Indonesian English

Kiprah Insan Pers Mahasiswa FK Unand di Pulau Dewata

Kiprah Insan Pers Mahasiswa FK Unand di Pulau Dewata

Kiprah Mahasiswa FK Jurnalistik Bali

Berbicara mengenai “Pulau dewata” akan langsung terngiang ditelinga kita dengan sebuah daerah yang keindahan alamnya membuat wisatawan lokal maupun asing terpancing untuk berkunjung ke sini, dimana lagi kalau bukan Bali. Selain dikenal dengan alamnya yang elok, ternyata Bali memiliki banyak sekali jurnalis berbakat yang siap membagikan tulisannya untuk dibaca oleh semua kalangan. Hal ini jadi latar belakang dijadikannya Bali sebagai tempat dilaksanakan Pekan Jurnalistik Nasional (PJN)  2017. 

Pada tanggal 7-9 September 2017, Lembaga Pers Mahasiswa Psycho Universitas Udayana Bali yang bekerjasama dengan BPN ISMK (Badan Pers Nasional Ikatan Senat Mahasiswa kedokteran Indonesia) menggelar kegiatan Pekan Jurnalistik Nasional 2017. PJN ini turut mengundang 11 LPM dari Fakultas Kedokteran (FK) yang ada di Indonesia, salah satunya dari FK Universitas Andalas. FK Unand menyambut baik undangan tersebut dengan menghadirkan 3 delegasi, diantaranya Muhammad Hafizh Abrar Nursal, Siska Bradinda Putri Sudirman, dan Aisyah yang ketiganya tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik BROCA BEM KM FK UNAND. Kegitan ini selalu diangkatkan tiap tahunnya dengan system bergilir bagi LPM yang tergabung dalam BPN ISMKI. Tahun ini tema yang diangkatkan tidak kalah menarik, yaitu “ SMART (Sensitive, Multidimentional, Active, Realistic, Trusted) Journalist as A Motor of Change ” yang memiliki makna bahwa mahasiswa FK tidak hanya berfokus pada bidang kedokteran saja tetapi juga memiliki kepekaan terhadap kondisi sosial yang terjadi di sekitarnya serta bisa menjadi sosok teladan dan berjiwa sosial untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Kegiatan PJN  2017 sendiri terdiri dari berbagai macam agenda diantaranya Pelatihan, Upgrading, Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS), Project Fair, Tour, dan terakhir yaitu Kompetisi. Rangkaian agenda ini begitu menarik ketika mahasiswa dapat merasakan langsung hangatnya atmosfer pers antar berbagai LPM serta bertemu langsung  orang-orang yang juga mencintai dunia pers.

Pada kesempatan ini, seluruh peserta juga diajak untuk melakukan  visit ke salah satu media yaitu salah satu televisi ternama di negeri “Seribu Pura” ini, yaitu Bali TV. Peserta diperkenalkan dengan tahap pembuatan berita dari masih mentah hingga menjadi berita yang siap dinikmati oleh banyak orang. Dilokasi peserta  di perlihatkan proses rekaman, editing, serta alat-alat yang mereka gunakan. Bukan hanya dalam bentuk berita di televisi, bali TV juga bergelut dalam dunia percetakan, baik koran, kalender, kwitansi, dan masih banyak lagi. Disini, peserta bisa leluasa mengetahui banyak hal dengan bertanya pada pakar dibidangnya secara langsung.

Kegiatan ini ditutup dengan dengan city tour ke salah satu pantai ternama di Bali yaitu Melasti Beach, disini peserta disuguhkan dengan view yang menarik dan beberapa games guna mempererat ikatan antar LPM dari berbagai universitas. Pada malamnya, PJN diakhiri dengan closing oleh panitia serta pembagian sertifikat kepada para peserta yang bertempat di Quest San Hotel, Bali.

Hidup Pers Mahasiswa!

Kiprah Insan Pers Mahasiswa FK Unand di Pulau Dewata II

Kiprah Insan Pers Mahasiswa FK Unand di Pulau Dewata 2 ( Sesi Photo Bersama peserta PJN )

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2017

Read 1106 times