Indonesian English

Swarnadwipa Physiology Quiz (SPQ) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Refresher Course bersama Prof. Cheng Hwee Ming dari University of Malaya 2018

Swarnadwipa Physiology Quiz 2018

Dalam rangka meningkatkan antusias mahasiswa kedokteran se-Sumatera terhadap fisiologi, Bagian Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas bekerjasama dengan Prof.Dr. Cheng Hwee Ming dari University of Malaya, Malaysia, telah mengadakan Swarnadwipa Physiology Quiz (SPQ) dan Refresher Course pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 3-4 Maret 2018 di Gedung I Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Acara ini dibuka secara langsung oleh dr. Erkadius, MSc selaku Ketua Bagian Fisiologi, mewakili Dekan FK Unand dan diketuai oleh dr.Rauza Sukma Rita, Ph.D. Acara ini dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Inggris sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penggunaan bahasa Inggris mahasiswa.

Swarnadwipa Physiology Quiz 2018 2

              Acara Swarnadwipa Physiology Quiz ini merupakan acara yang pertama kali diadakan di Sumatera dan diikuti oleh 6 tim yang terdiri dari 2 tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand 1 dan Unand 2), 1 tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Riau, 1 tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang, 1 tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, dan 1 tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Setiap tim didampingi oleh satu dosen pendamping. Acara lomba ini dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Cheng Hwee Ming selaku Quiz Master dan terdiri dari 3 sesi, yaitu sesi 1, sesi 2, dan final. Pada setiap sesi, dua tim berkompetisi dalam menjawab setiap pertanyaan dari Prof.Dr. Cheng Hwee Ming dan tim dengan skor tertinggi akan maju ke tahap berikutnya. Pada final, 2 tim yang berhasil lolos yaitu tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang dan tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand 2). Di akhir perlombaan, tim Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang keluar sebagai juara pertama dan tim Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand 2) berhasil meraih juara kedua. Tim FK Universitas Muhammadiyah Palembang terdiri dari Yuni Ayu Lestari, M.Adamas, dan Zadi Oktariansyah dengan dosen pendamping Dr. RA. Tanzila, M.Kes. Tim Fakultas Kedokteran Unand (Unand 2) terdiri dari Vanessa Della Sandy, Karina Julita, dan Adiba Azharudina dengan dosen pendamping dr. Yose Ramda Ilhami, SpPJ.

Pada hari Minggu, 4 Maret 2018 telah dillaksanakan acara Refresher Course dengan topik Cardiac Cycle dengan pembicara Prof. Dr. Cheng Hwee Ming, dari Department of Physiology, University of Malaya, Malaysia. Acara ini masih merupakan rangkaian acara Swarnadwipa Physiology Quiz tahun 2018 dan dihadiri oleh lebih 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen pendamping lomba SPQ 2018, dosen FK Unand, serta mahasiswa S1 dan PPDS FK Unand. Acara dilaksanakan dalam 2 sesi, yaitu persentasi oleh Prof Cheng Hwee Ming dan diskusi. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan dan merasa puas dengan penjelasan yang disampaikan oleh Prof Cheng Hwee Ming.

            Pada masa mendatang, diharapkan acara Swarnadwipa Physiology Quiz ini dapat dilaksanakan setiap tahun dan meningkatkan motivasi mahasiswa untuk mempelajari fisiologi. 

Peserta Swarnadwipa Quiz 2018 FK Unand

 

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2018

 

Read 253 times