Indonesian English
Items filtered by date: Oktober 2017
31 Oktober 2017 In Berita

Pembukaan Layanan Prima H1

Dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas pelayanan dalam sistem tata kelola yang baik ( good governance)  di lingkungan FK Unand 2017 dalam pelayanan administrasi, akademik, dan hal lain. Maka, Pimpinan FK Unand mewadahi  Pelatihan dalam konsep Layanan Prima kepada staf tenaga kependidikan di beberapa bagian di lingkungan FK Unand kurang lebih sekitar 50 orang peserta. Turut hadir  Kepala Tata Usaha FK Ampera Warman, SE, MM Kasubag Umum Darmawan,SE, dan kasubag Akademik Isnaretni,SE, Dekan FK Unand DR.dr. Wirsma Arif Harahap Sp.B (K) Onk serta dengan menghadirkan tokoh motivator dan trainer handal Bapak Arlin Teguh pada hari Sabtu hingga Minggu pada tanggal  28 Oktober – 29 Oktober  di Ball Room Kyriad Hotel Bumi Minang, kota Padang dimulai pada pukul 8.00 WIB – sampai pukul 17.30 WIB.

Prinsip good governance tidak dapat dilepaskan dari prinsip-prinsip dasar penyelenggaraan pemerintahan yang baik, yaitu transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas sebagai unsur utama. Akuntabilitas kepada stakeholder yang dilayani. Transparansi dalam proses pengambilan kebijakan. Kegiatan ini di buka secara langsung oleh Wakil Dekan III yaitu Dr.dr. Netty Suharti, M.Kes pada sesi hari pertama dan penutupan pada hari Minggu sesi hari kedua secara langsung  oleh Wakil Dekan II yaitu dr.Detty Iryani, M.Kes.M.Pd.Ked, AIF.

Melalui obrolan langsung dengan Sang motivator bersama Arlin Teguh Ardani di TKP ( Ball Room ) Hotel bersama Humas dan Multimedia FK Unand Sdr. Pebriyantoson,SS pada Sabtu tanggal 28 Oktober 2017 menyebutkan target materi yang beliau sampaikan secara 100 persen belum bisa di terapkan dalam konteks pendidikan mesti perlu penyesuaian kontent karena materi yang disampaikan masih bersifat umum dalam ranah layanan publik.

Arlin Teguh menyampaikan beberapa poin penting dari materi yang disampaikan:

1.Pelayanan itu sebuah seni karena itu sulit menetapkan rumus baku

2. Pelayanan Prima berasal dari karakter personal layanan

3. Flexibility artinya kemampuan menyesuaikan sikond terhadap perubahan zaman.

4. Sprituality merupakan kunci untuk menggapai kesuksesan.Perlu Impian besar untuk menjadi besar dan fokus dengan apa yang kita sedangkan jalankan.Berusaha untuk tetap terbaik untuk hasil yang luar biasa yang bisa kita aplikasikan dalam keseharian kita.

 

Penutupan Layanan Prima

 

Sebelum di tutup pelatihan Pelayanan Prima, pada hari kedua tanggal 29 Oktober 2017, oleh Wakil Dekan II dr. Detty Iryani, M.Kes, MPd.Ked, AIF, beliau sampaikan SOP perlu setiap bagian, pengetahuan SOP di unit yang belum lengkap dilengkapi, perlakuan yang flexibel perlu penyesuaian untuk konteks layanan di FK Unand.Wakil Dekan II juga mengucapkan terima kasih  kepada Panitia dan unsur pimpinan Kasubag dan Kabag Tata Usaha yang sudah persiapkan acara tersebut. Kegiatan ini ditutup dengan sesi photo bersama.

 

Peserta Layanan Prima

 

 

Ph bersama H2

 

Humas dan Multimedia FK Unand

Pebriyantoson,SS 

27 Oktober 2017 In Berita

 

Yudisium V 2017

Pada hari Rabu tanggal 25 Oktober 2017 pada pukul 09.00 WIB – Selesai  telah dilaksanakan momentum Yudisium ke-V di aula FK Unand Jati Padang, dengan dihadiri oleh unsur pimpinan Fakultas, Dosen,Kabag Diklat RSUP dr. M. Djamil Padang Drs. Syafrian Naili, M.Kes dan sekitar 28 orang peserta Yudisium pada hari tersebut.

 Kata Sambutan Dekan Yudisium V 2017

Dalam Sambutan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas  DR.dr. Wirsma Arif Harahap menyampaikan pesan moril kepada peserta Yudisium agar semua Mahasiswa menjaga  nama besar kedua Institusi antara Fakultas Kedokteran Unand dengan RSUP dr. M. Djamil Padang  sebagai tempat  pembelajaran  dan tetap menghormati  semua profesi terkait.

Pelayanan rumah sakit ,yang mana ibarat ujung tombaknya adalah pelayanan medik sedangkan pilotnya adalah dokter dalam pelaksanaan nya harus berprilaku tetap menjaga etika kesopanan dalam berbicara dan arif bijaksana dalam perbuatan.

Kepada Mahasiswa Dekan berpesan agar jangan mensia-siakan  waktu yang tersedia selama dalam proses belajar di lapangan atau selama belajar di rumah sakit dimana mahasiswa tersebut di tempatkan.

Diharapkan dengan Yudisium ini Mahasiswa FK Unand ini  lebih arif dan lebih dewasa dalam menyikapi persoalan hidup nya sehari-hari. Dan sebelum ditutup dalam kata sambutan Dekan, DR.Wirsma Arif menambahkan kalau harapan nya sebagai Dekan adalah berharap bisa meningkatkan kualitas lulusan FK Unand lebih berkompetitif secara  ke ilmuan dan berdaya saing global dengan terus membenahi regulasi Akademik  lebih baik dan bernilai jual dalam hal konsep kurikulum dan aspek terkait.

Pada Yudisium kali ini disebutkan nama-nama peserta Yudisium terbaik dengan lama studi 4 tahun 2 bulan,diantaranya :

1. Rania Ulfah IPK 3.33 dengan predikat kelulusan sangat memuaskan

2. Yola Anggraeni IPK 3.24 dengan predikat  sangat memuaskan

3. Shafrina Irza  IPK 3.19 dengan Predikat sangat memuaskan

Kegiatan Yudisium ini berjalan dengan Hikmat dengan ditutup dengan sesi photo bersama.

 

Yudisium V 2017 IIPhoto Bersama YD V 2017

 

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2017 

Pebriyantoson,ss

25 Oktober 2017 In Berita

 

 

 

 

 

KUNJUNGAN KEMENTRIAN KELAUTAN KE FK UNAND

 

Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kelautan dan perikanan di wilayah Pesisir maka kementrian Kelautan dan Perikanan melalui perwakilan Kepala Bidang Penyelenggara Pendidikan Untung Prasetyono, A.Pi,MM dan staf pelaksana nya Nia Nurfitriana serta Kepala Sekolah  Usaha Perikanan Menengah Harisjhon, S.Pi,M.Si mengadakan sosialisasi program "Dokter Bahari" dalam bentuk rencana Implementasi kedokteran pada program KOAS hingga internship, selanjutnya akan di rekrut  sebagai tenaga kesehatan yang akan di tugaskan pada wilayah Program Prioritas KKP untuk menyelesaikan program profesi dan direkrut sebagai tenaga kesehatan yang ditugaskan pada wilayah SKPT selama periode tertentu pada tanggal 24 Oktober 2017 di ruang Sidang FK Unand yang di hadiri oleh kurang lebih 40 orang mahasiswa, Kasubag Akademik dan Wakil Dekan III. Pertemuan ini sebelumnya sudah di awali dengan pertemuan unsur pimpinan Fakultas melalui Dekan dan berlanjut dengan pertemuan sosialisasi. 

Tujuan dari program dokter bahari adalah 1.Terpenuhinya tenaga kesehatan di wilayah SKPT 2.Meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan di kawasan SKPT ( Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu) di Pulau-Pulau;

Simeuleu (Aceh), Sabang (Aceh), Mentawai, (Sumbar), Enggano( Bengkulu), Natuna (Kepri), Anambas (Kepri), Sebatik (Kaltara), Talaud (Sulut), Tahuna (Sulut), Buton Selatan (Sultra), Rote, (NTT), Sumba Timur (NTT), Tual (Maluku), Moa (Maluku), Morotai (Maluku), Saumlaki (Maluku), Biak (Papua), Sarmi (Papua), Timika (Papua), Merauke (Papua).

 

Melalui Wawancara langsung Humas dan multimedia FK Unand  Sdr.Pebriyantoson,SS dengan Kabid Pendidikan Untung Prasetyono menyebutkan kalau periode 2017 ini di targetkan sekitar 50 orang Mahasiswa FK se - Indonesia harus siap bersaing untuk itu dan harus siap juga dengan lokasi penempatan di wilayah 3T Perairan Indonesia. KKP membiayai selama program KOAS, yang terdiri dari  akomodasi, buku, alat kesehatan, transport, akses internet, biaya semester, riset, uang saku. Penempatan program internsip 1 tahun akan ditentukan oleh KKP dan pembiayaan  akan dibahas lebih lanjut antara KKP dengan Kemenkes. Info lebih lanjut bisa langsung di tanyakan ke bagian akademik dan Humas Multimedia FK Unand melalui nomor 081261584274.

DOKTER BAHARI 2017 KEMENTRIAN PERIKANAN DAN KELAUTAN

 

 

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2017

Pebriyantoson,SS

081261584274

 

25 Oktober 2017 In Berita

Progress Test 2017 2

 

 

Dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia di bidang kesehatan dan pelayanan kesehatan di Indonesia, sekaligus ujian tahunan yang sesuai dengan peraturan akademik FK Unand maka FK Unand melaksanakan Progress Test. Progress test bersama sebagai pelaksanaan evaluasi kurikulum pada tahun 2017 ini di ikuti oleh seluruh mahasiswa FK Unand sebanyak  1808 peserta dengan di bagi dengan tiga sesi : 1. Sesi  1 pada Jam 8.00 WIB – 10.00 WIB 2. Sesi II pada jam 10.30 WIB – 12.30 WIB dan 3. Sesi III pada jam 14.00 WIB sampai 16.00 WIB pada tanggal 15 Oktober 2017 di Gedung Limau Manis Padang.

             Progress test ini merupakan agenda kegiatan tahunan yang di laksanakan di fakultas kedokteran dalam rangka melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang sudah berjalan dan amanah dari sistem pendidikan kita yang harus selalu progress dan lebih baik dari waktu ke waktu. Semoga dengan pelaksanaan Progress tes ini sistem kurikulum kita bisa di tingkatkan ke arah yang lebih baik dan mampu menjawab kebutuhan dan tantangan zaman.

             Kegiatan progress test turut di hadiri oleh Wakil Dekan III Dr.dr. Rika Susanti, Sp.F, Kasubag Akademik Isnaretni,SE, staf dosen, dan para staf akademik dan tenaga kependidikan FK Unand dan kegiatan ini ditutup dengan sesi photo bersama.

 

Progress Test 2017