Indonesian English
Items filtered by date: Juli 2017
31 Juli 2017 In Informasi

 

Kepada Mahasiswa/ i Fakultas Kedokteran Universitas Andalas bagi mahasiswa / i yang akan mengikuti Yudisium dan Janji Dokter Muda bisa melihat dan memperhatikan ketentuan nya sebagai berikut:

Silahkan download:

Syarat Yudisium S.Ked

Tatib Yudisium S.Ked dan Janji Dokter Muda

Syarat Yudisium dan Janji Dokter Muda

Janji Dokter Muda

                   

28 Juli 2017 In Informasi

Diberitahukan kepadaseluruh Angkatan 2014-2016 untuk segera menyelesaikan Ketrampilan Klinik.

Untuk informasi lengkap klik PENGUMUMAN KK ok

 

28 Juli 2017 In Berita

 Yudisium IV FK Unand

Klik

Pada hari Rabu tanggal 26 Juli 2017 telah dilaksanakan momen Yudisium ke IV di Aula FK Unand Jati Padang dengan dihadiri unsur pimpinan Fakultas,Dosen dan peserta Yudisium berjalan dengan hikmat pada pukul 13.00 WIB sampai selesai.

 Yudisium IV Dekan ok

Dalam sambutan Dekan Dr.Wirsma Arif Harahap Sp.B ( K )Onk kata sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas adapun kutipan pesan beliau "Setelah yudisium sarjana kedokteran akan melanjutkan pendidikan Kepaniteraan Klinik dimana mahasiswa tidak belajar lagi di dalam kelas tetapi belajar dilapangan. Selama pendidikan di Kepaniteraan Klinik budayakan senyum dan tegur sapa serta menjaga kehormatan Diri dan Institusi.Untuk janji sarjana kedokteran yang telah diucapkan tadi tolong dipahami dan selalu diingat". Dekan mengingatkan untuk memperhatikan undang-undang kedokteran supaya dalam melakukan tindakan dan pelayan terhadap pasien tidak ada yang dilanggar, dengan terus bersikap ramah, sopan dan santun terhadap pasien antara senior dan junior hubungan nya di jaga baik.

 

Pelaksanaan Yudisium Sarjana Kedokteran Periode IV dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2017 tempat Aula Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, acara ini dihadiri oleh Pimpinan dan Bapak / Ibu Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Adapun lulusan Sarjana Kedokteran pada periode IV ini berjumlah 56 orang Mahasiswa, berikut nama-nama lulusan terbaik yaitu :

NO

No. BP

Nama

IPK

Predikat

Masa Studi

Lulus

Tahun

I

1310311056

IRFAN GHANI NASUTION

3,47

Sangat Memuaskan

3

II

1310311100

NASTASHA MUFTI

3,32

Sangat Memuaskan

3

III

1310311158

SRI RAHMI PUTRI

3,29

Sangat Memuaskan

3

28 Juli 2017 In Berita

dr.Susmiati Ujian terbuka

Pada hari Rabu, Pukul 09.00 WIB pada gedung IJ Fakultas kedokteran Universitas Andalas, dr Susmiati telah berhasil mempertahankan disertasi nya di depan penguji dengan judul disertasi “ Hubungan Antara Polimorfisme Gen Fat Mass Obesity Associated ( FTO) rs 9939609, Asupan makanan, Aktifitas Fisik dan Mikrobiota Usus dengan Obesitas Pada Remaja” di depan penguji : Prof.dr. Fadil Oenzil PhD,SpGK,Prof.Dr.dr.Nasrul Zubir SpPD,KGEH,Prof.Dr.dr.Eryati Darwin,PA (K),Prof.drh.Endang Purwanti RN PhD, dan dosen Undangan Prof.dr. Fasli Jalal PhD,Sp.GK, serta undangan akademik .

Kesimpulan dari Riset ini adalah Polimorfisme FTO rs 9939609 berhubungan dengan obesitas pada remaja etnis minangkabau, dimana subjek dengan genotip AA akan berisiko obesitas sebesar 4.67 di banding dengan genotip TT. Hubungan ini dipengaruhi oleh asupan makanan (rendah energy, rendah karbohidrat, tinggi lemak, rendah serat, serta tinggi asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh), tingkat aktifitas fisik yang rendah dan jumlah Lactobacillus ruminis yang rendah. Saran Peneliti adalah perlu dilakukan Scrinning gen FTO rs 9939609 sehingga dapat diketahui besar nya resiko obesitas pada remaja. Pada peneliti selanjutnya perlu pemeriksaan identifikasi kadar hormon ghrelin dan leptin, Analisis Short Chain Fatty Acid (SCFA) pada feses, untuk mengetahui ekstra energi yang dihasilkan dari microbiota usus, serta identifikasi spesies mikrobiota berdasarkan metode Next Generation Sequencing sehingga semua spesies mikrobiota usus dapat terdeteksi. Pola gizi seimbang dan pola hidup sehat perlu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari kata dr Susmiati menambahkan dalam wawancara secara langsung bersama Humas FK Unand Sdr. Pebriyantoson.

Sambutan WD I Oke

Dalam sambutan Wakil Dekan I yaitu DR.dr. Rika Susanti, Sp.F menyampaikan pesan agar penelitian ini tetap berlanjut dan bisa masuk ke jurnal Internasional terindeks Scopus, Novelty dari penelitian ini di harapkan bisa di publikasikan, di seminarkan, dan bahkan di patenkan. Wakil Dekan menyampaikan selamat atas keberhasilan dr. Susmiati jadi Doktor baru dan di harapkan ilmu nya bisa dimanfaatkan ke Instansi tempat bertugas dan bermanfaat bagi manusia. Doktor Susmiati berhasil jadi Doktor dengan Yudisium dengan Pujian cukup di banggakan oleh Wakil Dekan selaku Pimpinan Fakultas dengan lama studi 3,8 tahun dengan IPK 4. Karena prestasi yang diraih patut kita kembangkan dan kita juga tiru dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga ilmu yang di dapat bisa bermanfaat dan di amalkan.

foto bersama keluarga tercinta dr Susmiati ok