Indonesian English
Berita

Berita (245)

Children categories

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017 (0)

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tarumanegara Medical Competition (TMC) 2017 merupakan suatu acara perlombaan ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, Grogol, Jakarta Barat. Kegiatan ini berada di dalam program kerja tahunan BEM FK Untar. Dan pada tahun ini merupakan ajang kegiatan tahunan yang kedua kali nya di gelar dimulai pada tanggal 2 Juni – 4 Juni tahun 2017 yang di buka langsung oleh Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat berkompetisi dan jiwa sportivitas mahasiswa FK atau rumpun ilmu kesehatan (FKM, Farmasi, dan Keperawatan) di seluruh Indonesia, serta dapat menjadi wadah dalam menuangkan segala ide dan kreasi. Kompetisi ilmiah ini dibagi atas empat cabang lomba, yaitu tinjauan pustaka, poster ilmiah, poster publik, dan fotografi.

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tema yang diangkat pada kegiatan TMC 2017 adalah: “The Climate Change: How it Affect Tropical Diseases” dan mendatangkan 5 sampai 10 tim finalis untuk tiap cabang lomba yang berasal dari beberapa Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berhasil mengirimkan satu tim finalis untuk cabang lomba poster ilmiah, yakni Adila Hanna, Dessia Nuraulia Putri, dan Sakinah, semuanya terdiri dari angkatan 2014. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tanggal 2 Juni 2017 hingga 4 Juni 2017. Kedatangan finalis, pembukaan acara, serta technical meeting seluruh tim berlangsung pada tanggal 2 Juni 2017. Seminar nasional dan presentasi babak final diadakan pada tanggal 3 Juni 2017, dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang serta makan bersama pada malam harinya. Keesokan harinya di tanggal 4 Juni 2017, para delegasi pulang ke daerah masing-masing.

 

 

 

Kegiatan utama dalam acara ini adalah presentasi finalis dari tiap cabang lomba, yang diadakan di Gedung Kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. Kegiatan utama lainnya adalah Seminar Nasional yang bertemakan “Tropical Infection - We Know, We Treat, We Prevent”. Materi-materi dalam seminar ini dibawakan oleh Prof.Dr.Herdiman T.Pohan,Sp.PD,KPTI,DTMH, dr Teguh Sarry Hartono,Sp.MK, dr.Joyce Bratanata,Sp.PD, dr.Dollar,S.H,MH,MM, dr Erni J. Nelwan, Sp.PD-KPTI, dr.Wiyarni Pambudi,Sp.A,IBCLC.

Pada kompetisi kali ini, delegasi dari Universitas Andalas masih bisa sampai tahap finalis, belum berhasil menjadi pemenang. Masih diperlukan evaluasi dan persiapan yang lebih matang agar dapat memenangkan kompetisi ilmiah yang diadakan selanjutnya. Oleh karena itu, diharapkan para delegasi Unand dapat melatih calon delegasi berikutnya untuk persiapan perlombaan berikutnya.

untar 5

Dokumentasi : Edwin Destra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

View items...
20 April 2018

Image pengumuman untuk berita

 

Sebanyak 110.946 siswa dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018. Dari jumlah tersebut sebanyak 28.069 diantaranya adalah penerima bidikmisi. Adapun jumlah siswa yang mendaftar SNMPTN 2018 adalah 586.155 siswa.

Hasil tersebut disampaikan panitia SNMPTN dalam konferensi pers yang digelar di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta (17/4). Dalam kesempatan tersebut Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) mengucapkan selamat kepada para siswa yang lulus SNMPTN.

“Bagi yang tidak lulus agar tidak berkecil hati, karena masih ada penerimaan PTN melalui SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Pemerintah menyediakan kesempatan yang luas bagi para calon mahasiswa untuk masuk PTN,” kata Nasir.

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim menambahkan bagi siswa yang tidak diterima melalui SNMPTN juga masih bisa menempuh pendidikan di PTN lain seperti politeknik atau akademi komunitas.

“Bahkan jika mau sambil bekerja bisa menempuh pendidikan di Universitas Terbuka (UT) melalui pembelajaran online,” ujar Ainun.

Ketua SNMPTN Ravik Karsidi mengatakan kepada para siswa yang belum diterima melalui SNMPTN 2018 masih bisa berkesempatan mengikuti SBMPTN 2018 yang pendaftarannya akan ditutup pada tanggal 27 April 2018.

“Bagi yang tidak diterima SNMPTN 2018 dan akan mendaftar SBMPTN 2018 agar sesegera mungkin mendaftar. Dengan melakukan pendaftaran secara lebih cepat akan lebih memudahkan dan memperlancar proses pendaftaran,” kata Ravik.

Seleksi masuk ke PTN ada 3 jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. SNMPTN sendiri merupakan proses seleksi yang dilakukan melalui penelusuran prestasi akademik berdasarkan nilai rapor dan portofolio akademik siswa. Pengumuman hasil SNMPTN dapat diakses mulai pukul 17.00 WIB pada hari Selasa, 17 April 2018 melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

Sepuluh Besar Siswa DITERIMA Per Provinsi:

No Nama Provinsi Jumlah
1 JAWA TIMUR 14.518
2 JAWA BARAT 11.519
3 JAWA TENGAH 9.204
4 SUMATERA UTARA 8.079
5 ACEH 5.282
6 SULAWESI SELATAN 5.168
7 SUMATERA BARAT 4.545
8 DKI JAKARTA 4.025
9 SULAWESI TENGGARA 3.734
10 RIAU 3.316

 

Sepuluh Besar Siswa DITERIMA Per PTN:

No Nama PTN Jumlah
1 UNIVERSITAS BRAWIJAYA 3.341
2 UNIVERSITAS HALUOLEO 3.046
3 UNIVERSITAS DIPONEGORO 2.929
4 UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2.563
5 UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2.476
6 UNIVERSITAS HASANUDDIN 2.466
7 UNIVERSITAS TADULAKO 2.374
8 INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2.359
9 UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2.356
10 UNIVERSITAS JEMBER 2.325

Sepuluh Besar Provinsi Siswanya yang Berpotensi Menerima Bidikmisi:

No Nama PROVINSI Jumlah
1 JAWA TENGAH 2.515
2 JAWA TIMUR 2.420
3 ACEH 2.258
4 JAWA BARAT 2.138
5 SUMATERA BARAT 1.705
6 SUMATERA UTARA 1.692
7 SULAWESI TENGGARA 1.647
8 SULAWESI SELATAN 1.138
9 SULAWESI UTARA 928
10 LAMPUNG 850

Pengumuman itu juga dapat dilihat pada laman 12 PTN mirror lainnya, yaitu :

1 http://snmptn.unand.ac.id 7 http://snmptn.undip.ac.id
2 http://snmptn.unsri.ac.id 8 http://snmptn.its.ac.id
3 http://snmptn.untan.ac.id 9 http://snmptn.ugm.ac.id
4 http://snmptn.ui.ac.id 10 http://snmptn.unair.ac.id
5 http://snmptn.ipb.ac.id 11 http://snmptn.unhas.ac.id
6 http://snmptn.itb.ac.id 12 http://snmptn.unsyiah.ac.id

 

Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti dan Panitia SNMPTN

 

Sumber : https://bit.ly/2HMP6t1

20 April 2018

Pelatihan kehumasan Unand 2018

 

Padang (Unand) – Peran Hubungan Masyarakat (Humas) dalam sebuah institusi baik pemerintah maupun swasta dan begitupun juga bagi suatu perguruan tinggi mempunyai andil besar dalam membentuk citra positif bagi perguruan tinggi tersebut.

Dalam hal ini Universitas Andalas membekali tenaga kependidikan dilingkungan kampus mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kehumasan serta juga teknik kepenulisan melalui pelatihan yang diadakan pada Kamis (19/4) di Ruang Seminar Perpustakaan lantai 5 Kampus Unand Limau Manis Padang.

Wakil Rektor II Universitas Andalas Prof. Dr. Syafrizal, Sy yang juga sekaligus membuka acara secara resmi mengungkapkan bahwa kegiatan kehumasan pada hakikatnya sudah pasti dilakukan oleh setiap lembaga baik itu lembaga pemerintahan, swasta, kedinasan maupun dari lembaga pendidikan.

“Saat ini hampir setiap perguruan tinggi berlomba-lomba untuk menunjukkan keberadaannya dengan menampilkan keunggulan – keunggulan sehingga masyarakat khususnya pelajar tahu akan perguruan tinggi tersebut dan tertarik untuk melanjutkan pendidikan,” sambungnya.

Untuk itu dikatakannya citra sebuah perguruan tinggi menjadi hal utama serta menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat sehingga pada akhirnya mereka memutuskan perguruan tinggi mana yang akan dipilih.

“Disinilah humas memainkan peran untuk menyampaikan informasi dari perguruan tinggi kepada masyarakat melalui berbagai media baik cetak maupun online,” sebutnya.

Ia berharap pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan dan menyatukan pemahaman untuk bersama-sama meningkatkan citra serta reputasi Universitas Andalas menjadi universitas yang terkemuka dan bermartabat.

Sementara itu, Kepala Humas Universitas Andalas Yurizal, SH, MSc mengatakan pelatihan ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yang berasal dari berbagai unit dan fakultas di lingkungan Universitas Andalas.

Dijelaskannya dalam pelatihan ini setiap peserta akan diberi pengetahuan mengenai peran humas dalam sebuah perguruan tinggi serta juga mengenai teknik kepenulisan berita yang baik dan benar.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan terbentuk kader baru dalam bidang kehumasan di setiap fakultas dan juga unit kerja,” ungkapnya.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yaitu M.A Dalmenda, MSi dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas mengenai optimalisasi peran humas perguruan tinggi dan Novrizal, MPd (Dosen UNP).

 

Sumber : Humas Unand

Last modified on Jumat, 20 April 2018 09:59
17 April 2018

Dalam rangka meningkatkan pengembangan kualitas sumber daya manusia di perguruan tinggi, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi menawarkan Program Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME). Program ini antara lain meliputi kegiatan pengiriman dosen professor atau dosen S3 (senior) ke perguruan tinggi/institusi penelitian di luar negeri. Program ini antara lain bertujuan memfasilitasi dosen untuk mengembangkan penelitian dan publikasi di jurnal internasional, memperbaharui bahan ajar dan metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan terbaru di dunia pendidikan internasional, dan sebagainya. Prinsip dasar kegiatan ini adalah kesetaraan, kemitraan dan berkesinambungan dalam kerja sama international.

Bagi dosen di Perguruan Tinggi yang berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut dapat mengusulkan melalui laman : http://kompetensi.sumberdaya.ristekdikti.go.id, dan mengirimkan dokumen proposal ke alamat :
Direktur Karir dan Kompetensi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Jalan Jenderal Sudirman, Pintu Satu, Gedung D, Senayan, Jakarta.
Batas waktu usulan paling lambat diterima tanggal 30 April 2018.

Informasi lebih lanjut dapat mengunduh berkas pada lampiran berikut :

https://bit.ly/2H7gWii

 

Sumber : https://bit.ly/2Hwd5iA

 

13 April 2018

Pemilihan Dosen FK Unand 2018

 

          Dalam rangka  penyeleksian Dosen berprestasi di tingkat Fakultas, Panitia dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melakukan proses penyeleksian ketat di tingkat Fakultas dengan pelaksanaan nya dilaksanakan secara dua tahap : 1. terhadap beberapa dosen yang sudah lewat proses administrasinya berupa   kelengkapan dokumen terkait dengan publikasi nasional dan internasional, bidang  Tri Dharma Perguruan tinggi sebagi indikator penilaian nya, 2. sedangkan penilaian akhir adalah penilaian presentasi karya ilmiah unggulan yang lolos seleksi melalui  susunan tim penguji atau  juri yang berkompeten: 1. Dr. Ardizal Rahman SpM(K) 2. dr. Najirman, SpPD-KR Finasim 3. Prof.DR.dr.Eti Yerizel,MS 4. Prof.dr. Azamris,SpB (K)Onk 5. Prof.DR.dr Rahmatina B. Herman. Bertindak sebagai ketua tim penguji Prof.DR.dr. Azamris,SpB(K)Onk. Pada hari  Rabu tanggal 11 April dari pukul 09.00 – 12.30  di ruang sidang FK Unand. Dosen yang  lolos dan maju sebagai kandidat berprestasi yaitu : 1. DR.dr. Eva Decroli,SpPD-KEMD,FINASIM 2. DR.dr.Hendriati,SpM ( K ) 3. Dr. Rauza Sukma Rita  PhD.

 

        Agenda tahunan ini merupakan agenda tahunan yang di gelar oleh Kemenristekdikti dan di instruksikan ketingkat Fakultas, yang berhasil lolos di tingkat Fakultas akan di perlombakan kembali di tingkat Universitas. Peserta atau kandidat yang  berhasil di tingkat Universitas akan mewakili  kandidat dari Universitas untuk mengikuti penyeleksian di tingkat Nasional yang di helat oleh Kemenrsitekdikti langsung.

 

      Dikutip dari salah seorang Kandidat yang ikut presentasi di momen tersebut, seperti statemen DR.dr. Eva Decroli,Sp.PD-KEMD,FINASIM menyampaikan sedikit seloroh beliau ke humas FK : kalau biasa nya kandidat sering menguji mahasiswa, sekarang ketika di uji  untuk proses penyeleksian ini harus siap dengan mental juga kata beliau (sedikit tersenyum ) menyampaikan nya.

 

          Setiap kandidat di haruskan menampilkan presentasi karya unggulan mereka sesuai dengan waktu yang disediakan masing-masing peserta, selanjutnya dewan juri masing-masing nya akan berikan satu – hingga dua pertanyaan, kandidat akan menjawab langsung pertanyaan tersebut. Semua kandidat diberikan waktu dan kesempatan sama dalam menjawab pertanyaan dari masing-masing dewan juri.

 

       Hasil pengumuman kandidat yang mewakili Fakultas akan di sampaikan pada minggu depan diperkirakan pada tanggal 17 April mendatang. Hal ini di sampaikan oleh Ketua Penguji Prof.DR.dr. Azamris,SpB(K)Onk di depan dewan juri lain dan didepan panitia, humas  serta kandidat yang terakhir sebagai presentan setelah waktu berakhir.

 

       Harapan dewan juri, semoga perwakilan dari Fakultas bisa menembus di tahap nasional. Diharapkan dengan agenda tahunan ini jumlah publikasi unggulan dosen dari tahun ketahun semakin meningkat, baik secara kualitas maupun kuantitas, Unand menjadi kampus yang mampu berkompetisi di bidang ilmiah dan Tri Dharma Perguruan Tinggi,  menjadikan kampus hijau itu lebih bermartabat di luar pulau Jawa sesuai dengan visi dan misi Universitas. Semoga

 

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2018

                

Last modified on Jumat, 13 April 2018 17:28
12 April 2018

Foto Yudisium II Jpeg 2018

Pada hari Rabu tanggal 4 April 2018 pada pukul 13.00 WIB – Selesai  telah dilaksanakan momentum Yudisium ke-II di aula FK Unand Jati Padang, dengan dihadiri oleh unsur pimpinan Fakultas, Dosen,Kabag Umum RSUP dr. M. Djamil Padang mewakili Dirut M. Djamil dr. Oea Khairsyaf, Wakil Dekan I yakni DR.dr Rika Susanti, Sp.F, Wakil Dekan II DR. Adrial, M.Kes, Wakil Dekan III DR. Netti Suharti M.Kes, ketua bagian FK Unand,  dan sekitar 116 orang peserta Yudisium pada hari tersebut, serta tamu dan orang tua yang hadir pada hari tersebut.

Rangkaian kegiatan ini di awali dengan absensi dokter muda yang di bacakan oleh sekretaris prodi Pendidikan Dokter Dra. Dian Pertiwi,MS.  Sedangkan proses yudisium, di bacakan oleh ketua program studi Pendidikan Dokter DR.dr.Aisyah Elliyanti,SpKN,M.Kes. Menyanyikan MARS FK Unand oleh mahasiswa, serta penyerahan piagam terbaik oleh Wakil Dekan I DR.dr.Rika Susanti,Sp.F .

Dalam kesempatan Yudisium kali ini piagam terbaik di serahkan kepada kepada :

1. Peringkat I Arif Bima Albiru dengan IPK 3,60 dengan lama studi 3 tahun 9 bulan

2. Peringkat II Citra Husna Pratiwi  dengan IPK 3,56 dengan lama studi 3 tahun 9 bulan

3. Peringkat III Lintang Sekarsari dengan IPK 3.54 dengan lama studi 3 tahun 9 bulan .

Agenda berikutnya dilanjutkan dengan kata sambutan dari salah seorang perwakilan dokter muda Alvin arif dengan menyampaikan pesan moral nya yakni jadilah orang bermanfaat bagi orang lain kepada rekan-rekan nya yang ikut yudisium kali ini.

Kata sambutan mewakili dirut M Djamil dr. Oea Khairsyaf,SpP(K). Dalam sambutan Kabag Umum ini menyampaikan pesan komunikasi yang baik perlu dilaksanakan oleh seorang dokter terhadap pasien. Berempati, dan serta optimalkan potensi, siapkan bekal ilmu sebanyak mungkin dan semaksimal nya selama di tempatkan di bagian yang sedang di jalankan.

Dan agenda berikutnya di lanjutkan dengan sambutan Dekan, kali ini diwakili oleh Wakil Dekan I Dr.dr. Rika Susanti,Sp.F.Dalam sambutan nya menyampaikan Yudisium II ini merupakan yudisium terbanyak di tahun 2018 ini dengan jumlah peserta 116 orang dari angkatan 2014. DR. Rika menyampaikan kalau masa di profesi berkemungkinan akan menempuh masa studi  lebih lama karena akan menghadapi ujian Nasional ( UKDI ), namun sisi menariknya Wakil Dekan menyampaikan kalau periode kali ini di berikan penawaran kepada mahasiswa untuk program percepatan double degree program Magister Biomedik dan magister S2 kesehatan Masyarakat  bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan UKDI nya. Wakil Dekan menyampaikan selamat atas capaian mahasiswa yang ikut Yudisium kali ini dan selamat kepada orang tua dan ucapan terima  kasih Wakil Dekan atas nama selaku pimpinan, sampaikan  kepada orang tua yang hadir, sudah memberikan kepercayaan kepada fakultas mendidik  anak-anak mereka selama belajar disini. Wakil Dekan I juga sampaikan, periode wisuda kali ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2018, dan semua mahasiswa di haruskan hadir sesuai peraturan, bagi yang tidak hadir ijazah yang bersangkutan tidak bisa di berikan oleh pihak fakultas kepada mahasiswa yang bersangkutan.

 

Kegiatan ini ditutup dengan doa oleh Sdr. M.Tohib Habib perwakilan mahasiswa  dan sesi photo bersama.

 

Humas dan multimedia FK Unand 2018

Last modified on Jumat, 13 April 2018 10:18
10 April 2018

Kunjungan Assesor ke FK Unand 2018

 

Tim Assessor  Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia ( LAM-PTKes) melakukan visitasi ke FK Unand Kamis   tanggal 5 April  2018 di ruang sidang FK Unand Pada pukul 08.00 WIB – Selesai , dalam rangka asessment  lapangan terkait sudah berakhirnya masa akreditasi dari program studi Neuro tersebut pada tahun ini. Kehadiran Tim Asessor ini merupakan tindak lanjut dari pengajuan Borang Akreditasi beberapa waktu lalu. Sesuai ketentuan dari Kemenristekdikti no. 32 tahun 2016 terkait akreditasi. Jadwal kunjungan yang di agendakan dua hari ini sejak tanggal 4 April -6 April  ini di awali dengan kedatangan Asessor LAM-PTKes di FK Unand pada Kamis tanggal 5 April 2018 dengan di hadiri oleh Assesor dari Pusat dr. Eko Ari Setijono,Sp.S (K) dan DR.dr.Kiking Ritarwan,SpS ( K ), Mkt. 

 Asessor di ruang sidang Kegiatan Visitasi

Kehadiran Assesor ini merupakan tindak lanjut dari pengajuan Borang Akreditasi ke LAM-PTKes beberapa waktu lalu. Dengan dihadiri oleh LP3M  Unand, Bapem Fakultas,Dirut RSPTN Unand, RS M. Djamil , Wakil Dekan II DR.Adrial, M.Kes, Wakil Dekan III DR.dr. Netti Suharti M.Kes, Dekan Fakultas DR.dr.Wirsma Arif Harahap,Sp.B (K)Onk.  Ketua Bagian, Staf dosen di bagian neuro, Kabag TU FK Ampera Warman, SE,MM, dan Humas FK unand Pebriyantoson,SS dan beberapa tamu undangan lain nya.

Dekan mengucapkan selamat datang ke tim Assessor  ke FK Unand dan menyambut baik kedatangan Asessor ke FK, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Dekan FK DR.dr. Wirsma Arif Harahap,SpB (K)Onk serta berlanjut dengan presentasi Dekan terkait dengan Fakultas.

Setelah presentasi dekan, dilanjutkan dengan tanya jawab dari Assesor terhadap Dekan selaku penanggung jawab unit pengelolaan sebuah Fakultas dan serentetan beberapa pertanyaan terkait dengan penerapan standard mutu yang di terapkan oleh GKM  dan BAPEM  di lingkungan Unand spesifiknya di lingkungan FK itu sendiri yang di tujukan ke  ketua BAPEM Fakultas DR.Andani Eka Putra dan di tambahkan oleh   LP3M Unand DR. Novialdi.

Kegiatan selanjutnya, di lanjutkan dengan sesi photo bersama antara tamu undangan, panitia, serta Assesor di depan gedung Dekanat sebelum Assesor melanjutkan visitasi nya ke lapangan.

Tidak puas dengan tanya jawab di ruang sidang, Assesor meneruskan visitasi nya ke lapangan melihat dokumentasi yang ada di kantor BAPEM ( Badan Penjamin Mutu ) di Fakultas dan memberikan rentetan pertanyaan ke Dekan dengan beberapa poin pertanyaan : 1. Bagaimana pelaksanaan SK Dosen tetap yang di laksanakan di Fakultas seperti apa  2. Terkait dengan NIDK Dosen 3. Terkait soal pengelolaan keuangan 4. Tata Kelola SDM, ADM, Prodi yang bernaung di bawah Fakultas 5. Terkait dengan perpindahan mahasiswa 6. Pengelolaan Dana Hibah bersaing di bagian, dan terkait dengan SOP yang standard. 

Dalam sela tanya jawab, sebelum kegiatan kunjungan Asesor ini berakhir, Dekan FK Unand berharap Assesor bisa memberikan banyak masukkan terkait perkembangan ke ilmuan Neuro ini lebih baik lagi kedepan dan lebih meningkat nya lagi kepeminatan calon mahasiswa dalam menentukan pilihan nya terhadap  Prodi Neuro, lebih baik baik secara kualitas maupun kuantitasnya kedepan nya. Sebelum asessor  melanjutkan visitasi  nya ke RS M Djamil Padang. Untuk Agenda visitasi kelapangan di agendakan jadi dua hari di Padang berakhir pada kegiatan telusur dokumen di RS M Djamil pada hari Jumat tanggal 6 April. Informasi agenda Asesor berdasarkan  kontak Humas FK Unand  Sdr. Pebriyantoson dengan panitia pelaksanaan Akreditasi di bagian Neuro yakni Sdr. dr Sugeng dan dr. Yoga di jadwalkan kembali pada siang atau sore hari nya pada hari Jumat  tanggal 6 April tersebut.

 

 

Sumber : Humas dan Multimedia FK Unand  2018

                Pebriyantoson,SS

Last modified on Selasa, 10 April 2018 16:31
10 April 2018

Image pengumuman untuk berita

Yth.

Bapak/Ibu/Saudara

Merujuk kepada brafaks dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma No.: B-00104/ROMA/180316, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Pemerintah Malta, melalui Ministry for the Environment, Sustainable Development and Climate Change, menginformasikan kesempatan untuk memperoleh beasiswa Master of Science by Research di bidang Perubahan Iklim di University of Malta untuk tahun akademik 2018-2019. Proposal riset pada area berikut akan dipertimbangkan:

  • Mitigation of climate change and low carbon transportation
  • Adaptation to climate change to enhance resilience for the conservation of living marine resources
  • Climate change governance in the context of small island states and territories

2. Beasiswa ini merupakan bagian dari komitmen dukungan Malta terhadap negara-negara berkembang, di bawah kerangka United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC). Melalui skema ini, Malta ingin membantu negara-negara berkembang untuk membangun keahlian bangsa dalam bidang-bidang yang akan menjadi solusi dari perubahan iklim sekaligus menjadikan bangsa yang tangguh terhadap perubahan iklim.

3. Batas akhir penyerahan aplikasi beasiswa dan dokumen pendukung lainnya adalah tanggal 25 Mei 2018. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: The International Office, University of Malta – Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

Demikian disampaikan, atas perhatian yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 9 April 2018

TTD

Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik


Sumber : https://bit.ly/2ExXh9q

Last modified on Selasa, 10 April 2018 14:42
06 April 2018

Delegasi FK Unand Ajang The 6th Indonesian Medical Student Summit

The 6th Indonesian Medical Student Summit (IMSS) di Jakarta yang dulu lebih dikenal dengan sebutan Musyawarah Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI); acara yang diangkatkan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi (SEMA FKUY) bekerjasama dengan ISMKI dan badan kelengkapannya; Badan Analisis dan Penelitian Ilmiah Nasional (BAPIN), Badan Pers Nasional (BPN ) Pada Rabu – Minggu pada tanggal 21 Februari -25 februari 2018 di laksanakan di dua tempat hotel Grand Cempaka dan di Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta Pusat. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa kedokteran yang mewakili Badan Eksekutif Mahasiswa, Lembaga Ilmiah, Lembaga Pers, dan juga Pengurus Harian Nasional ISMKI dari Fakultas Kedokteran se-Indonesia. Dalam kegiatan ini ikut berpartisipasi tujuh orang delegasi FK Universitas Andalas: M. Rahmad Tisya, Regi Alfajrin Putra, Virna Zufti Pratiwi, Astya Gema Ramadhan, Rifty Zhafira Maharani selaku delegasi untuk Musyawarah Nasional; Muhammad A’raaf dan Muhammad Ihsan Fadillah selaku finalis lomba Poster Publik.


Acara yang bertemakan Implementasi Sistem Keseharan Indonesia melalui Peningkatan Angka Gizi Stabil. Acara tersebut dikemas dalam beberapa bentuk kegiatan, seperti, Diskusi Panel, Munas dan Mukernas, Sco Session, Training Session, Forum ide ISMKI-BAPIN-BPN-Institusi, Lomba Poster Publik dan Poster Ilmiah dan beberapa kegiatan lain. Acara IMSS Acara tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja ISMKI, BAPIN, dan BPN pada periode 2017-2018, menetapkan struktur kepengurusan dan kelengkapan ISMKI, BAPIN, dan BPN pada periode 2018-2019, dan serta mensinergiskan pergerakan mahasiswa diseluruh Indonesia.


Melalui kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa dapat memiliki kapasitas dan soft skill lebih untuk peduli dengan isu kesehatan terkini di Indonesia serta mempunyai empati terhadap lingkungan sekitar sesuai dengan kompetensinya.

 

Sumber : Humas dan Multimedia FK Unand 2018

Last modified on Rabu, 11 April 2018 14:56