Indonesian English

Upacara Memperingati Hari Pendidikan Nasional

upacara hardiknas

Universitas Andalas memperingati hari pendidikan nasional (Hardiknas) tahun 2017 dengan menggelar upacara peringatan pada hariSelasa (02/05) di Lapangan Upacara Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang yang diikuti oleh seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) dan Tenaga Honorer Universitas Andalas.

Dalam pelaksanaan upacara peringatan tersebut Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA bertindak selaku Pembina upacara.

Rektor membacakan pidato sambutan dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan tema “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi”. Bapak Rekto rmewakili Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesiajuga menyampaikan apresiasi atas peran aktif seluruh Aparatur Sipil Negara dan Tenaga Honorer di Universitas Andalas, yang tak kenal lelah mendidik, memberi inspirasi, dan membangkitkan semangat putra-putri bangsaagar menjadi manusia yang berkarakter, berpengetahuan, memiliki keterampilan, dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, bangsa, maupun negara.

Peringatan ini merupakan momentum dan sekaligus refleksi dari berbagai upaya yang telah dan sedang dilakukan dalam melaksanakan berbagai program memajukan pendidikan khususnya mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Pendidikan Tinggi diharapkanagar lebih memperhatikan dampak dari aktivitasnya terhadap perkembangan ekonomi, terutama ekonomi didaerahnya.Dengan kata lain, Perguruan Tinggi lebih dapat memerankan dirinnya sebagai Agent of Economic Developmentdisamping Agent of Educationdan Agent of Research and Development.

Pada peringatan tersebut, sebanyak 6 (enam) orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Universitas Andalas menerima Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya.Adapun ke-6 (enam) orang tersebut adalah: (1) DR. Drg. Isnandiah Koerniati (30 tahun);(2) Dr. Aria Gusti, SKM, MKes (20 tahun);(3) Dr. Yusri Dianne Jurnalis, SpA (20 tahun);(4) Deni Elnovriza, STP, MSi (10 tahun);(5) Ade Suzana Eka Putri, SKM (10 tahun); dan (6) Dr. Sukri Rahman, SpTHT-KL (10 tahun).

“Pemberian tanda kehormatan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah kepada Pegawai yang telah mengabdikan dirinya bagi negara,” kata Rektor Universitas Andalas.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 35/TK/Tahun 2017 tentang penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya tersebut diserahkan kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, negara dan pemerintah, serta dengan pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun, atau 30 tahun.

Rektor menjelaskan pemberian anugerah tanda kehormatan Satyalancana ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan meningkatkan pengabdian serta prestasi kerja PNS yang ada dilingkungan Universitas Andalas.

Read 567 times