia nanti, ia dapat menerapkan apa yang sudah didapatkan di negara tujuan dan dapat berbagi pengalamannya untuk memotivasi mahasiswa kedokteran lainnya agar dapat mencari pengalaman dengan mengikuti program ini.

Keberangkatan A’raaf sebagai outgoing dilepas oleh Dr. dr. Netti Suharti, M.Kes selaku Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Pihak fakultas berharap agar outgoing dapat mengharumkan nama Fakultas Kedokteran Universitas Andalas selama kegiatan ini berlangsung. Karakter Andalasian bisa di terapkan di negara tujuan tempat berlangsung pendidikan.

 

PEBRIYANTOSON

Last modified on Kamis, 23 Mei 2019 12:31
20 Mei 2019

Pasca Unand Terima Mahasiswa Baru Gelombang II Tahun Ajaran 2019/2020

 

Padang (Unand) – Pascasarjana Universitas Andalas membuka pendaftaran baru bagi calon mahasiswa baru gelombang II untuk tahun akademik 201/2020 baik untuk program Magister dan juga Program Doktor

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Universitas Andalas Gelombang II Tahun Ajaran 2019/2020 :

Pembelian PIN dan Pendaftaran Online : 9 Mei -  4 Juli  2019

Ujian TPA, TOEFL : 6 Juli 2019

Ujian Wawancara : jadwal menyusul (bisa dilihat 3 hari sebelum ujian TPA dan TOEFL pada http://pasca.unand.ac.id)

Pengumuman Lulus : 17 Juli 2019

Persyaratan Umum :

IPK Minimum 2,75 atau <2,75 jika memiliki pengalaman kerja

Persyaratan dan Kelengkapan Berkas yang di upload dan diserahkan :

  1. Foto copy ijazah dan transkip nilai S1 (Ijazah Sarjana) yang dilegalisir untuk calon pendaftar S2 (Magister)
  2. Foto copy ijazah dan transkip nilai S1,S2 yang dilegalisir untuk calon pendaftar S3 (Doktor)
  3. Pas photo 4x6 sebanyak 3 lembar
  4. Surat keterangan sehat dari dokter
  5. Formulir pendaftaran, dapat didownload di berkas attachment dibawah postingan ini
  6. Rancangan penulisan ide penelitian untuk calon pendaftar S3 (minimal 1000 kata)
  7. Surat kesediaan dari calon promotor/ pembimbing untuk calon pendaftar S3 (Download pada berkas attachment postingan ini)
  8. Informasi beasiswa Kemenristekdikti yang dapat dilihat di http://beasiswa.ristekdikti.go.id/bppdn
  9. Surat rekomendasi akademis dari dua orang untuk calon pendaftar S2 dan tiga orang untuk calon pendaftar S3 yang relevan
  10. Melampirkan bukti pembelian PIN pendaftaran
  11. Melampirkan Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi Asal
  12. Persyaratan Khusus S2 Keperawatan :
    1. Memiliki Ijazah Sarjana Ners/S.Kep atau SKM (Khusus untuk peminatan Manajemen Keperawatan dengan Matrikulasi)
    2. Menyiapkan draft Tesis sesuai peminatan yang dilamar dan akan dipresentasi saat wawancara 
    3. mengisi pedoaman wawancara yang dapat diambil di Sekretariat S2 Keperawatan, Fakultas Keperawatan sehari sebelum ujian TPA dan TOEFL
  13. Untuk Program Magister S2 Hukum : konsentrasi Hukum Kesehatan membuka kesempatan kepada pendaftar yang mempunyai latar belakang Sarjana (S1) Non Hukum, dengan syarat setelah lulus seleksi wajib mengikuti Matrikulasi
  14. Persyaratan khusus untuk Program Studi S2 Akuntansi : kuliah dari senin s/d jum'at
  15. Persyaratan khusus untuk S3 Kesehatan Masyarakat : hanya untuk calon mahasiswa kerjasama dengan fakutas kedokteran unand

Seluruh berkas pendaftaran diupload di http://pendaftaran.pmb.unand.ac.id dan di bawa pada saat tes wawancara 

Program Studi yang tersedia pada Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang II Tahun 2019 dapat dilihat disini

Prosedur Pendaftaran :

  1. Melakukan Registrasi awal pada http://pendaftaran.pmb.unand.ac.id, kemudian klik Pembelian PIN untuk memperoleh KAP dan PIN, kemudian cetak kartu pembelian PIN pada akhir pengisian setelah di submit
  2. Melakukan Pembayaran pada Bank Syariah Mandiri sebesar Rp. 500.000,- untuk aktivasi KAP dan PIN
  3. Melakukan pendaftaran dan pengisian formulir pendaftaran secara online melalui website : http://pendaftaran.pmb.unand.ac.id untuk mendapatkan kartu peserta

Alur Prosedur Pendaftaran :

Narahubung :

  1. Yelna Derjunita : 085274645435
  2. Ritta Yenni Arief : 08126628648

Berkas yang terkait Penerimaan Mahasiswa Baru :

  1. Banner Penerimaan Mahasiswa Baru
  2. Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru Pascasarjana Unand
  3. Formulir Rekomendasi Penerimaan Mahasiswa Baru S2 dan S3 Unand
  4. Formulir Kesediaan Calon Promotor S3

Link Beasiswa :

     

 

Humas 

20 Mei 2019

 

 

 

 

Bersama ini kami sampaikan kepada mahasiswa pendaftaran MUT KK II, IV, dan VI semester Genap 2018/2019 sudah bisa dilakukan mulai tanggal  6  Mei 2019 melalui bagian sistem informasi Fakultas dengan membawa KRS semester genap 2018/2019 dan transkrip nilai. Silahkan dilihat di unduh informasi lengkap 

 

 

 

Informasi bisa di ruang ICT FK Unand

Pebriyantoson,SS

Last modified on Senin, 20 Mei 2019 14:59
16 Mei 2019

Tiga Nama Terpilih Jadi Calon Rektor Unand Periode 2019-2023

 

Padang (Unand) - Proses seleksi pemilihan Rektor Universitas Andalas mengerucut ke tiga nama dari delapan bakal calon setelah penyampaian visi dan misi dalam sidang senat terbuka pada Selasa (14/5) yang berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Ketua senat akademik Universitas Andalas Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA didampingi ketua pelaksana pemilihan rektor Dr. dr. Eva Decroli, SpPD-KEMD FINASIM mengatakan hari ini sampailah pada tahap penyaringan calon Rektor Universitas Andalas periode 2019-2023.

Dikatakannya pada tahap ini dilakukan penyampaian visi dan misi bakal calon Rektor Universitas Andalas dalam sidang terbuka.

“Selanjutnya dilakukan penilaian dan penetapan tiga calon Rektor oleh Senat Universitas Andalas dalam sidang tertutup,” sambungnya.

Dalam pemilihan tahap ini yang dilakukan oleh 73 orang anggota senat yang hadir dari total 76 anggota senat. 

Hasil yang diperoleh dari pemilihan tersebut yakni Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA yang meraih 24 suara dan Prof. Dr. Yuliandri, MH sebanyak 21 suara.

Sedangkan dua calon lainnya Prof. Dr. Ing. Hairul Abral dan Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS mendapatkan masing-masing 7 suara.

Maka dilakukan pemilihan tahap kedua terhadap dua calon tersebut, yaitu Prof. Dr. Ing. Hairul Abral dan Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS untuk melengkapi tiga nama yang akan diajukan ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Hasil yang didapatkan 45 suara untuk Prof. Dr. Ing. Hairul Abral dan 25 suara untuk Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS.

Maka dari itu, dikatakannya terpilihlah tiga nama yang diajukan ke Kemenristekdikti yaitu Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA (Ekonomi), Prof. Dr. Yuliandri, MH (Hukum) dan Prof. Dr. Ing. Hairul Abrar (Teknik).

“Selanjutnya dari ketiga kandidat tersebut akan dipilih satu orang Rektor Universitas Andalas periode 2019-2023 dalam sidang tertutup oleh Menristekdikti bersama Senat pada 17 Juni 2019 mendatang,” ujarnya.

Berikut Hasil Pemilihan Rektor Universitas Andalas periode 2019-2023 tingkat Senat Prof. Dr. Tafdil Husni, SE. MBA (24 suara), Prof. Dr. Yuliandri, SH. MH (21 suara), Prof. Dr. Ing. Ir. Hairul Abral (7 suara/45 suara tahap II), Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS (7 suara/25 suara tahap II), Defriman Djafri, SKM. MKM. Ph.D (6 suara), Dr. Henmaidi, ST. M.Eng.Sc (3 suara), Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc (3 suara), Dr. Ir. Munzir Busniah, M.Si (2 suara).

Last modified on Senin, 20 Mei 2019 14:36