Indonesian English

llmu Kesehatan Kulit dan Kelamin

Sejarah

Didirikan pada tahun 1956, dan sampai tahun 1975 hanya dipimpin oleh dokter umum. Tahun 1964-1975, perkuliahan diberikan oleh “dosen terbang” dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta dan kepaniteraan klinik dilakukan di RSCM/FKUI. Pada awal tahun 1975 dr. M. Soedarto SpKK pindah dari Jakarta ke Padang dan langsung ditunjuk sebagai Kepala Bagian. Pertengahan tahun 1976, dr. Zainal Hakim SpKK telah menyelesaikan pendidikan keahliannya di FK-UNDIP Semarang dan pada akhir tahun 1976 selesai pula dr. Zulkarnain Makarim SpKK mengikuti pendidikan keahliannya di FKUI Jakarta.

Pada tahun 1980 dilakukan visitasi oleh CHS Jakarta untuk kemungkinan dibukanya pendidikan keahlian di FK-UNAND ini. Diputuskan oleh CHS bahwa FK. UNAND harus mencari “Bapak Angkat”, dan tahun 1981 FKUI menjadi “Bapak Angkat” namun proses “Bapak Angkat dan “Anak Angkat” ini belum berjalan mulus.

Untuk pengembangan staf pengajar PPDS-I dilakukan pendidikan pendahuluan di FK. UNAND selama 2 tahun dan pendidikan lanjutannya (finishing touch) dilakukan di FK. UNDIP dan FK. USU juga selama 2 tahun. Pada tahun 1966 hubungan “Bapak Angkat – Anak Angkat” dengan FKUI diperbaharui lagi dan tahun 1997 disepakati bahwa pendidikan pendahuluan dilakukan di FK. UNAND selama 1 tahun, seterusnya pendidikan lanjutan di FKUI Jakarta. Pada tahun 1999 disepakati pendidikan pendahuluan di FK. UNAND selama 2,5 tahun, seterusnya pendidikan lanjutan di FKUI Jakarta. Pada tahun 2000 telah diterima 2 orang residen untuk dididik di FK. UNAND dan menyelesaikan pendidikan di Jakarta. Pada tahun 2002 di buka program Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Unand secara penuh.

Sistem tata Pamong Program Studi Ilmu Kesehatan (IK) Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran (FK) Universatas Andalas (Unand) disusun berdasarkan Dokumen yang terdapat pada statuta dan SOTK Unand serta SOTK FK Unand

  • Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4302);
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 1956 tentang Pendirian Universitas Andalas di Bukittinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1956 Nomor 40, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 1045);
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi;
  • Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan  Nasional;
  • Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi;
  • Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0429/O/1992 tentang Status Universitas Andalas;
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Andalas;
  • Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 076/U/1980 tentang Program Pendidikan Dokter Spesialis I tanggal 10 Maret 1980;
  • Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58/MPN.A4/KP/2011-2015 tentang Pengangkatan Rektor Universitas Andalas;
  • Keputusan Rektor Universitas Andalas Nomor 543/H6.1/KP/2010 tentang Pengangkatan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

 

Visi 

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin yang Terkemuka dan Bermartabat di Indonesia pada Tahun 2023

Terkemuka adalah Program Studi yang bereputasi baik, memiliki keunggulan terutama dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat). Hal ini ditunjukkan dengan:

  • Dihasilkannya lulusan yang unggul baik knowledge, skill dan afektif melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEK sehingga mempunyai daya saing global.
  • Publikasi hasil penelitian yang berkualitas yang diikuti dengan delivery hasil riset pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mendukung kemandirian bangsa.

Definisi terkemuka ini sesuai dengan yang digunakan oleh Universitas Andalas.

Bermartabat adalah lulusan Program studi Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Andalas selain memiliki kompetensi dan profesional juga memiliki karakter yang unggul. Karakter ini dirumuskan menjadi karakter Andalasian, yang dibangun oleh empat elemen, yakni elemen spiritual, karakter- karakter dalam keilmuan, amal dan sosial. Wujud dari visi Prodi IKKK FK Unand ini adalah bahwa di samping membangun kompetensi, juga bertekad membangun karakter bangsa. Definisi bermartabat yang digunakan ini juga disesuaikan dengan yang digunakan oleh Universitas Andalas.

        

Misi

Misi program studi

                                                                       

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berkualitas untuk  menghasilkan tenaga dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang profesional.
  2. Melaksanakan penelitian dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan di bidang Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin yang sesuai dengan perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas berdasarkan perkembangan ilmu kedokteran di bidang Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin terkini dengan melibatkan peran serta masyarakat.
  4. Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan tata kelola yang baik serta mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang strategis.

 

Tujuan 

Tujuan program studi

Penyelenggaraan Prodi IKKK FK Unand bertujuan untuk:

  1. Menghasilkan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang berkualitas dan berakhlak mulia, tangguh, memiliki kemampuan dan wawasan akademik yang profesional  serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran, humaniora dan etika serta dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional. Prodi IKKK FK Unand diharapkan juga dapat menghasilkan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang memiliki standar kompetensi pendidikan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dan keunggulan kompetitif dalam penerapan prinsip pengelolaan sumber daya yang profesional.
  2. Meningkatkan upaya pemerataan dan perluasan akses serta dukungan untuk peserta didik.
  3. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang inovatif serta pengabdian yang berkualitas untuk menunjang kemandirian bangsa.
  4. Meningkatkan implementasi hasil penelitian pada masyarakat (pengabdian berbasis riset) dengan menerapkan hasil penelitian dalam kegiatan pengabdian kepada mayarakat sesuai dengan masalah masyarakat setempat.
  5. Menjalin jaringan kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan kelembagaan pendidikan, pemerintahan dan dunia usaha di tingkat daerah, nasional dan internasional.
  6. Menjadi Program studi Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin yang mandiri dan memiliki tata kelola yang baik.

 

Semenjak Program Pendidikan Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK. UNAND (PPDS FK. UNAND) diakui sebagai pusat pendidikan secara penuh pada tahun 2002, maka selanjutnya pendidikan dilaksanakan sepenuhnya di FK. UNAND, dan subbagian yang dikembangkan adalah :

  1. Subbagian Bangsal (3 bulan)
  2. Subbagian Poli Umum (Pria dan Wanita) (6 bulan)
  3. Subbagian Kosmetik Medik (3 bulan)
  4. Subbagian Alergi Imunologi (3 bulan)
  5. Subbagian Morbus Hansen (3 bulan)
  6. Subbagian Mikologi (3 bulan)
  7. Subbagian Infeksi Menular Seksual (3 bulan)
  8. Subbagian Tumor dan Bedah Kulit (3 bulan)
  9. Subbagian Dermatologi Anak (3 bulan)
  10. Subbagian Patologi Anatomi ( stase 2 bulan di Bagian Patologi Anatomi FK Unand)
  11. Subbagian Geriari (dalam pengembangan)

 

Staf Pendidik

   Nama : dr. Hj. Isramiharti, SpKK(K)

   Tanggal Lahir : 17 Juli 1945

   Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

   Curiculumvitae


   Nama : dr. Hj. Sri Lestari, SpKK(K)

   Tanggal Lahir : 13 Juli 1959

   Curiculumvitae

 


   Nama : dr. Rina Gustia, Sp.KK

   Tanggal Lahir : 19 Agustus 1964

   Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

   Curiculumvitae


  Nama : Dr. dr. Satya Wydya Yenny, Sp.KK 

  Tanggal Lahir : 17 AGUSTUS 1969

  Curiculumvitae


   Nama : dr. Qaira Anum, Sp.KK

   Tanggal Lahir : 26 November 1968

   Curiculumvitae

 


  Nama : dr. Ennesta Asri, Sp.KK

  Tanggal Lahir : 31 Oktober 1974

  Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

  Curiculumvitae


  Nama : dr. Gardenia AKhyar, Sp.KK

  Tanggal Lahir : 28 Maret 1976

  Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

  Curiculumvitae

 

Read 3254 times Last modified on Senin, 16 April 2018 10:26