Indonesian English
Items filtered by date: Mei 2017
30 Mei 2017 In Berita

bapem

Workshop Peran dan Fungsi BAPEM dan GKM pada sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT), dilaksanakan hari Selasa tanggal 30 Mei 2017 tempat Gedung I Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Unversitas Andalas dan Tim BAPEM (Badan Penjamin Mutu) serta Tim GKM (Gugus Kendali Mutu).

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas membuka langsung kegiatan ini, yang menjadi narasumber pada kegiatan ini yaitu Dedison Gasni,Ph.D beliau adalah tim Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M). Dalam pembahasannnya beliau menyampaikan "mutu suatu perguruan tinggi adalah kesesuaian antara penyelenggaraan Perguruan Tinggi dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT), maupun standar yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi sendiri berdasarkan visi dan kebutuhan dari para pihak yang berkepentingan (stakeholders). Perguruan Tinggi dinyatakan bermutu apabila mampu: menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya, menjabarkan visinya kedalam sejumlah standar dan standar turunan, memenuhi, mengendalikan, dan mengembangkan sejumlah standar dalam butir di atas untuk memenuhi kebutuhan (stakeholders).

Dengan telah dibentuknya Tim BAPEM dan Tim GKM di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, semoga dapat meningkatkan mutu Fakultas Kedokteran Universitas Andalas lebih baik lagi.

29 Mei 2017 In Berita

sertijab

Pelaksanaan Serah Terima Jabatan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 26 Mei 2017 di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, acara dihadiri oleh Direktur RSUP Dr.M.Djamil Padang, Pimpinan, Dosen dan Tenaga Kependidikan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Acara diawali dengan penanda tanganan serah terima jabatan yang disaksikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Dr.dr.wirsma Arif,SpB(K)-Onk). Adapun nama-nama pejabat baru yang manggantikan pejabat lama sebagai berikut :

No Jabatan Pejabat Lama Pejabat Baru
1. Ketua Bagian Forensik Dr.dr.Rika Susanti,SpF dr.Citra Manela,SpF
Sekretaris Bagian Forensik - dr.Taufik Hidayat,SpF
2. Ketua Bagian Penddidikan Kedokteran (BPK) dr.Detty Iryani,M.Kes,M.Pd,Ked,AIF dr.Yulistini,M.Med.Ed
Sekretaris Bagian Penddidikan Kedokteran (BPK - dr.laila Isrona,M.Sc
3. Sekretaris Bagian THT-KL dr.Effy huriyati,SpTHT-KL(K) dr.Jacky Munilson,SpTHT_KL(K)
4. Ketua Program Studi S2 Kebidanan Dr.dr.Hj.Yusrawati,SpOG(K) Dr.Dra.Arni Amir,MS
5. Sekretaris Program Studi S2 Kebidanan Dr.Dra.Arni Amir,MS Dr.Andi Friadi,SpOG(K)
6.  Ketua Program Studi S2 Biomedik Dr.dr.Rosfita Rasyid,M.Kes  Dr.dr.Rosfita Rasyid,M.Kes
7. Ketua Skills Lab dr.Roslaily Rasyid,M.Biomed dr.Eka Nofita,M.Biomed
8. Ketua Labor Komputer Dr.dr.Hafni Bachtiar,MPH dr.Hardisman,MHD,DrPH(Med)
9. Ketua Fome dr.Nur Afraininsyah,m.Mrd.Ed,PhD dr.Rima Semiarty, MARS
10. Ketua Badan Penjamin Mutu (BAPEM) dr.Yulistini,M.Med,Ed Dr.dr.Andani Eka putra,M.Sc
11. Tim Gugus Kendali Mutu  dr.Efrida,SpPK(K) Tim Gugus Kendali Mutu

 

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menyampaikan " terima kasih kepada pejabat lama yang sudah berdedikasi selama ini, dan kepada pejabat baru untuk dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya" acara diakhiri dengan ramah tamah dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah.

29 Mei 2017 In Berita

 afirmasi2

Salah satu program pemerintah yaitu Beasiswa Afirmasi merupakan beasiswa yang diberikan kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan perlakuan khusus (berasal dari daerah perbatasan atau daerah tertinggal dan Masyarakat berprestasi dari keluarga miskin).

Salah satu mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang bernama Della Sri Resky (BP 2016) berasal dari Aceh, mendapatkan beasiswa Afirmasi tersebut. Maka pada hari Senin tanggal 22 mei 2017 pemerintah Daerah Aceh yang diwakili oleh Drs.T.M.Taufan selaku Kabid Monitoring dan Evaluasi SPSDM berkunjung ke Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dimana kedatangan beliau disambut oleh Dr.dr.Rika Susanti,SpF selaku Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Universitas Andalas . Dalam kunjunyan ini kedua pihak mengkoordinasikan mengenai kemajuan potensi akademik mahasiswa tersebut. Pemerintah daerah berharap setelah tamat mahasiswa tersebut dapat balik ke tempat asal, untuk mengembangkan daerah terutama dalam bidang kesehatan. 

22 Mei 2017 In Berita

wisuda

Penyerahan Ijazah dan Syukuran Wisuda II Tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2017 di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, pada wisuda II ini Fakultas Kedokteran Universitas Andalas telah meluluskan sebanyak 107 orang mahasiswa yang terdiri dari : Program Profesi Dokter 59 orang, Dokter Spesialis 22 orang, S3 Biomedik 6 orang, S3 Kesehatan Masyarakat 1 orang, S2 Biomedik 6 orang, S2 Kesehatan Masyarakat 9 orang, S2 Kebidanan 4 orang dan Psikologi 2 orang.

Berikut nama-nama lulusan terbaik pada wisuda II :

No Nama     IPK     Keterangan
1. Dr. Sobar,Sp.Si,M.KM     3.91     Terbaik Doktor
2. dr. Yessi Ekawati,Sp.PK     3.81     Terbaik Spesialis
3. dr. Dwiyana Roselin     3.57     Terbaik Dokter

 

Dr.dr. Wirsma Arif, SpBK-Onk selaku Dekan Fakultas Kedokteran Andalas menyampaikan pesan kepada wisudawan/wisudawati "pertama harus selalu berbakti dan hormat kepada kedua orang tua, kedua para lulusan mesti bangga kepada almamater dan selalu menjaga nama baik almamater, ketiga diharapkan para lulusan dapat menjadi manusia yang jujur selalu bersikap rendah hati dan menjadi tauladan bagi masyarakat dan membawa kedamaian dimana berada, keempat tetap menjaga silahturahim baik merawat silaturahin yang sudah ada serta menambah yang belum ada dan tidak lupa pula silahturahin dengan almamater harus dijaga, kelima para lulusan senantiasa terus menuntut ilmu pengetahuan, dan terakhir saya pesankan semua lulusan yang wisuda pada hari ini kami sebagai pimpinan mengharapkan peran aktif saudara untuk terus mengembangkan ilmu dan tidak meninggalkan lahan penelitian yang telah dirintis dalam pendidikan, dan kami sangat menantikan publikasi hasil penelitian saudara dimasa datang, hal ini merupakan suatu kebanggan bagi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas".

Dengan bertambahnya lulusan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas maka jumlah alumni Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sampai pada Wisuda II tahun 2017 sebanyak: Alumni Doktor 58 orang, Alumni Dokter Spesialis 1001 orang, alumni magister 383 orang dan alumni Dokter 5363 orang.