Indonesian English

Kiprah Mahasiswa FK Unand pada TEMILNAS (Temu Ilmiah Nasional) Catatan Sebuah Perjalanan 2017

Temilnas 2Temilnas

Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS) merupakan suatu kegiatan keilmiahan bagi  mahasiswa kedokteran tingkat nasional terbesar se-Indonesia yang diselenggarakan oleh BAPIN-ISMKI (Badan Analisa dan Pengembangan Ilmiah Nasional – Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia) pada tanggal 9 Agustus – 13 Agustus 2017 dengan cabang lomba Literatur Review.  Rangkaian kegiatan Temilnas dimulai dari kompetesi ilmiah, Simposium Internasional, musyawarah lembaga keilmiahan seluruh Indonesia, dan Project Share masing-masing lembaga ilmiah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan iklim ilmiah dan juga menambah skill keilmiahan melalui kegiatan yang diselenggarakan pada Temilnas.

Untuk tahun ini, Universitas Muhammad Jakarta (UMJ) dipercaya sebagai tuan rumah  Temilnas pada tahun ini. Cabang kompetisi  pada tahun ini terdiri dari Penelitian Multi Center, Poster Ilmiah, Poster Publik, Video Edukasi, Esai Ilmiah, dan Karya Tulis Ilmiah, dan ada yang berskala internasional yaitu  Research paper dan Literature Review.Kegiatan diawali dengan acara pembukaan yang pada tahun ini langsung dibuka oleh dekan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Setelah itu dilanjutkan dengan Presentasi para finalis dari masing-masing cabang perlombaan. Finalis kompetisi yang diundang ke Temilnas tahun ini  diseleksi dari seluruh karya ilmiah yang masuk ke UMJ dari bulan April sampai Juli dan diambil 10 nilai tertinggi per masing-masing cabang perlombaan.  Untuk tahun ini,dua karya literature review dan satu karya Research Paper Congress  dari  Mahasiswa FK UNAND berhasil menjadi finalis. Tetapi karena jadwal final temilnas berdekatan dengan jadwal ujian OSCE FK UNAND, akhirnya FK UNAND hanya memenuhi undangan untuk 2 tim dalam acara TEMILNAS yang akan berkompetisi di cabang lomba Literatur Review atas nama tim 1 ( Mutiara Suci dan M Yusan Pratama) dan tim 2 (Annisa Widi dan M Yusan Pratama). Mereka akan berkompetisi di cabang Literature Review berhadapan dengan 8 finalis  lainnya, ada  dua delegasi dari Universitas Indonesia, dua delegasi dari Universitas Udayana, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Jendral Ahmad Yani, dan Universitas Islam Malang

Perlombaan dilaksanakan setelah acara pembukaan di gedung kuliah UMJ. Delegasi FK Unand mempresentasikan dua karya Literature Review dengan judul Potential of Umbilical Cord Blood as Derived Mesenchymal Stem Cell for Repairing Alzheimer’s Disease dan Potential of Umbilical Cord Blood Derived Stem Cell for Repairing Brain Damage Caused by Narcotics Abuse.

Setelah kompetisi kegiatan dilanjutkan dengan Simposium dan Musyawarah antar lembaga ilmiah se Indonesia. Sayangnya para delagasi dari Unand tidak bisa mengikuti kegiatan ini sampai terakhir karena jadwalnya bertepatan dengan ujian OSCE KK FK UNAND.

Penutupan acara dilaksanakan malam 12 Agustus 2017 di Granwheez Hotel Jakarta sekaligus pengumuman pemenang kompetisi ilmiah dan hasilnya salah satu finalis dari FK Unand berhasil mendapatkan peringkat ke-5 dalam cabang literature review. “Alhamdulillah sudah bisa mendapat peringkat ke-5, insyAllah kita akan berjuang dan bersungguh-sungguh lagi untuk kompetisi-kompetisi ilmiah  berikutnya semoga mendapatkan peningkatan dan bisa membanggakan nama FK UNAND di tingkat nasional.” Jawab Mutiara Suci salah seorang finalis dari FK UNAND.

 

 

Humas Dan Multimedia FK Unand 2017

Read 464 times