Indonesian English
Rabu, 16 Agustus 2017 08:06

Informasi Beasiswa INPEX Tahun 2018 di Jepang

Written by

INPEX Scholarship Foundation memberikan kesempatan kepada putra-putri Indonesia untuk melakukan studi postgraduate di Jepang. Adapun penawaran beasiswa ini diberikan untuk studi pada tahun 2018 mendatang.

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat dilihat pada tautan di bawah ini:

Panduan INPEX Scholarship Tahun 2018

Sumber : http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2017/08/08/informasi-beasiswa-inpex-tahun-2018-di-jepang/

UPACARA BLOK I.I 2017

 

Pada hari Senin tanggal 14 Agustus 2017 seperti biasanya pada setiap awal Blok yang akan berjalan atau akan dilaksanakan diawali dengan upacara bendera di Fakultas Kedokteran, dengan di hadiri oleh 250 orang mahasiswa baru Fakultas Kedokteran angkatan 2017, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Kabag TU, Kasubag umum, Kasubag Akademik, Ketua Blok I.I, tendik dan civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di Limau Manis Padang.

Dalam Sambutan Wakil Dekan I, yaitu Dr.dr. Rika Susanti, Sp.F, Untuk Blok I.I mahasiswa di harapkan kehadiran 80 persen, kalau kehadiran kurang dengan alasan apapun termasuk Skill Labs atau ketrampilan klinik maka Mahasiswa yang bersangkutan di anggap gagal dan mesti mengulang Blok tersebut. Setiap permasalah program studi kepada mahasiswa di harapkan untuk bisa berkonsultasi dengan Ka. Prodi Program Pendidikan Dokter, atau Pembimbing Akademik untuk konsul, kalau sekiranya permasalahan tersebut belum bisa di selesaikan, maka mahasiswa diharapkan untuk bisa berkonsultasi kepada Wakil Dekan I.

Wakil Dekan I mengimbau kepada mahasiswa baru untuk tetap exist di bidang extra kurikuler untuk pembinaan minat dan bakat mahasiswa bersangkutan, namun, Wadek I mengingatkan untuk tetap memprioritaskan Bidang studi tetap lebih utama.

Dalam kata sambutan Wadek I, Dr Rika Susanti, Sp.F mengimbau sekaligus mengingatkan untuk berhati-hati sekaligus tekun dalam menjalankan studi selama mengikuti studi di FK Unand dan disiplin, karena untuk evaluasi akan tetap dilaksanakan kepada mahasiswa tersebut, bagi mahasiswa yang kurang IPK nya 2,3 di semester 4 akhir akan dilaksanakan sistem DO ( Drop Out ). Jadi, Mahasiswa FK Unand untuk tetap tekun menjalani studi nya dan sungguh-sungguh untuk menghindari hal-hal tidak di inginkan secara bersama.

Mari kita jaga kualitas dan marwah FK Unand untuk tetap lebih baik.

Kegiatan ini di tutup dengan doa bersama.

Klik

 

Humas Dan Multimedia FK UNAND 2017

Lowongan Pekerjaan Dosen Kontrak untuk Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dengan syarat sebagai berikut :

 

I. Dosen Prodi Pendidikan Kedokteran

   Persyaratan :

   1. Lulusan Dokter dan mempunyai STR

   2. Lulusan dari Universitas Negeri dengan akreditasi A

   3. IPK minimal 3.00

   4. Diutamakan yang memiliki pendidikan S2

   5. Usia maksimal 35 tahun.

   6. Memiliki minat yang tinggi dalam pendidikan

   7. Pekerja keras, penuh inisiatif, dan mampu beradaptasi

II. Dosen Prodi  S1 dan S2 Kebidanan

     Persyaratan :

   1. Lulusan Magister Kebidanan dan mempunyai STR

   2. Lulusan dari Universitas Negeri dengan akreditasi A

   3. IPK minimal 3.00

   4. Usia maksimal 35 tahun.

   5. Memiliki minat yang tinggi dalam pendidikan

   6. Pekerja keras, penuh inisiatif, dan mampu beradaptasi

Dokumen Lamaran :

   1. Surat lamaran dan Curriculum Vitae ( sertakan alamat email dan no HP pada surat  lamaran)

   2. Fotocopi KTP yang masih berlaku

   3. Pas photo warna ukuran 3x4 ( 2 lembar )

   4. Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai

    Lamaran di tujukan kepada Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas paling   lambat diterima pada hari Jumat tanggal 11 Agustus di Sekretariat FK Unand Jalan Perintis Kemerdekaan No.94, Jati Padang.

    Catatan:

    -Pengumuman Jadwal dan hasil tes dilakukan via email atau telephone

Senin, 07 Agustus 2017 11:44

Penutupan Bhakti FK Unand 2017

Written by

foto bersama bhakti 2017

 

 

Pada Sabtu Sore tanggal (5/8) tahun 2017 Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas secara resmi menutup kembali Agenda Bhakti sebanyak 387 orang Mahasiswa Baru tahun 2017 dengan rincian peserta 254 orang dari ke Profesian Dokter, Psikologi sebanyak 82 orang, dan kebidanan sebanyak 51 orang.Penutupan agenda ini dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB sore sampai selesai di depan Gedung ABCD Fakultas Kedokteran Jati, Padang.

Acara Bhakti ini berlangsung dari tanggal 31 Juli – 2 Agustus di Rektorat Unand Limau Manis dan pada tingkat Fakultas dari tanggal 3 Agustus sampai 5 Agustus 2017.

Penutupan Bhakti oleh Dekan Fk 2017

Dekan menyampaikan agenda yang sudah di susun berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang signifikan di lapangan. Dari semua yang peserta yang hadir cuma ada 1 orang peserta yang di nyatakan dalam kondisi kurang sehat.Tapi, masih bisa mengikuti kegiatan penutupan pelaksanaan Bhakti pada sore tersebut.

Sebelum Penutupan kegiatan Bhakti dilaksanakan Penulis mengutip pesan moral penting dari Dekan Fakultas kedokteran Universitas Andalas DR.dr.Wirsma Arif Harahap, Sp.B ( K ) Onk kepada para mahasiswa baru untuk melaksanakan point-point penting diantara nya mahasiswa baru harus berbudi luhur, mahasiswa baru harus bisa mengembangkan bakat dan kemampuan optimal selama jadi mahasiswa, dan sekaligus ucapan terima kasih kepada Panitia Acara yang sudah melaksanakan kegiatan Bhakti dengan baik. Sebelum pidato di tutup Dekan juga menghimbau kepada seluruh mahasiswa untuk pro aktif dan ikut ambil bagian dalam bentuk kegiatan organisasi yang sesuai dengan minat bakat mahasiswa masing-masing.

Dalam kesempatan sama, Panitia membacakan peserta Bhakti yang terbaik yang mewakili dari masing Prodi yang ada dan sekaligus diberikan ucapan selamat secara langsung oleh Dekan, Wakil Dekan III, Ka Prodi masing-Prodi yang ada di naungan FK Unand 2017. Serta penetapan Komting yang terpilih mewakili masing-masing Prodi yang langsung di berikan ucapan selamat oleh Wakil Dekan III yaitu DR.dr.Netti Suharti M.Kes didepan halaman Gedung ABCD FK Jati Padang. Acara Bhakti ditutup dengan sesi photo bersama antara Unsur pimpinan Fakultas dan jajaran nya, dan segenap civitas Akademika. Acara ini berjalan dengan penuh suka cita.

uCAPAN sELAMAT kEPADA pESERTA tERBAIK 2017

Foto Komting 2017

KLIK

HUMAS DAN MULTIMEDIA FK UNAND

 

 

Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Masuk Bersama Pascasarjana Unand Gelombang III Tahun 2017

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Andalas nomor 3300/XIV/A/Unand/2017 tentang Penetapan Calon Mahasiswa Baru Pascasarjana Universitas Andalas Gelombang III Tahun Akademik 2017/2018. Nama - nama yang tersebut pada lampiran keputusan dinyatakan sebagai Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Amdalas Tahun Akademik 2017/2018.

Untuk pelaksanaan penerimaan selanjutnya, yang bersangkutan harus mendaftar ulang dengan memenuhi segala persyaratan yang telah ditetapkan oleh masing-masing Fakultas dan Program Studi.

Untuk Hasil Seleksi Mahasiswa Baru Pascasarjana Unand bisa didownload pada attachment dibawah ini.

Atau bisa lansung lihat pengumuman di website Pascasarjana klik disini.

- Informasi daftar ulang - Klik disini

- Jadwal Orientasi Mahasiswa baru - Klik disini

Read 280 times
 
Download attachments:

Sumber : unand.ac.id

Klik

Sambutan Dekan di Bhakti 2017

Sebanyak 387 orang Mahasiswa Baru FK Unand mengikuti Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan Dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) pada Kamis (3/8) di Gedung ABCD Fakultas Kedokteran Unand Kampus Jati Padang.

“Kegiatan pengenalan kehidupan ilmiah ini diselenggarakan dalam rangka kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang bertujuan untuk mengenalkan program studi dan program pendidikan, budaya ilmiah, mengembangkan minat dan bakat serta kemandirian mahasiswa. Selain itu juga untuk meningkatkan hubungan antar mahasiswa, staf pengajar dan tenaga kependidikan serta alumni dalam mengembangkan mutu akademik termasuk pengembangan jaringan informasi dan komunikasi dan pembinaan kegiatan kemahasiswaan di perguruan tinggi yang ada di tingkat Fakultas. Hal ini disampaikan oleh Wakil Dekan III yaitu DR.dr.Netty Suharti, M.Kes, di saat memberikan kata sambutan di depan mahasiwa, dosen, tenaga kependidikan dan unsur pimpinan Fakultas.

Sambutan Wakil Dekan III

Acara Bhakti ini berlangsung dari tanggal 31 Juli – 2 Agustus di Rektorat Unand Limau Manis dan pada tingkat Fakultas dari tanggal 3 Agustus sampai 5 Agustus 2017.

Dalam kesempatan kali ini Wakil Dekan III menyampaikan data peserta Bhakti yang mengikuti Bhakti adalah sebanyak 254 orang dari ke Profesian Dokter, Psikologi sebanyak 82 orang, dan kebidanan sebanyak 51 orang.

Rangkaian acara Bhakti terdiri dari pengenalan kehidupan seputar Civitas Akademika, pengenalan cara belajar di kampus FK, pengenalan sarana dan prasarana dan kegiatan organisasi kemahasiswaan.

Sambutan WADEK III ok

Wakil Dekan III menyampaikan kalau kegiatan Bhakti bukan bentuk kegiatan perpeloncoan kepada Senior dan Yunior tetapi kegiatan ke akraban dan silaturahmi ibarat hubungan kakak dengan adik nya di sebuah keluarga.

 

Senior bisa sharing terhadap hal –hal sudah di ketahui kepada adik-adik kelas nya. Sebaliknya Yunior bisa minta bantuan seputar hal pelajaran kepada kakak kelas nya.

Sambutan Dekan Bhakti Maba 2017

Dalam kesempatan sama, dalam kata sambutan Dekan, DR.dr. Wirsma Arif Harahap, Sp.B ( K )Onk disampaikan kegiatan Bhakti bukan kegiatan perpeloncoan antara senior ke yunior, tapi kegiatan yang bersifat positif dan bermanfaat dan ditambahkan oleh Dekan setiap mahasiswa di anjurkan untuk belajar kepada orang-orang yang berpengalaman seperti tokoh-tokoh yang bisa kita jadikan acuan untuk membangkitkan semangat dan potensi yang kita miliki lebih optimal.

Setiap Mahasiswa yang sudah masuk ke Fakultas Kedokteran harus sudah siap untuk membaktikan diri nya ke bidang kesehatan secara khususnya dan ke bidang disiplin ilmu masing-masing sesuai dengan prodi yang sudah di pilih seperti Psikologi, dan Kebidanan yang masih berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran. Dalam kesempatan sama ikut di hadirkan salah seorang Mahasiswa berprestasi untuk motivasi kepada mahasiswa baru 2017. Dan ditutup dengan doa bersama.

Mahasiswa Berprestasi

Tamu dan Para Dosen FK

Selasa, 01 Agustus 2017 16:30

Penambahan Publikasi di Google Scholar

Written by

Google Scholar merupakan salah satu medium untuk menyampaikan informasi mengenai publikasi yang sudah dilakukan oleh ilmuwan (scholar). Ketika membuat akun Google Scholar, secara otomatis Google akan menemukan dokumen elektronik publikasi dan memungkinkan seorang ilmuwan untuk menambahkannya dalam profil publiknya. Namun ada beberapa dokumen elektronik yang tidak terbaca oleh Google. Karenanya diperlukan pekerjaan tambahan dari sisi ilmuwan untuk memasukkan publikasinya.

Penambahan dokumen publikasi ini memberikan peluang kepada penulis lain untuk bisa menyitir publikasi ilmuwan tersebut. Namun sering kali Google tidak menemukan publikasi dengan beragam penyebab. Bisa saja publikasi itu adalah publikasi cetak yang tidak pernah didaringkan. Atau publikasi itu tidak bisa ditemui Google karena aplikasi penyimpannya tidak "berbicara" dengan Google. Masih banyak peluang kejadian lain, sehingga publikasi tidak ditemui oleh Google, dan pada profil di Google Scholar tidak bisa ditampilkan.

Publikasi yang diindeks oleh Scopus, Web of Science, IEEE, DOAJ dan sejenisnya, biasanya sudah langsung ditemukan oleh Google, sehingga tidak diperlukan kerja ekstra dari sisi penulis.

Untuk mengatasi kondisi ini, Google juga memberikan kemudahan bagi ilmuwan dengan menyediakan fasilitas penambahan publikasi secara manual. Berikut adalah langkah yang bisa diikuti untuk keperluan tersebut.

Pertama, dengan menggunakan web browser apapun (Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Microsoft Internet Explorer, Microsoft Edge, dll) kunjungi halaman http://scholar.google.com dan masukkan username serta password yang dipakai untuk membuat akun Google Scholar sebelumnya.

Kedua, pada halaman Google Scholar, klik pada teks "My Citation" di bagian atas.

Ketiga, pada halaman profil klik pada tanda tambah (+) dengan teks "Add" di bawah foto profil, di atas daftar publikasi

Keempat, lihat pada sisi kiri browser dan klik pada teks "Add article manually"

Kelima, pada sisi kanan setelah langkah 4, akan ada dialog untuk menambahkan publikasi berdasarkan jenisnya. Silahkan dilengkapi sesuai dengan data publikasi yang dimiliki dan akhiri dengan menekan tombol "Save" di bagian kanan bawah atau kiri atas.

Dengan melengkapi publikasi yang belum ditemui oleh Google tentunya akan memudahkan penulis lain mengetahui publikasi apa yang sudah ditulis oleh seorang ilmuwan.

Khusus untuk publikasi yang ingin ditemui lengkap dengan dokumen elektroniknya, maka perlu diunggah dokumen elektronik tersebut di lokasi lain. Lokasi dimaksud adalah server apapun yang bisa dibaca oleh Google.

 

Sumber : LPTIK Unand

 

Kepada Mahasiswa/ i Fakultas Kedokteran Universitas Andalas bagi mahasiswa / i yang akan mengikuti Yudisium dan Janji Dokter Muda bisa melihat dan memperhatikan ketentuan nya sebagai berikut:

Silahkan download:

Syarat Yudisium S.Ked

Tatib Yudisium S.Ked dan Janji Dokter Muda

Syarat Yudisium dan Janji Dokter Muda

Janji Dokter Muda

                   

Jumat, 28 Juli 2017 17:58

Pengumuman

Written by

Diberitahukan kepadaseluruh Angkatan 2014-2016 untuk segera menyelesaikan Ketrampilan Klinik.

Untuk informasi lengkap klik PENGUMUMAN KK ok

 

Jumat, 28 Juli 2017 17:19

Yudisium Sarjana Kedokteran Periode IV

Written by

 Yudisium IV FK Unand

Klik

Pada hari Rabu tanggal 26 Juli 2017 telah dilaksanakan momen Yudisium ke IV di Aula FK Unand Jati Padang dengan dihadiri unsur pimpinan Fakultas,Dosen dan peserta Yudisium berjalan dengan hikmat pada pukul 13.00 WIB sampai selesai.

 Yudisium IV Dekan ok

Dalam sambutan Dekan Dr.Wirsma Arif Harahap Sp.B ( K )Onk kata sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas adapun kutipan pesan beliau "Setelah yudisium sarjana kedokteran akan melanjutkan pendidikan Kepaniteraan Klinik dimana mahasiswa tidak belajar lagi di dalam kelas tetapi belajar dilapangan. Selama pendidikan di Kepaniteraan Klinik budayakan senyum dan tegur sapa serta menjaga kehormatan Diri dan Institusi.Untuk janji sarjana kedokteran yang telah diucapkan tadi tolong dipahami dan selalu diingat". Dekan mengingatkan untuk memperhatikan undang-undang kedokteran supaya dalam melakukan tindakan dan pelayan terhadap pasien tidak ada yang dilanggar, dengan terus bersikap ramah, sopan dan santun terhadap pasien antara senior dan junior hubungan nya di jaga baik.

 

Pelaksanaan Yudisium Sarjana Kedokteran Periode IV dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2017 tempat Aula Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, acara ini dihadiri oleh Pimpinan dan Bapak / Ibu Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Adapun lulusan Sarjana Kedokteran pada periode IV ini berjumlah 56 orang Mahasiswa, berikut nama-nama lulusan terbaik yaitu :

NO

No. BP

Nama

IPK

Predikat

Masa Studi

Lulus

Tahun

I

1310311056

IRFAN GHANI NASUTION

3,47

Sangat Memuaskan

3

II

1310311100

NASTASHA MUFTI

3,32

Sangat Memuaskan

3

III

1310311158

SRI RAHMI PUTRI

3,29

Sangat Memuaskan

3