Indonesian English
Berita

Berita (100)

Children categories

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017 (0)

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tarumanegara Medical Competition (TMC) 2017 merupakan suatu acara perlombaan ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, Grogol, Jakarta Barat. Kegiatan ini berada di dalam program kerja tahunan BEM FK Untar. Dan pada tahun ini merupakan ajang kegiatan tahunan yang kedua kali nya di gelar dimulai pada tanggal 2 Juni – 4 Juni tahun 2017 yang di buka langsung oleh Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat berkompetisi dan jiwa sportivitas mahasiswa FK atau rumpun ilmu kesehatan (FKM, Farmasi, dan Keperawatan) di seluruh Indonesia, serta dapat menjadi wadah dalam menuangkan segala ide dan kreasi. Kompetisi ilmiah ini dibagi atas empat cabang lomba, yaitu tinjauan pustaka, poster ilmiah, poster publik, dan fotografi.

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tema yang diangkat pada kegiatan TMC 2017 adalah: “The Climate Change: How it Affect Tropical Diseases” dan mendatangkan 5 sampai 10 tim finalis untuk tiap cabang lomba yang berasal dari beberapa Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berhasil mengirimkan satu tim finalis untuk cabang lomba poster ilmiah, yakni Adila Hanna, Dessia Nuraulia Putri, dan Sakinah, semuanya terdiri dari angkatan 2014. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tanggal 2 Juni 2017 hingga 4 Juni 2017. Kedatangan finalis, pembukaan acara, serta technical meeting seluruh tim berlangsung pada tanggal 2 Juni 2017. Seminar nasional dan presentasi babak final diadakan pada tanggal 3 Juni 2017, dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang serta makan bersama pada malam harinya. Keesokan harinya di tanggal 4 Juni 2017, para delegasi pulang ke daerah masing-masing.

 

 

 

Kegiatan utama dalam acara ini adalah presentasi finalis dari tiap cabang lomba, yang diadakan di Gedung Kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. Kegiatan utama lainnya adalah Seminar Nasional yang bertemakan “Tropical Infection - We Know, We Treat, We Prevent”. Materi-materi dalam seminar ini dibawakan oleh Prof.Dr.Herdiman T.Pohan,Sp.PD,KPTI,DTMH, dr Teguh Sarry Hartono,Sp.MK, dr.Joyce Bratanata,Sp.PD, dr.Dollar,S.H,MH,MM, dr Erni J. Nelwan, Sp.PD-KPTI, dr.Wiyarni Pambudi,Sp.A,IBCLC.

Pada kompetisi kali ini, delegasi dari Universitas Andalas masih bisa sampai tahap finalis, belum berhasil menjadi pemenang. Masih diperlukan evaluasi dan persiapan yang lebih matang agar dapat memenangkan kompetisi ilmiah yang diadakan selanjutnya. Oleh karena itu, diharapkan para delegasi Unand dapat melatih calon delegasi berikutnya untuk persiapan perlombaan berikutnya.

untar 5

Dokumentasi : Edwin Destra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

View items...
23 Oktober 2017

Pengabdian Masyarakat Kab. Pariamanpengabdian Masyarakat Kab Pariaman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Sesuai dengan program FK. Unand tentang pengabdian masyarakat melalui pembiayaan Dana PNBP tahun 2017 maka pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2017 dosen bagian Anatomi Histologi FK. UNAND melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SDN 13 Sungai Buluh Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman .Pengabdiaan ini diikuti oleh beberapa mahasiswa angkatan 2014 dan 2015.

Pemeriksaan Dokter Pengabdian Masyarakat SDN 13 Kab Pariaman 

 

Adapun kegiatan pengabdian masyarakat tersebut adalah
1. Penyuluhan kepada orang tua murid tentang peranan zinc terhadap daya tahan dan pertumbuhan anak.
2. Pemeriksaan kesehatan murid oleh dokter spesialis anak,
3. Pemeriksaan gigi dan mulut
4. Sosialisasi cara mengosok gigi
5. Pemberian suplemen zinc pada murid kelas II SD dan III SD

 

SDN 13 Batang Anai 2017


Pada kegiatan ini juga dilakukan penelitian skripsi dibawah bimbingan dosen patologi anatomi
Kegiatan pengabdian masyarakat ini disambut baik oleh Wali Nagari Sungai Buluh, Kepala Sekolah, para guru dan orang tua Murid serta para murid. Kepala sekolah berharap dapat dilakukan kembali pengabdian masyarakat di Sekolah ini.


Pada akhir acara murid mendapatkan
1. Syirup zinc sebanyak 1 botol dari 4 botol yang direncanakan. Pemberian zinc ini selama 3 bulan.
2. Sikat gigi dan pasta gigj
3. Snack dan transportasi
4. Alat tulis sekolah

Kegiatan ini di tutup dengan sesi photo bersama.

 

Humas dan  Multimedia FK Unand 2017

 

 

Last modified on Senin, 23 Oktober 2017 13:56
20 Oktober 2017

PIT PAMKI 2017

 Dalam rangka pengembangan Kajian Ilmu dari  Microbiologi Klinik Perhimpunan Dokter Spesialis Microbiologi Klinik Indonesia (PAMKI) akan melaksanakan Pertemuan Ilmiah Tahunan 2017 pada Hotel Pangeran pada tanggal 12 -14 Oktober 2017 dengan mengangkatkan tema “From Basic Microbiology to Clinical Applied, approaches to new technologies in microbial Diagnostic” di Hotel Pangeran Padang.  Pertemuan ini dihadiri oleh Dokter Spesialis Microbiologi Klinik dari seluruh Indonesia termasuk beberapa ahli dari luar negeri, antara lain dari Belanda dan Thailand. Pertemuan Ilmiah Tahunan ini dibuka resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc, didampingi juga oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan RI dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS, Ketua PAMKI Pusat Prof. Dr. Kuntaman, dr., MS.,Sp.MK(K), Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Dr. dr. H. Wirsma Arif Harahap, SpB(K)-Onk, dan Ketua Panitia acara PIT PAMKI Dr. A. Aziz, MSc, DTM&H,Sp.MK .

PIT PAMKI 2 2017

 

Dokter Spesialis Microbiologi Klinik Indonesia (PAMKI) adalah Dokter yang mempunyai Spesialisasi dalam bidang penyakit penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Spesialis ini melakukan penelitian, diagnosis laboratorium termasuk konsultasi pemilihan obat obat antibiotik/antimikroba melalui uji sansitifitas/resistensi. Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik lah yang menentukan suatu mikroba sudah resisten atau masih sensitif terhadap suatu obat, contohnya kasus kasus MDR TB.

 

Pada Pertemuan Ilmiah Tahunan 2017 ini, Padang lah sebagai tuan rumah. Opening Ceremoni sendiri akan diadakan pada tanggal 13 Oktober 2017, Pada tanggal 12 Oktober sampai 13 Oktober 2017, yang mana PAMKI bekerjasama dengan Universitas Andalas, Rumah Sakit Umum Pusat DR.Mdjamil, dan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas, Perhimpunan Dokter Spesialis Microbilogi Kilinik Indonesia (PAMKI) Hanya menyelenggarakan Workshop, yang mana workshop tersebut terbagi 3 yaitu Workshop Program Pengendalian Resistensi Antimikrobial yang bertempat di Rumah Sakit Umum Pusat DR.Mdjamil, Workshop Prevention Control of Infection yang bertempat di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Workshop Multiplex Real time PCR for Bacterial Identification yang bertempat di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Universitas Andalas. Workshop ini di selenggarakan serentak dari Pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

 

Untuk tanggal 13-14 Oktober 2017 Sendiri PAMKI fokus untuk menyelenggarakan symposium. Tanggal 13 oktober 2017 PAMKI menyelenggarakan sebanyak 8 sesi yaitu:

  1. Plenary Lecture 1
  2. Plenary Lecture 2
  3. Scientific Symposium 1
  4. Scientific Symposium 2
  5. Scientific Symposium 3
  6. Scientific Symposium 4
  7. Free paper Oral Presentation
  8. Antibiogram Report From Centers in Indonesia

Dilanjut pada tanggal 14 Oktober 2017, PAMKI Menyelenggarakan 6 sesi, yaitu:

  1. Scientific Symposium 5
  2. Scientific Symposium 6
  3. Scientific Symposium7
  4. Scientific Symposium 8
  5. Free paper Oral Presentation
  6. Antibiogram Report From Centers in Indonesia

Kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa kendala di lapangan.

Penyerahan Plakat oleh Panitia secara langsung  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2017

Pebriyantoson,ss

Last modified on Senin, 23 Oktober 2017 13:54
20 Oktober 2017

               

Pra Lokakarya Revisi Kurikulum 2017 Fakultas Kedokteran Universitas Andalas 13 14 Oktober 2017 di Hayam Wuruk Hotel

     Dalam rangka menyamakan persepsi dan mereview kurikulum lama dan baru, Medical Education Unit Fakultas Kedokteran Universitas mengadakan Pra Lokakarya Revisi Kurikulum pada tanggal 13 – 14 Oktober 2017 di Hayam Wuruk Hotel Padang. Kegiatan ini diikuti oleh anggota subkomisi kurikulum tahap akademik, Kurikulum tahap profesi, tim skills lab dan koordinator Blok terkait. Tujuan kegiatan ini peserta dapat menyamakan persepsi dan mereview kurikulum lama dan baru.

      Pada Kegiatan ini menghadirkan  dr.Laila Isrona,MSc sebagai narasumber , Moderator  Dr.dr.Yuniar Lestari, M.Kes dengan Fasilitator  : dr. Eka Agustia Rini, SpA (K) (Tahun 1), Dr. dr. Efrida,M.Kes, SpPK (Tahun 2), Dr.dr.Yuliarni Syafrita, SpS (Tahun  3), dr.Rahmatini,M.Kes(Tahun 4), Keterampilan Klinik.

   Acara dibuka pada hari jumat, 13 Oktober 2017 oleh  Wakil Dekan 1 yaitu DR.dr. Rika Susanti Sp.F, dimana beliau mengintruksikan untuk merevisi kurikulum 2017. Pada kegiatan yang berlangsung selama 2 hari memplenokan 9 blok dan akan dilanjutkan dengan 12 blok untuk kegiatan revisi kurikulum tahap 2.

   Acara ditutup pada hari sabtu, 14 Oktober 2017 oleh  Wakil Dekan 3 yaitu DR.dr Netti Suharti, M.Kes, dengan menyampaikan  beberapa poin diantaranya : perubahan lamanya blok akan diimplementaikan di semester genap, Semester genap kita akan mulai KK dengan video, yang sekarang dalam tahap proses pembuatan,  Semester genap ujian dengan CBT, sudah dilaksanakan pelatihan penulisan soal dengan program SIPENA, yang nantinya akan ada lagi pelatihan untuk yang belum ikut pelatihan,Perubahan lamanya 1 blok adalah instruksi dari Warek 1 ke  Dekan karena lama masa studi dalam 1 semester di fakultas kedokteran yang terlalu panjang sehingga tidak bisa menyesuaikan dengan kegiatan yang ada di Universitas.

  Kegiatan ini di tutup langsung oleh Wakil dekan III  dengan sesi photo bersama oleh semua peserta dan panitia yang hadir pada hari penutupan pada tanggal 14 Oktober 2017 di Hotel Hayam Wuruk Padang. Alhamdulilah kegiatan ini bisa memberikan input untuk perkembangan kurikulum yang up to date menjawab tantangan zaman demi output bagi luaran dari anak didik FK Unand yang visioner kedepan nya lebih baik.

penutupan HW

 

Humas Dan Multimedia FK Unand 2017

Pebriyantoson,ss 

 

Last modified on Senin, 23 Oktober 2017 13:54
17 Oktober 2017

 

Foto Incoming new 2017

Bulan September  yang lalu  Fakultas Kedokteran Universitas Andalas kembali kedatangan Incoming students  yang menjalankan clerkship di RSUP. Dr. M. Djamil Padang melalui program IFMSA Exchange yang diselenggarakan oleh SCOPE CIMSA BEM KM FK UNAND. Bulan Sepetember ini ada 5 incoming students yaitu, Daniele Castelucci (Italy), Rosa Federico (Italy), Francesco Bruno (Italy), Caterina Mogliocco (Italy) dan Aleksa Igic (Serbia).  Incoming students tersebut menjalankan Clerkship di departemen Kardiologi dan Departemen Bedah RSUP. Dr. M.Djamil Padang.

Seperti biasanya pada saat awal kedatangan dilakukan penyambutan secara resmi oleh pihak fakultas yang diwakili oleh Wakil Dekan III yaitu Dr.dr. Hj. Netty Suharty, M.kes yang bertempat di ruang wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Pihak Fakultas akan memberikan plakat dan para incoming juga membawa plakat dari negaranya masing-masing. 

Wakil Dekan III berharap agar incoming students dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk lebih mendapatkan pengalaman yang tidak mereka dapatkan di negara mereka. Selain itu diharapkan para incoming students merasa satisfied dengan program ini. Tak hanya itu selain mendapatkan pembelajaran klinis, incoming students juga dikenalkan tentang budaya dan juga mengunjungi tempat-tempat wisata yang sarat akan nilai-nilai budaya.Pertemuan ini ditutup dengan sesi foto bersama.

Last modified on Selasa, 17 Oktober 2017 14:53
10 Oktober 2017

Blok 4.2 Panduan

 

Kepada Mahasiswa FK Unand berikut dikirimkan revisi Panduan Blok 1.2 - Blok 4.2

Silahkan di unduh melalui link berikut : http://bit.ly/2kCEchH

 

 

Last modified on Selasa, 10 Oktober 2017 16:43
09 Oktober 2017

Bagi kamu Mahasiswa/i Pascasarjana S2 dan S3 Universitas Andalas, mari bergabung bersama Forum Mahasiswa Pascasarjana (FORMAPAS) Universitas Andalas. Silahkan klik link berikut :https://goo.gl/forms/CMHbfRZOUyybVGds2

05 Oktober 2017

Olympiad

 

Pada Minggu, 1 Oktober 2017 telah berlangsung acara Medical Olympiad for School (MEDFOS) yang dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas ANDALAS, DR. Dr. Hj. Netti Suharti, M.Kes pada pukul 09.00 WIB di Auditorium UNAND. MEDFOS adalah kegiatan tahunan MRC dimana pada kegiatan ini di selenggarakan untuk mewadahi pemikiran, pengetahuan dan kreativitas siswa SMA, dalam hal ini pihak MRC membuka dua cabang lomba yakni Olimpiade Kedokteran dan LKTI (lomba karya tulis ilmiah) . Kali ini siswa yang hadir tidak hanya siswa dari Sumatera Barat, puluhan siswa dari Pekan Baru juga sangat antusias dalam acara ini. Ujian tengah semester yang juga sedang berlangsung dalam minggu-minggu tersebut tidak menghalangi semangat peserta sehingga ratusan siswa terdaftar dalam acara ini. Ini dari segi peserta olimpiade kedokteran, dari segi peserta LKTI juga sangat bersemangat, walaupun cabang lomba LKTI ini baru dibuka tahun ini pesertanya juga luar biasa, kreatif dan inovatif. 

                 Tidak hanya panitia MEDFOS yang tidak lain adalah anggota MRC juga ada dosen yang terlibat dalam pembuatan soal dan juri LKTI. Dosen tersebut diantaranya dr. Nita Afriani, M.Biomed; dr. Erkadius, M.Sc; dr. Zahra Novita Sari, dan dr. Roza Silvia MClinEmbryol. Sebanyak 100 soal optional di kerjakan peserta dalam waktu dua jam, soal-soal ini mencakup anatomi, histologi, fisiologi dan biologi kedokteran. Setelah acara olimpiade berakhir, peserta di persilahkan untuk istirahat, setelahnya yakni pukul 13.00 WIB dilanjutkan acara Workshop yang bertemakan Poster Publik oleh mahasiswa klinik Alan Mustaqim, S.Ked. Acara workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada siswa SMA mengenai pembuatan dan hal-hal yang mencakup poster publik, dapat dilihat aktifnya peserta dalam bertanya mengenai poster. 

       Acara ini ditutup dengan pengumuman Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara lomba olimpiade kedokteran, dan Juara UMUM MEDFOS 2017. Selamat kepada peserta yang telah berhasil memperoleh juara dan selamat juga kepada sekolah yang memperoleh Juara UMUM dua kali berturut-turut yakni SMAN 1 Sumatra Barat.

     

LKTI :

JUARA I

Judul: 3S Management stress Ala CAPLADOEPA

Asal sekolah: SMAN 2 Payakumbuh

Ketua: Safira Salsabilla

TIM: Chantyka Rosady

JUARA II

Judul: Olahraga Pembangun Fisik dan Psikis Remaja

Asal sekolah: SMAN 1 Sumatra Barat

Ketua: Imam Habib Farhan

TIM: Muhammad Fadel, Muhammad Haqqi

JUARA III

Judul: Remaja Sukses Tanpa Stres

Asal sekolah: SMAN 3 Solok

Ketua: Vicky Andrea Malvino

TIM: Muhammad Ikhsan, Stevanie Angel

 

OLIMPIADE KEDOKTERAN :

JUARA I: Rahmat Yasin SMA 3 Bukit Tinggi

JUARA II: M. Taufik H SMA 1 Padang

JUARA III: Ihsanul Muslim SMA 1 Sumatra Barat

JUARA HARAPAN I: M. Arya Sadewo SMA 1 Tualang Pekanbaru

JUARA HARAPAN II: Qarissya Aprily SMA Cendana Mandau

Pemenang Olympiad

Olympiad

 

 

Last modified on Kamis, 05 Oktober 2017 15:50
05 Oktober 2017

Temilnas 2Temilnas

Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS) merupakan suatu kegiatan keilmiahan bagi  mahasiswa kedokteran tingkat nasional terbesar se-Indonesia yang diselenggarakan oleh BAPIN-ISMKI (Badan Analisa dan Pengembangan Ilmiah Nasional – Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia) pada tanggal 9 Agustus – 13 Agustus 2017 dengan cabang lomba Literatur Review.  Rangkaian kegiatan Temilnas dimulai dari kompetesi ilmiah, Simposium Internasional, musyawarah lembaga keilmiahan seluruh Indonesia, dan Project Share masing-masing lembaga ilmiah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan iklim ilmiah dan juga menambah skill keilmiahan melalui kegiatan yang diselenggarakan pada Temilnas.

Untuk tahun ini, Universitas Muhammad Jakarta (UMJ) dipercaya sebagai tuan rumah  Temilnas pada tahun ini. Cabang kompetisi  pada tahun ini terdiri dari Penelitian Multi Center, Poster Ilmiah, Poster Publik, Video Edukasi, Esai Ilmiah, dan Karya Tulis Ilmiah, dan ada yang berskala internasional yaitu  Research paper dan Literature Review.Kegiatan diawali dengan acara pembukaan yang pada tahun ini langsung dibuka oleh dekan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Setelah itu dilanjutkan dengan Presentasi para finalis dari masing-masing cabang perlombaan. Finalis kompetisi yang diundang ke Temilnas tahun ini  diseleksi dari seluruh karya ilmiah yang masuk ke UMJ dari bulan April sampai Juli dan diambil 10 nilai tertinggi per masing-masing cabang perlombaan.  Untuk tahun ini,dua karya literature review dan satu karya Research Paper Congress  dari  Mahasiswa FK UNAND berhasil menjadi finalis. Tetapi karena jadwal final temilnas berdekatan dengan jadwal ujian OSCE FK UNAND, akhirnya FK UNAND hanya memenuhi undangan untuk 2 tim dalam acara TEMILNAS yang akan berkompetisi di cabang lomba Literatur Review atas nama tim 1 ( Mutiara Suci dan M Yusan Pratama) dan tim 2 (Annisa Widi dan M Yusan Pratama). Mereka akan berkompetisi di cabang Literature Review berhadapan dengan 8 finalis  lainnya, ada  dua delegasi dari Universitas Indonesia, dua delegasi dari Universitas Udayana, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Jendral Ahmad Yani, dan Universitas Islam Malang

Perlombaan dilaksanakan setelah acara pembukaan di gedung kuliah UMJ. Delegasi FK Unand mempresentasikan dua karya Literature Review dengan judul Potential of Umbilical Cord Blood as Derived Mesenchymal Stem Cell for Repairing Alzheimer’s Disease dan Potential of Umbilical Cord Blood Derived Stem Cell for Repairing Brain Damage Caused by Narcotics Abuse.

Setelah kompetisi kegiatan dilanjutkan dengan Simposium dan Musyawarah antar lembaga ilmiah se Indonesia. Sayangnya para delagasi dari Unand tidak bisa mengikuti kegiatan ini sampai terakhir karena jadwalnya bertepatan dengan ujian OSCE KK FK UNAND.

Penutupan acara dilaksanakan malam 12 Agustus 2017 di Granwheez Hotel Jakarta sekaligus pengumuman pemenang kompetisi ilmiah dan hasilnya salah satu finalis dari FK Unand berhasil mendapatkan peringkat ke-5 dalam cabang literature review. “Alhamdulillah sudah bisa mendapat peringkat ke-5, insyAllah kita akan berjuang dan bersungguh-sungguh lagi untuk kompetisi-kompetisi ilmiah  berikutnya semoga mendapatkan peningkatan dan bisa membanggakan nama FK UNAND di tingkat nasional.” Jawab Mutiara Suci salah seorang finalis dari FK UNAND.

 

 

Humas Dan Multimedia FK Unand 2017

Last modified on Kamis, 05 Oktober 2017 15:11