Indonesian English
Items filtered by date: November 2017
29 November 2017 In Berita

 

Moena FreshMoena Fresh

 

Padang (Unand) ­ Ir. I Made Donny W membuka Dialog motivasi dengan kalimat motivasinya “Kerja keras, tekun & semangat” untuk berubah merupakan senjata ampuh dalam meraih sebuah impian menjadi kenyataan. Sebuah prinsip hidup yang dipegang teguh oleh Made Doni yang merupakan alumni Program Studi Agribisnis IPB (1985).

Dialog motivasi yang diselengarakan pada Senin, (27/11) di Gedung Convention Hall Universitas Andalas ini merupakan serangkaian acara dari Dies Natalis Fakultas Pertanian (Faperta) ke­63.

Dalam Kegiatan membahas mengenai wirausaha buah (holtikultura) Indonesia yang dipandu oleh Ir. I Made Donny, owner Moena fresh, Pengusaha buah di Bali, Indonesia.

Hortikultura dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura/colere (budidaya) memfokuskan pada budidaya tanaman kebun salah satunya adalah tanaman buah (pomologi/frutikultur) (sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Hortikultura)

I Made Donny mengatakan bahwa Ia termotivasi untuk berbisnis di bidang buah­buahan karena buah­buahan di Bali, selain untuk dikonsumsi juga merupakan kelengkapan dalam tradisi upacara, sehingga kebutuhannya akan terus meningkat.

Pembicara banyak melakukan sharing mengenai kunci sukses dalam membangun usaha, salah satunya ada Networking.

Sosok yang pernah satu sekolah dengan Presiden Amerika ke­44, Barack Obama, menunjukkan rentetan foto­foto dirinya bersama teman­temannya dari SD sampai ke jenjang perkuliahan.

I Made Donny mengakui dengan adanya pertamanannya semasa SD, SMP, SMA dan juga semasa kuliah di IPB yang terus menerus ia bina persaudaraannya dengan menjaga tali silahturahmi, membantu beliau untuk mengembangkan usaha yang ia geluti.

Seorang I Made Donny yang dianggap tidak mampu menyelesaikan studynya oleh di IPB, dengan penuh kegigihan & ketabahan hati serta sikap fighting spirit yang tinggi mampu meluluhkan hati para dosen dengan mengajak kunjungan ke kebun Melon.

Kebun melon I Made Donny mulai dirintis pada tahun 1982 dengan menanami lahan seluas satu hektar dan modal awal Rp. 4 juta. Sukses dengan penjualan Rp. 8 Juta, usaha melon dikembangkan dengan menambah lahan seluas tiga hektar dan terus berkembang.

Pada tahun 1989 PT. Moena Farms yang didirikan oleh I Made Donny sudah dapat melakukan ekspor ke Singapura, Hongkong, Begia serta Belanda .

Inovasi yang dibuat oleh PT. Moena Farms dengan membuka Moena Fresh yaitu toko buah keluarga. Saat ini Moena Fresh telah memiliki belasan cabang di Bali.

Dalam kegiatan ini I Made Donny memberikan belasan bucket buah­buahan segar yang berasal dari PT. Moena Farms kepada para civitas akademik yang aktif bertanya. Ia juga memberikan rangkaian tips untuk memilih buah­buahan yang sudah masak dan masih segar.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian cendramata oleh Faperta Unand dan sesi foto bersama.

Sumber : unand.ac.id

24 November 2017 In Berita

Kunjungan Edukasi SMU 3 Teladan Bukittinggi ke FK Unand

Pada Kamis tanggal 23 November 2017, Rombongan SMU 3 Teladan melakukan kunjungan edukasi ke FK Unand terkait dengan 5 agenda yang sudah disiapkan oleh tuan rumah FK diantaranya:

 

1. Peluang masuk ke FK Unand

2. Perkuliahan di FK Unand 

3. Jurusan-jurusan yang ada di FK

4. persoalan UKT dan informasi beasiswa

5. Organisasi kemahasiswaan.

 

Kunjungan ini dihadiri oleh kurang lebih 150 orang murid kelas dua SMU 3 Teladan Bukittinggi dengan di dampingi oleh 5 orang guru pendamping: Riri Mardiyan,Spd Waka Humas, Zetri Zainal,SPd  guru bahasa Inggris, Dra.Khairiati guru Matematika, Drs.Edwardi guru agama, Indrawati,SPd guru Fisika. Kegiatan ini berlangsung dari pukul10.30 WIB- 12.30 WIB di ruang Aula Jati Padang.

Dalam kunjungan ini pihak SMU 3 Teladan disambut baik oleh pihak Fakultas kedokteran Universitas Andalas. Dalam rangkaian kegiatan dalam agenda yang sudah di susun sebelumnya hadir sebagai pembicara I DR.dr.Netti Suharti,M.Kes dalam penjelasan UKT, beasiswa, terkait informasi beasiswa.

 

Pembicara kedua Sekretaris Prodi DR.dr.Arina Widya Murni memberikan paparan tentang kurikulum di FK Unand, dan pembicara ketiga di hadirkan Wakil Dekan Bidang I DR.dr.Rika Susanti,Sp.F dan sekaligus memberikan sesi waktu tanya jawab masing-masing paparan pembicara yang berbeda. Serta, ikut hadir Kasubag Akademik FK Unand yakni Isnaretni,SE dan beberapa staf tendik yang bertugas.

Dalam rangkaian sesi tanya jawab, ikut andil salah seorang guru memberikan pertanyaan kepada salah seorang narasumber terkait informasi biaya dan seleksi di laksanakan kepada Wakil Dekan Bidang I DR.dr.Rika Susanti,Sp.F. Kegiatan kunjungan edukasi ini bertujuan memberikan  pencerahan kepada siswa dalam rangka persiapan pilihan     studi yang akan di pilih nanti nya untuk SNMPTN dan SBMPTN periode berikutnya. Dengan penjelasan informasi tersebut mahasiswa yang punya minat dan bakat bisa menyalurkan bakat dan minat sesuai dengan hati nurani nya tanpa paksaan orang tua dan keluarga sendiri.

Kegiatan ini berjalan dengan tertib sampai terakhir acara dengan dilakukan nya saling tukar cendera mata dalam bentuk Plakat antar dua institusi ini, dengan diwakili oleh Wakil Dekan I untuk penerimaan Plakat dari SMU 3 Bukittinggi dan penyerahan Plakat Unand melalui Wakil Dekan III DR.dr. Netty Suharti,M.Kes.

 

Kegiatan ini ditutup dengan sesi photo bersama.

 

 Diskusi Tanya Jawab SMU 3 dengan Narasumber

 Guru SMU 3 Teladan bertanya ke narasumber FK Unand

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2017

Pebriyantoson,ss

                                                                   

24 November 2017 In Berita

Pembubaran Panitia Dies Natalis FK 2017 1

Photo Bersama Panitia Dies Natalis FK 2017

 

Dalam rangka Apresiasi kerja Panitia Dies Natalis FK ke -62 Tahun Pimpinan dan ketua Panitia Dies mengadakan kegiatan penutupan sekaligus pembubaran Panitia Dies Natalis 2017 di Restaurant Cafe Suasso di dekat Gor Agus Salim Padang dengan di hadiri oleh segenap Panitia Dies Natalis dan beberapa unsur tenaga tendik pada Kamis /16 /11/2017.

Dalam sambutan Dekan DR.dr. Wirsma Arif Harahap Sp.B K (Onk) dan Ketua Panitia DR.dr.Yevri Zulfiqar, Sp.B menyampaikan terima kasih kepada seluruh Panitia Dies Natalis FK yang telah sukses mengangkatkan berbagai kegiatan Dies Natalis dan sekaligus ucapan maaf segala kekurangan selama acara berlangsung. Harapan Dekan dan ketua panitia Dies Natalis acara yang bermanfaat ini yang teraplikasikan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan tinggi ini tidak saja semarak dan meriah di tahun ini saja, namun diharapkan kedepannya juga seperti itu dan bisa lebih baik lagi dari tahun sekarang.

Dalam kegiatan ini ikut hadir Wakil Dekan III DR.dr.Netty Suharti M.Kes, dan Kabag TU FK Unand Ampera Warman,SE,MM serta segenap panitia Dies Natalis 2017.

Secara simbolik kegiatan ini di awali dengan makan siang bersama dan pidato pembubaran oleh Dekan serta di tutup dengan sesi photo bersama.

Semoga dengan semangat kebersamaan apapun yang di hadapi bisa dilaksanakan dengan baik dan berjalan sukses berkat team work yang solid.Semoga

Panitia Dies Natalis FK 2017 2

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2017

 

Pebriyantoson,SS

23 November 2017 In Berita

 

Rapat Kerja FK Unand 17 19 November 2017

Dalam rangka perbaikan kurikulum dan penyusunan Program Renstra FK kedepannya lebih baik lagi, perlu dilakukan Rapat Kerja dalam rangka Evaluasi Program dan kurikulum yang sudah berjalan selama ini di Fakultas kedokteran Universitas Andalas, Maka Pimpinan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menggelar RAKER pada Jumat lalu pada tanggal 17 November – 19 November 2017 di Grand Royal Denai,kota Bukittinggi dengan di ikuti oleh Panitia dari Tenaga Pendidik, ketua bagian, Mantan Dekan FK Unand periode sebelum nya yakni Dr.dr. Masrul Muchtar, Senat oleh DR.dr. Eva Decroli, Dekan, Wakil Dekan, dosen dan segenap civitas Akademika yang hadir di mulai pada pukul 19.00 WIB – Selesai.

            Dalam kegiatan Raker ini di awali dengan Pembukaan oleh Dekan FKUA yakni DR.dr. Wirsma Arif Harahap,Sp.B K ( Onk) Pada tanggal 17 November, dilanjutkan dengan presentasi masing-masing Bidang I-III yang di sampaikan oleh Wakil Dekan Bidang I DR.dr.Rika Susanti, Sp.F , Bidang II melalui Wakil Dekan II dr. Detty Iryani,M.Kes,MPd.Ked,AIF dan Bidang III melalui DR.Netti Suharti M.Kes. Dalam sambutan Pembukaan Raker Dekan menyampaikan perlu evaluasi terhadap masa tempuh studi di FK, revisi kurikulum Prodi Pendok, senam pagi bersama pada tanggal 18 November pagi dan hal penting lain nya. Serta Loka karya perbaikan 17 standard oleh Bapem di sampaikan oleh DR. Andani Eka Putra.

            Diharapkan dari kegiatan Raker yang berlangsung selama dua hari ini bisa menambah rasa silaturahmi segenap civitas akademika serta perbaikan kualitas kerja dan kinerja FK lebih baik lagi dan lebih bermartabat.

            Kegiatan Raker selama dua hari ini di tutup secara resmi oleh Dekan FK Unand DR.dr.Wirsma Arif Harahap,Sp.B K.( Onk) pada  Minggu tanggal 19 November pagi dengan di awali dengan  kegiatan Outbound dan doa bersama di alam terbuka di area rumah pohon Abdul di kota Bukittinggi.

            Penutupan Raker di Rumah Pohon Abdul Ngarai Sianok Bukittinggi

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2017

Pebriyantoson,SS