Indonesian English

Medical Olympiad For Senior High School se- Sumatera Barat

Olympiad

 

Pada Minggu, 1 Oktober 2017 telah berlangsung acara Medical Olympiad for School (MEDFOS) yang dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas ANDALAS, DR. Dr. Hj. Netti Suharti, M.Kes pada pukul 09.00 WIB di Auditorium UNAND. MEDFOS adalah kegiatan tahunan MRC dimana pada kegiatan ini di selenggarakan untuk mewadahi pemikiran, pengetahuan dan kreativitas siswa SMA, dalam hal ini pihak MRC membuka dua cabang lomba yakni Olimpiade Kedokteran dan LKTI (lomba karya tulis ilmiah) . Kali ini siswa yang hadir tidak hanya siswa dari Sumatera Barat, puluhan siswa dari Pekan Baru juga sangat antusias dalam acara ini. Ujian tengah semester yang juga sedang berlangsung dalam minggu-minggu tersebut tidak menghalangi semangat peserta sehingga ratusan siswa terdaftar dalam acara ini. Ini dari segi peserta olimpiade kedokteran, dari segi peserta LKTI juga sangat bersemangat, walaupun cabang lomba LKTI ini baru dibuka tahun ini pesertanya juga luar biasa, kreatif dan inovatif. 

                 Tidak hanya panitia MEDFOS yang tidak lain adalah anggota MRC juga ada dosen yang terlibat dalam pembuatan soal dan juri LKTI. Dosen tersebut diantaranya dr. Nita Afriani, M.Biomed; dr. Erkadius, M.Sc; dr. Zahra Novita Sari, dan dr. Roza Silvia MClinEmbryol. Sebanyak 100 soal optional di kerjakan peserta dalam waktu dua jam, soal-soal ini mencakup anatomi, histologi, fisiologi dan biologi kedokteran. Setelah acara olimpiade berakhir, peserta di persilahkan untuk istirahat, setelahnya yakni pukul 13.00 WIB dilanjutkan acara Workshop yang bertemakan Poster Publik oleh mahasiswa klinik Alan Mustaqim, S.Ked. Acara workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada siswa SMA mengenai pembuatan dan hal-hal yang mencakup poster publik, dapat dilihat aktifnya peserta dalam bertanya mengenai poster. 

       Acara ini ditutup dengan pengumuman Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara lomba olimpiade kedokteran, dan Juara UMUM MEDFOS 2017. Selamat kepada peserta yang telah berhasil memperoleh juara dan selamat juga kepada sekolah yang memperoleh Juara UMUM dua kali berturut-turut yakni SMAN 1 Sumatra Barat.

     

LKTI :

JUARA I

Judul: 3S Management stress Ala CAPLADOEPA

Asal sekolah: SMAN 2 Payakumbuh

Ketua: Safira Salsabilla

TIM: Chantyka Rosady

JUARA II

Judul: Olahraga Pembangun Fisik dan Psikis Remaja

Asal sekolah: SMAN 1 Sumatra Barat

Ketua: Imam Habib Farhan

TIM: Muhammad Fadel, Muhammad Haqqi

JUARA III

Judul: Remaja Sukses Tanpa Stres

Asal sekolah: SMAN 3 Solok

Ketua: Vicky Andrea Malvino

TIM: Muhammad Ikhsan, Stevanie Angel

 

OLIMPIADE KEDOKTERAN :

JUARA I: Rahmat Yasin SMA 3 Bukit Tinggi

JUARA II: M. Taufik H SMA 1 Padang

JUARA III: Ihsanul Muslim SMA 1 Sumatra Barat

JUARA HARAPAN I: M. Arya Sadewo SMA 1 Tualang Pekanbaru

JUARA HARAPAN II: Qarissya Aprily SMA Cendana Mandau

Pemenang Olympiad

Olympiad

 

 

Read 546 times