Indonesian English
Berita

Berita (314)

Children categories

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017 (0)

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tarumanegara Medical Competition (TMC) 2017 merupakan suatu acara perlombaan ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, Grogol, Jakarta Barat. Kegiatan ini berada di dalam program kerja tahunan BEM FK Untar. Dan pada tahun ini merupakan ajang kegiatan tahunan yang kedua kali nya di gelar dimulai pada tanggal 2 Juni – 4 Juni tahun 2017 yang di buka langsung oleh Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat berkompetisi dan jiwa sportivitas mahasiswa FK atau rumpun ilmu kesehatan (FKM, Farmasi, dan Keperawatan) di seluruh Indonesia, serta dapat menjadi wadah dalam menuangkan segala ide dan kreasi. Kompetisi ilmiah ini dibagi atas empat cabang lomba, yaitu tinjauan pustaka, poster ilmiah, poster publik, dan fotografi.

Kompetisi Ilmiah Tarumanegara Medical Competition 2017

Tema yang diangkat pada kegiatan TMC 2017 adalah: “The Climate Change: How it Affect Tropical Diseases” dan mendatangkan 5 sampai 10 tim finalis untuk tiap cabang lomba yang berasal dari beberapa Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berhasil mengirimkan satu tim finalis untuk cabang lomba poster ilmiah, yakni Adila Hanna, Dessia Nuraulia Putri, dan Sakinah, semuanya terdiri dari angkatan 2014. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tanggal 2 Juni 2017 hingga 4 Juni 2017. Kedatangan finalis, pembukaan acara, serta technical meeting seluruh tim berlangsung pada tanggal 2 Juni 2017. Seminar nasional dan presentasi babak final diadakan pada tanggal 3 Juni 2017, dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang serta makan bersama pada malam harinya. Keesokan harinya di tanggal 4 Juni 2017, para delegasi pulang ke daerah masing-masing.

 

 

 

Kegiatan utama dalam acara ini adalah presentasi finalis dari tiap cabang lomba, yang diadakan di Gedung Kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. Kegiatan utama lainnya adalah Seminar Nasional yang bertemakan “Tropical Infection - We Know, We Treat, We Prevent”. Materi-materi dalam seminar ini dibawakan oleh Prof.Dr.Herdiman T.Pohan,Sp.PD,KPTI,DTMH, dr Teguh Sarry Hartono,Sp.MK, dr.Joyce Bratanata,Sp.PD, dr.Dollar,S.H,MH,MM, dr Erni J. Nelwan, Sp.PD-KPTI, dr.Wiyarni Pambudi,Sp.A,IBCLC.

Pada kompetisi kali ini, delegasi dari Universitas Andalas masih bisa sampai tahap finalis, belum berhasil menjadi pemenang. Masih diperlukan evaluasi dan persiapan yang lebih matang agar dapat memenangkan kompetisi ilmiah yang diadakan selanjutnya. Oleh karena itu, diharapkan para delegasi Unand dapat melatih calon delegasi berikutnya untuk persiapan perlombaan berikutnya.

untar 5

Dokumentasi : Edwin Destra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

View items...
14 Agustus 2018

 Update Data Absensi Mahasiswa FK Unand 2018

 

Diberitahukan kepada mahasiswa FK Unand bagi yang namanya belum terdaftar di perkuliahan, mohon segera menyelesaikan / memperbaiki kesalahan supaya namanya segera bisa di daftarkan pada kegiatan perkuliahan paling lambat tanggal 15 Agustus 2018.

Demikian disampaikan, agar dapat dilaksanakan.

 

Tertanda 

An. Dekan

 

 

Wakil Dekan I

DR.dr.Rika Susanti, Sp.F

13 Agustus 2018

 

 Image pengumuman untuk berita

Kepada Mahasiswa FK Unand 2017-2018 untuk bahan Panduan dan Buku Penuntun Blok 2.1,3.1,4.1 Bisa di download dari link sebagai berikut :

https://goo.gl/MjFH69

 

Informasi terkait bahan di link bisa di konfirmasi di ICT gedung EF FK.

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2018

Last modified on Senin, 13 Agustus 2018 17:01
10 Agustus 2018

 Image pengumuman untuk berita

Kepada Mahasiswa FK Unand untuk mendownload Buku Panduan Mahasiswa terakit Blok  I.I ( Dasar Profesionalisme Dokter ) bisa di download di link berikut :

http://repo.unand.ac.id/11269/

 

 

Humas dan Multimedia FK Unand 2018

Last modified on Senin, 13 Agustus 2018 17:02
09 Agustus 2018

 

Penetapan Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Andalas Gelombang III Tahun Ajaran 2018/2019.

Nama-nama yang tersebut pada lampiran, dinyatakan lulus sebagai Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Andalas Tahun Akademik 2018/2019. Calon Mahasiswa Baru dapat mengunduh SK dan hasil Seleksi dan biaya pendidikan pada lampiran sebagai berikut:

Selanjutnya bagi Calon Mahasiswa Baru yang dinyatakan lulus dapat mengikuti prosedur pendaftaran ulang dengan rincian sebagai berikut:

  1. PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN

Bagi yang telah ditetapkan sebagai calon mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Andalas Gelombang III Tahun 2018/2019 dapat melakukan pembayaran biaya pendidikan dikantor layanan Bank Syariah Mandiri dimana saja melalui Teller ( dengan menyebutkan nomor peserta dan nama peserta) tanggal 9 Agustus – 10 Agustus 2018. Selanjutnya calon mahasiswa akan mendapatkan slip pembayaran biaya pendidikan dan PIN (6 digit angka) yang akan digunakan untuk registrasi ke http://registrasi.unand.ac.id

  • TATA CARA PEMBAYARAN
    1. Setelah membayar biaya pendidikan pada tanggal 9 Agustus - 10 Agustus 2018, calon mahasiswa mengisi biodata melalui http://registrasi.unand.ac.id dengan memasukkan No. Peserta dan PIN (6 digit) yang telah diperoleh dari Bank Syariah Mandiri
    2. Calon mahasiswa akan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIP) secara otomatis setelah masuk kealamat tersebut.
  • PERHATIAN/JADWAL PENTING
    1. Jika uang telah disetor, kemudian mengundurkan diri dengan berbagai alasan maka uang tidak dapat diminta kembali
    2. Jadwal kegiatan penting
      • Untuk keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di Bagian Akademik Program Pascasarjana Universitas Andalas atau Program Studi

Untuk Informasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut. Klik

Rektor Unand mengucapkan selamat kepada Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Andalas Gelombang III Tahun Akademik 2018/2019.

Panitia Penerimaan

 

Sumber Humas Unand

Last modified on Kamis, 09 Agustus 2018 14:53
08 Agustus 2018

 

Kepala BNPT RI Beri Kuliah Umum pada OPBM dan Bakti Maba Unand 2018

 

Padang (Unand) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teorisme RI Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, SH berikan kuliah umum tentang Resonansi Kebangsaan dan Bahaya serta Pencegahan Radikalisme pada hari kedua Orientasi Proses Belajar Mengajar (OPBM) dan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan Dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) pada Rabu (8/8) di Gedung Auditorium Univeritas Andalas Limau Manis Padang.

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan bahwa mahasiswa baru Unand perlu dibekali pemahaman tentang bahaya radikalisme agar tidak salah memahami apa yang dimaksud dengan makna radikal. Oleh karena itu, pada OPBM dan Bakti tahun ini Unand mengundang Kepala BNPT RI untuk langsung memberikan kuliah umum.

Rektor juga mengatakan bahwa BNPT RI telah berhasil mencegah peningkatan terorisme dengan melalui pendekatan soft approach dan dapat menyentuh hati mantan terorisme untuk dapat mencintai NKRI dan dapat merangkul masyarakat untuk tidak memandang sebelah mata pada mantan teroris.

Rektor menegaskan bahwa mahasiswa yang memiliki pemikiran radikal tidak bisa kuliah di Universitas Andalas karena dapat merusak diri sendiri dan keutuhan bangsa.

Usai sambutan rektor,  Komjen Pol Drs. H. Suhardi Alius, SH memberikan kuliah umum di hadapan 5825 mahasiswa baru yang terdiri dari program sarjana dan diploma serta kegiatan ini juga dihadiri oleh jajaran pimpinan kampus Universitas Andalas.

Kepala BNPT RI mengatakan bahwa radikalisme adalah anti Pancasila, anti Undang-Undang Dasar 1945, dan NKRI. 

“Oleh karena itu, kita harus dapat mengidentifikasi lingkungan baik itu di isu global, regional dan nasional,” ujarnya.

Beliau menjelaskan bahwa perlu peran univeristas untuk mencegah munculnya pemahaman radikalisme, diantaranya peran civitas akademika yaitu harus mempunyai sense of crisis dalam semua aspek, punya naluri kebangsaan dalam merespon dinamika masyarakat, peka terhadap lingkungan dan memiliki kemampuan untuk menganalisa dampaknya serta dapat menjadi agen perubahan.

Kepala BNPT RI menegaskan kepada mahasiswa baru bahwa untuk mencapai tujuan hidup yang hakiki adalah orang-orang yang mempunyai knowledge, skill, dan moral. 

”Jangan menjadi penonton saja, tetapi ikut ambil peran, dengan menerapkan knowledge, skill, dan moral itu. Jika negara ini hanya ada orang yang pintar tetapi tidak bermoral, maka negara ini akan hancur,” tegasnya.

Beliau melanjutkan siapa pun kita, apapun profesi kita harus integritas serta konsisten baik dalam ucapan maupun perbuatan.  

Beberapa menit sebelum kuliah umum usai, ditayangkan video perenungan dan keberhasilan BNPT RI dalam pencegahan terorisme di Indoneisa dengan pendekatan soft approach seperti telah membangun masjid dan TPA Baitul Muttaqien di kampung halaman terpidana mati kasus terorisme bom Bali I, Amrozi yang terletak di Desa Tenggulun, Solokuro, Lamongan, Jawa Timur dan membangun masjid serta ruang kelas Pondok Pesantren Al-Hidayah dimana pendiri pondok pesantren tersebut adalah Khoirul Ghazali. Ia merupakan mantan narapidana terorisme kasus perampokan Bank CIMB Niaga Medan.

Selanjutnya, Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, SH mengajak mahasiswa baru Unand untuk menyanyikan bersama-sama lagu ”Berkibarlah Bendera Negeriku”.

 

Sumber : Humas Unand 

 

Last modified on Rabu, 08 Agustus 2018 17:37
02 Agustus 2018

Mahasiswa Jalur SMMPTN Unand Ikuti Pelatihan Karakter Andalasian

Padang (Unand) - Mahasiswa Baru Universitas Andalas jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2018 mengikuti Pelatihan Karakter Andalasian pada Rabu (01/08) di Gedung Auditorium Universitas Andalas Kampus Unand Limau Manih Padang. 

“Pelatihan ini berlangsung selama dua hari (1-2/8) diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Universitas Andalas yang diterima melalui jalur SMMPTN dengan  nomor Buku Pokok (BP) Ganjil,” kata ketua tim trainer karakter andalasian Ir. Henmaidi, Ph. D.

Ini merupakan gelombang kelima dalam pelatihan karakter andalasian, untuk gelombang terakhir akan dilaksanakan pada jumat-sabtu mendatang bagi mahasiswa SMMPTN yang memiliki no BP Genap.

Dikatakannya gelombang I dan II diperuntukan bagi mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN, gelombang III dan IV untuk jalur SBMPTN dan gelombang V dan VI untuk jalur Mandiri. Setiap gelombang, pelatihan dilaksanakan selama 2 hari.

Untuk trainer Karakter Andalasian ini berasal dari dosen-dosen Universitas Andalas yang juga telah berkompeten dibidangnya dan di bantu oleh asisten trainer dari mahasiswa.

Setelah pelatihan ini mahasiswa baru akan mengikuti pelatihan pemantapan wawasan kebangsaan dan test TOEFL serta BAKTI.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Tafdil Husni, SE, MBA mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah lulus melalui jalur SMMPTN dan telah menyelesaikan proses pendaftaran ulangnya kemarin.

Lebih lanjut ia mengatakan mahasiswa yang lulus di Universitas Andalas merupakan mahasiswa-mahasiswa pilihan, karena lebih dari 40.000 lebih calon mahasiswa yang mendaftar di Universitas Andalas hanya sekitar 5.500 mahasiswa yang akan diterima untuk program Diploma dan Sarjana.

Untuk itu ia meminta kepada setiap mahasiswa agar tidak mengecewakan orang tua.  “Bahagiakanlah orang tua dengan prestasi baik akademik maupun non akademik dan dapat menyelesaikan pendidikannya tepat waktu,” ujarnya.

Ia menekannkan agar dapat menyelesaikan pendidikan dengan tepat waktu dan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang berkualitas artinya diatas di atas 3.0 tetapi tetap dengan menyeimbangkan akademik dan organisasi,” ujarnya. 

Ia mengatakan tujuan diadakan Karakter Andalasian agar mahasiswa Unand mempunyai karakter serta membentuk watak dan kepribadian yang digunakan untuk berfikir, bersikap, bertindak dan mengambil keputusan didalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya akan banyak pengetahuan dan ilmu yang akan diberikan oleh tim trainer Karakter Andalasian.

 

Sumber : Humas Unand

 

02 Agustus 2018

Rektor Lantik Wakil Dekan Farmasi Unand

 

Padang (Unand) – Rektor Unand, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA  melantik Wakil Dekan Fakultas Farmasi dalam acara Pelantikan, Pengambilan Sumpah dan Serah Terima Jabatan Wakil Dekan I, II, dan III Fakultas Farmasi Universitas Andalas pada (31/7) di ruang rapat senat Gedung Rektorat Lantai 4 Universitas Andalas. 

Dalam acara tersebut turut hadir anggota Majelis Guru Besar, anggota Senat, Ketua Lembaga, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro beserta pejabat struktural dan Ibu-ibu Dharma Wanita dan Sub Unit di Lingkungan Universitas Andalas.

Pejabat lama Wakil Dekan I Fakultas Farmasi Prof. Dr. Almahdy,  Apt digantikan oleh Dr. Febriyenti, M.Si, Apt, Jabatan Wakil Dekan II Pejabat lama Prof. Dr. Henny Lusida, Apt digantikan oleh Dr. Erizal, M.Si, Apt, sedangkan jabatan Wakil Dekan III Dr. Erizal, M.Si, Apt digantikan oleh Dr. (Clin Pharm) Dedy Almasdry, M, Si, Apt

Acara Penandatanganan Naskah Serah Terima Jabatan disaksikan oleh Rektor Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA, Wakil Rektor II Prof. Dr. Syafrizal, Sy, dan Wakil Rektor III Prof. Dr.Ir. Hermansah, MS. MSc 

Selain itu, Prof. Dr. Almahdy, Apt dan Prof, Dr. Henny Lusida, Apt selaku pejabat lama menerima  piagam penghargaan dan terima kasih yang diserahkan langsung oleh Rektor. 

Rektor Unand Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA, mengucapkan selamat kepada pejabat baru yang baru dilantik, semoga dapat mengemban amanah dan bersinergi dalam mengembangkan institusi Unand dan mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama atas dedikasinya selama ini.   

Usai acara pelantikan, Rektor, Wakil Rektor, beserta Ibu, Para Anggota Senat, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro dan unsur pimpinan lainnya di lingkungan Universitas Andalas memberikan salam  selamat dan terima kasih kepada Pejabat Baru dan pejabat lama.

 

Sumber : Humas Unand

02 Agustus 2018

Hasil Seleksi Diploma III (D3) dan Intake D3 Fakultas Ekonomi Tahun 2018

 

Sesuai dengan pengumuman hasil seleksi ujian masuk mahasiswa baru Program Diploma III dan S1 intake DIII Fakultas Ekonomi Universitas Andalas di http://pengumuman.pmb.unand.ac.id/

https://bit.ly/2AyzTvP

 

Sumber : Humas Unand

Last modified on Kamis, 02 Agustus 2018 16:33