Indonesian English

3 Orang Delegasi FK Unand Ikuti APCMS Congress 2018 di Seoul Korea Selatan

APCMS 2018 Korea

Tiga orang delegasi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yaitu Lintang Sekar Sari, Annisa Amalina, dan Handyka Milfiadi mengikuti acara APCMS (Asia  Pasific CardioMetabolic Syndrome) Congress, pada tanggal 23 Februari -24 Februari 2018. Di Seoul, Korea Selatan. Acara ini merupakan hasil kerja sama beberapa lembaga yaitu GW-ICC (Great Wall International Congress of Cardiology, China), JCC (Japanese College of Cardiology, Japan), dan  KSC (Korean Society of Cardiology). Tiga puluh dua pakar  internasional pada bidang Kardiologi sepakat untuk menjadi  komite  dalam kongres ini, yaitu Drs. Eckel, Després, Keaney (NEJM Associate Editor), Walsh (past Associate Editor, Circulation), Harold (past president, ACC), Derumeaux (ex-Scientific Program Chairperson, ESC), Fonseca (past president, ADA), Hu (founder, GW-ICC) and Zhao, Komuro (president, JSC), Daida (president, JCC), Lim (past president, APSC), Tomlinson (president, APSAVD) and fifty-three domestic experts as Members of Local Organizing Committee: Drs. Jong-Won Ha, Hyun Ho Shin, dan  Hong Seog Seo. Kongres ini dilaksanakan bertujuan untuk menambah pengetahuan mengenai CardioMetabolic Syndrome dan berbagai kecendrungan ras dalam mempengaruhi CardioMetabolic Syndrome.

APCMS FK UNAND 2018

 

Kegiatan ini diikuti oleh 15 negara dan berasal dari 41 institusi pendidikan ternama, salah satunya adalah Universitas Andalas. Sebelum mengikuti kegiatan tersebut peserta harus mengirimkan abstrak penelitian mereka ke pihak panitia, setelah itu diumumkan nama pemenang yang selanjutnya diundang ke Seoul, Korea Selatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Acara berlangsung di Grand Hilton, Seoul selama dua hari, yaitu pada tanggal 23-24 Februari 2018.

Hari 1

Hari pertama kami memulai kegiatan pada pukul 8 pagi waktu setempat yang dimulai dengan sarapan pagi. Pada pukul 11.00 kami menaiki bus dan berangkat menuju tempat kongres. Tempat tersebut terletak di hotel Grand Hilton Seoul, yang memakan waktu 30 menit. Kami menggunakan bus yang disediakan oleh APCMS. Kami sampai ditempat acara pada pukul 12.00, selanjutnya kami melakukan registrasi. Acara dimulai pada pukul 13.00 dengan dibuka oleh Kwang kon koh, MD, PhD, FACC sebagai ketua pelaksana kegiatan tersebut.

Selanjutnya pada pukul 13.30-14.50  dimulai sesi 1 dengan 4 pembicara yang membicarakan mengenai life style. Sesi 1 ditutup dengan diskusi antar peserta dan narasumber. Pada pukul  14.50-15.20 istirahat coffee break. Pukul 15.20-16.40 dilanjutkan dengan sesi 2 dengan 4 pembicara yang membicarakan mengenai milestones in cardiometabolic syndrome dan ditutup dengan diskusi. Simposium berlangsung pada pukul 16.40-18.00 dengan pembicara dibawakan langsung oleh Kwang kon koh, San hyun kim, dan sang hyun ihm yang berasal dari tiga Universitas ternama di korea yaitu Ganchon university, Seoul national university, dan The Catholic University. Materi tersebut mengungkapkan dosis obat optimal untuk kasus dislipidemia, hipertensi, serta mekanisme kerja obat optimal. Hari 1 ditutup dengan simposium tersebut, kami kembali ke hotel menggunakan shuttle bus yang telah disediakan. Selanjutnya kami melakukan persiapan untuk presentasi besok.

Hari 2

Hari kedua kami bergegas dari kamar pada pukul 8 pagi dan telah membawa bahan untuk presentasi. Kami sarapan pagi sampai pukul 9 pagi. Pukul 10 pagi kami bergerak meninggalkan hotel menggunakan bus. Perjalanan kali ini memakan waktu 1 jam, dikarenakan kami menempuh jalan yang memutar menggunakan bus yang berbeda. Sesampai di tempat acara kami langsung registrasi dan meletakkan bahan presentasi kami pada tempat yang telah disediakan oleh panitia. Setelah itu kami mengikuti sesi 1 yang membicarakan hot issues mengenai cardiometabolic syndrome yang dibawakan oleh 4 narasumber. Selanjutnya istirahat dengan coffee break. Sesi 2 dimulai pada pukul 10.40-12.00 dengan materi mengenai resiko Cardiometabolic Syndrome dengan 4 narasumber. Sesi 1 dan 2 ditutup dengan plenary discussion dengan dipimpin oleh Byung hee oh. Pada pukul 12.30 kami makan siang dan foto session bersama peserta APCMS. Pada pukul 13.30-16.00 dimulai presentasi oleh seluruh peserta yang mengikuti APCMS Congress. Setelah dilakukan presentasi dan penilaian oleh juri, dilanjutkan dengan coffee break. Pada pukul 16.00-17.20 dilanjutkan dengan sesi 4 mengenai prespektif global mengenai cardiometabolic syndrome dan ditutup dengan diskusi. Selajutnya pada pukul 17.20 dilanjutkan dengan pengumuman pemenang. Pada kesempatan kali ini salah satu dari kami yaitu Handyka milfiadi mendapatkan Prize Drawing.

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2018

Pebriyantoson,SS

Read 267 times