Indonesian English
28 Jun 2022

banner artikel ppds

 

Berikut disampaikan kepada Peserta PPDS Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Periode Januari 2022 yang dinyatakan Lulus, bahwa:

  1. Orientasi dilaksanakan pada tanggal 4 – 18  Juli 2022 secara offline, informasi menyusul di group WhatsApp.
  2. Selama Orientasi Peserta PPDS diwajibkan memakai jas Dokter.
  3. Peserta PPDS yang keanggotaan IDInya diluar keanggotaan IDI Cabang Padang agar segera memindahkan keanggotaan IDInya ke IDI Cabang Padang dengan membawa surat mutasi keanggotaan IDI asal dan mengurus langsung keanggotaannya ke Kantor IDI Cab. Padang.

Catatan : Sehubungan dengan Rektor Universitas Andalas yang masih diluar kota hingga saat ini, maka SK Rektor tentang Penetapan calon mahasiswa baru Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) FK Unand Periode Juli 2022 akan dipublish menyusul.

[DOWNLOAD]

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

 

05 Jun 2022

Padang (FK UNAND) – Program Studi S1 Biomedis FK UNAND menyelenggarakan workshop kurikulum dan RPS di Aula Student Center M. Syaaf FK UNAND Kampsu Jati pada Sabtu (4/6)

Workshop ini secara  umum  bertujuan  untuk meningkatkan mutu  dan jumlah kurikulum dan RPS Program Studi Ilmu Biomedis Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Sasaran yang ingin dicapai yaitu dilengkapinya RPS untuk setiap mata kuliah Program Studi Ilmu Biomedis Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sesuai dengan KKNI dan OBE. 

Dibuka langsung oleh Dekan FK Unand, Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp,KO, MA, workshop ini menghadirkan narasumber Dr. Lusi Susanti ST.M.Eng dan Dr. Dessy Arisanty, M.Sc dengan peserta merupakan Tim Kurikulum, PJMK MK, hingga Tim Akreditasi dari Prodi S1 Biomedis FK UNAND,

Adapun mekanisme pelaksanaan kegiatan ini adalah Workshop akan diawali dengan pemberian materi oleh narasumber, kemudian para peserta dibagi per kelompok sesuai semester dan setiap peserta bertanggungjawab membuat dan menyelesaikan RPS sesuai mata kuliah yang diampunya, menggunakan template RPS dari Universitas Andalas.

Diharapkan dengan dislenggarakannya workshop ini akan mampu menghasilkan RPS tiap mata kuliah (Teori dan Praktikum) yang dapat diimplementasikan pada pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM) di lingkungan Program Studi S1 Biomedis FK UNAND.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

06 Jun 2022

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Batusangkar (FK UNAND) – Medical Education Unit (MEU) FK Unand menyelenggarakan workshop panduan penyusunan Keterampilan Klinik (KK) yang dilaksanakan secara offline di Hotel Emersia, Batusangkar pada Jum'at - Minggu (3-5/05).

Workshop ini diselenggaakan sebagai sarana bagi para dosen FK Unand untuk menyempurnakan Panduan Keterampilanik Klinik yang telah ada sata ini agar lebih sempurna.

Peserta pada pelatihan ini merupakan para dosen yang terlibat dalam pengelolaan Keterampilan Klinik (KK) dari setiap kategori KK dalam pembelajaran Pendidikan Kedokteran di lingkungan FK Unand. Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah dr. Rahma Tsania Zhuhra, M.Pd.Ked. Pelatihan ini natinya akan dibagi kedalam beberapa kelompok kecil dimana masing- maisng kelompok akan dimonitoring secara langsung oleh narasumber. Hasil diskusi kelompok tersebut nantinya akan diplenokan dan dibahas bersama - sama dengan para narasumber dan expert lainnya.

Pimpinan FK Unand beserta Ketua MEU FK Unand, Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K) mengatakan bahwa selepas pelatihan secara offline ini, diharapkan akan menghasilkan panduan KK terbaru yang memenuhi standar UKDI sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di lingkungan FK Unand.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

26 Mei 2022

Typing bro

Berikut diumumkan hasil Seleksi Administrasi Calon Peserta PPDS Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Periode Juli 2022 : 

DOWNLOAD

 

Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi diharapkan dapat join Group WhatsApp (WAG) pada link di bawah ini  :

Klik Disini

Atau silahkan scan QR Code di bawah ini :

qr code wag juli2022

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

11 Mei 2022

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Padang (FK Unand) - Sebanyak 114 Mahasiswa Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengikuti prosesi Yudisium Program Sarjana Periode II Tahun 2022. pada Rabu (11/05). Prosesi ini berlangsung di Aula Student Center M. Syaaf Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Kampus Jati.

Mahasisa yang mengikuti yudisium kali ini berasal dari beberapa Program Studi Sarjana yang ada dilingkungan FK Unand yakni Prodi Pendidikan Dokter dengan gelar sarjana Kedokteran (S.Ked), Prodi Psikologi dengan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) dan Prodi Kebidanan dengan gelar Sarjana Kebidanan (S.Keb).

Yudisium ini dihadiri oleh Dekan FK Unand Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA, Wakil Dekan I FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes, Wakil Dekan II FK Unand dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD, Wakil Dekan III dr. Hardisman, M.HID, DrPH. Med, serta Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi S1 Pendidikan Dokter, S1 Kebidanan dan S1 Psikologis.

Sebaran peserta Yudisium Periode II Tahun 2022 ini yaitu 77 mahasiwa dari Prodi Pendidikan Dokter, 17 mahasiswa dari Prodi Psikologi dan 20 mahasiswa dari Prodi Kebidanan. 

Bagi lulusan sarjana kedokteran dan sarjana kebidanan akan melanjutkan pendidikan pada tahap profesi selama 4 semester untuk menjalani siklus di berbagai Puskesmas dan RS Jejaring FK Unand untuk meraih gelar Dokter dimana suasana belajar yang akan dilalui sangat berbeda dengan tahap Pendidikan karena setiap mahasiswa akan ditempatkan di RS Jejaring.Hal yang suma juga berlaku bagi Sarjana Kebidanan (S.Keb) yang akan melanjutkan pendidikannya ke tahap Profesi Bidan selama 3 semester untuk menjalani siklus di berbagai Puskesmas dan RS Jejaring FK Unand untuk meraih gelar Bidan. Sedangkan untuk lulusan Sarjana Psikologi (S.Psi) dapat melanjutkan karir atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. 

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

17 Mei 2022

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

 

Bersama ini kami sampaikan Revisi ke-2 Jadwal Penerimaan Calon Peserta PPDS FK Unand Periode Juli 2022 :

DOWNLOAD

 Demikian yang dapat kami sampaikan, atas kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

29 April 2022

PIM 2022

Padang (FK UNAND) – Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melakukan Kegiatan “Pekan Ilmiah Mahasiswa”.  Kegiatan PIM ini bertujuan sebagai salah satu wadah untuk menfasilitasi publikasi penelitian ataupun karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di Hall FK Unand Kampus Limau Manis, pada Kamis (28/02).

Kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa ini merupakan perhelatan yang kedua kalinya di gelar menjelang pelaksanaan Yudisium Sarjana FK UNAND Periode II Tahun 2022. Pada kegiatan ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil penelitiannya dengan cara yang inovatif dan kreatif melalui publikasi artikel dan karya poster. Hal tersebut diharapkan selain membantu mahasiswa untuk bisa memamparkan hasil penelitiannya kepada masyarakat umum, tetapi juga meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam penggunaan teknologi untuk memaparkan hasil penelitian tersebut. Program Studi Psikologi merupakan penanggungjawab untuk Kegiatan PIM ke-2 ini dengan melibatkan Tiga Program Studi Sarjana lainnya di Fakultas Kedokteran, yaitu Program Studi Kedokteran, Program Studi Kebidanan, dan Program Studi Ilmu Biomedis. Total peserta pada pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) ke-2 ini adalah 121 peserta yang berasal dari Program Studi Kedokteran, Program Studi Psikologi dan Program Studi Kebidanan. 

Hadir dalam kesempatan ini adalah Wakil Rektor III Unand, Ir. Insannul Kamil, M.Eng, Ph.D sekaligus membuka acara, Dekan FK Unand Dr. dr, Afriwardi, SH., Sp.KO,MA, Wakil Dekan I FK Unand, Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes dan Wakil Dekan III FK Unand, Prof. dr. Hardisman, M.HID., Dr.Ph.Med serta para juri dan peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) FK Unand ke-2.

Dalam kata sambutannya Wakil Rektor III Unand mengatakan bahwa kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) ke-2 yang digelar oleh FK UNAND ini merupakan suatu bentuk inovasi dan konsistensi yang telah berhasil diwujudkan oleh FK UNAND. Beliau berharap kedepannya kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara konsisten karena dengan adanya pekan ilmiah akan semakin meningkatkan minat para mahasiswa dibidang research sehingga akan mendorong tercipatanya inovasi yang berkelanjutan.

PIM 2

Kegiatan PIM ini dilaksanakan dari Pukul 08.30 sampai dengan Pukul 14.30 secara luring dengan memperhatikan protokoler kesehatan. Para mahasiswa yang akan mempresentasikan Karya Ilmiahnya dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Para mahasiswa datang sesuai dengan jadwal presentasinya sehingga meminimalisir terjadinya kerumunan. Para juri yang merupakan para pakar di Bidang Ilmu Kesehatan akan menilai hasil karya ilmiah para mahasiswa tersebut. Adapun kriteria penilaian meliputi kejelasana masalah yang diangkat, kemutakhiran kepustakaan yang digunakan, sistematika poster yang dibuat, kreativitas gagasan, dan kemampuan dalam presentasi. Pemenang akan mendapatkan hadiah yang sudah disediakan oleh Fakultas Kedokteran.

Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan di Fakultas Kedokteran dan dapat memacu para mahasiswa untuk lebih terlibat aktif dalam melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitiannya.

Kegiatan ini juga diliput :

  • Koran Padang Ekspres

PIM METROPOLIS

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 LOGO PIM FIX

27 April 2022

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Padang (FK UNAND) – Hippocrates Emergency Team (HET) BEM KM FK-Unand melaksanakan simulasi bencana dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), Kegiatan simulasi ini dilakukan di dua tempat sekaligus yaitu FK Unand Kampus Jati dan FK Unand Kampus Limau Manis, Selasa (26/4)

Simulasi bencana ini melibatkan Pimpinan serta seluruh civitas akademika di lingkungan kampus Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Simulasi itu dilakukan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dalam situasi tanggap darurat bencana.

Kegiatan simulasi bencana ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan peran aktif para civitas akademika serta tenaga kependidikan tentang pentingnya kesiapsiagaan dalam situasi tanggap darurat, sehingga dapat meminimalisir resiko bencana.

Simulasi ini dilaksanakan dengan menjalankan beberapa skenario seperti dibunyikannya sirine sebagai tanda harus bersiaga telah terjadi bencana dan segera melakukan evaluasi. Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar berkat kerjasama yang baik antara tim dari Hippocrates Emergency Team (HET) BEM KM FK-Unand serta antusias yang tinggi dari para civitas akademika dan tenaga kependidikan di lingkungan FK UNAND.

#SiapUntukSelamat
#BudayaSadarBencana

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

27 April 2022

YUDISIUM PPDS PERIODE IV

Padang (FK Unand) - Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melaksanakan Yudisium Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Periode II Tahun 2022 pada Rabu (27/04) secara offline di Aula Student Center M. Syaaf Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Sebanyak 29 orang PPDS FK Unand mengikuti prosesi yudisium yang dilaksanakan di Aula Student Center M. Syaaf FK UNAND dengan didampingi oleh keluarga. Peserta Yudisium Periode II Tahun 2022 ini berasal dari beberapa Program Studi diantaranya

  • Program Studi PPDS Ilmu Penyakit Dalam (4 Mahasiswa)
  • Program Studi PPDS Ilmu Bedah (4 Mahasiswa)
  • Program Studi PPDS Obstetri dan Ginekologi (10 Mahasiswa)
  • Program Studi PPDS Ophthalmology (3 Mahasiswa)
  • Program Studi PPDS Patologi Klinik (3 Mahasiswa)
  • Program Studi PPDS Ilmu Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah (5 Mahasiswa)

Yudisium ini dihadiri oleh Dekan FK Unand Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA, Wakil Dekan 1 FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes, Wakil Dekan 3 FK Unand Prof. dr. Hardisman, MHID, DrPH, FRSPH, Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP M. Djamil Padang Dr . dr . Dovy Djanas, Sp.OG(K) dan Wakil Ketua TKP PPDS FK Unand Dr. dr. Sukri Rahman, SpTHT-KL(K), FICS.

Lulusan terbaik pada Yudisium kali ini diraih oleh :

  • Terbaik 1 : dr. Bayu Permana, Sp.OGP dari Prodi Obstetri dan Ginekologi
  • Terbaik 2 : dr. Boby Hartanto, Sp.OG dari Prodi PPDS Obstetri dan Ginekologi
  • Terbaik 3 : dr. Try Genta Utama, Sp.OG dari Prodi PPDS Obstetri dan Ginekolo

Yudisium merupakan titik tolak untuk memulai tanggung jawab sebagai dokter spesialis, dimana kedepannya akan semakin banyak berhubungan dengan masyarakat dan tenaga medis yang lain, oleh karena ini gunakanlah keilmuan yang dimiliki dengan sebaik - baiknya, tetap menjaga nama baik almamater dan tidak melakukan hal - hal yang melanggar moral dan etika 

 NEW LOGO 2020 ORI BLACK

25 April 2022

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Bukittinggi (FK UNAND) – Medical Education Unit (MEU) FK Unand menyelenggarakan workshop penulisan skenario yang dilaksanakan secara offline di Hotel Novotel, Bukittinggi selama 2 (dua) hari yaitu Jum'at - Minggu (22-24/04).

Workshop ini diselenggaakan sebagai sarana bagi para dosen FK Unand untuk menambah ilmu dan melaksanakan pelatihan terkair penyusunan skenario dalam proses pembelajaran di lingkungan FK Unand.

Peserta pada pelatihan ini merupakan para dosen yang merupakan perwakilan dari masing - masing bagian yang ada di lingkungan FK Unand terutama bagi para dosen muda yang belum memiliki kompetensi dalam menysusun skenario yang baik dan benar dalam proses pembelajaran. Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah dr. Aswiyanti Asri, M.Si, Med, SpPA dan Dr. dr. Yuniar Lestari, M.Kes. Pelatihan ini natinya akan dibagi kedalam beberapa kelompok kecil dimana masing- maisng kelompok akan dibimbing oleh 1 orang fasilitator.

Pimpinan FK Unand beserta Ketua MEU FK Unand, Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K) mengatakan bahwa selepas pelatihan secara offline ini, diharapkan para peserta telah mampu menyusun skenario yang memenuhi standar UKDI sehingga secara tidkalangsung akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di lingkungan FK Unand.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK