Indonesian English

Patologi Anatomi

Sejarah

Bagian Patologi Anatomi FK-UNAND dirintis pendiriannya oleh dr. Oey Hok Kim pada tahun 1961, yang waktu itu masih berstatus wamil dan bertugas di Rumah Sakit Kodam III Padang. Bagian ini kemudian dikembangkan menjadi Lembaga Patologi FK-UNAND pada tanggal 30 Juni 1965 dengan Kepala Bagian pertamanya adalah dr. Oey Hok Kim (Wijaya Hakim). Beliau diangkat menjadi Guru Besar pada tahun 1967 dan tetap memimpin Bagian ini sampai masa pensiunnya tahun 1988.

Termasuk sebagai Staf perintis Bagian Patologi Anatomi FK-UNAND adalah dr.Yusril, dr. Hari Purnomo, dr. Zainal Hakim, dr.Asri Todo, dr.Firdaus Iskandar, dr.Bustami Bey, dr.Ali Umar Hamzah, dr.Rusydi Abbas, dr.Muhammad Din. Kemudian dalam pengembangannya diterima angkatan ke-2 yaitu pada era tahun 1970-an, yakni dr. Salmiah Agus, dr.R Z Nizar (pindahan dari Bagian PA FK-UNPAD Bandung) dan dr. Esther H Mashuri.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, perlu dilakukan peningkatan kualitas Staf Bagian, maka usaha untuk itu adalah mengirim Staf Pengajar keberbagai tempat pendidikan. Dr.Asri Todo dikirim ke FK-UI Jakarta tahun 1973 dan mendapatkan Brevetnya tahun 1976, beliau juga mendapatkan kesempatan belajar ke Belanda. Dr. RZ Nizar dikirim ke Singapura tahun 1975 dan dr. Ali Umar Hamzah dikirim ke Semarang tahun 1976, disusul kemudian oleh dr. Muhammad Din dan Dr. Salmiah Agus ke Semarang tahun 1980 dan dr.Esther H Mashuri dikirim ke Singapura tahun 1981.

Kaderisasi berikutnya telah diterima dr. Grace Wijawa Hakim sebagai Staf Pengajar muda pada tahun 1985 dan dikirim ke FK-USU Medan untuk pengambilan Brevetnya, namun kemudian beliau mengundurkan diri. Pada tahun 1999, dr Aswiyanti Asri diterima sebagai Staf Pengajar dan melanjutkan Pendidikan S2 dan Spesialis-1 PA di FK-UNDIP Semarang mulai tahun 2000, dan tahun 2005 telah aktif kembali sebagai staf pengajar. Pada tahun 2002 dr. Yenita dan dr Noza Hilbertina diterima sebagai Staf Pengajar, tahun 2005 diterima kembali staf pengajar baru untuk kaderisasi yaitu dr. Henny Mulyani dan dr. Tofrizal. Keempat staf muda tersebut saat ini sedang melanjutkan pendidikan Spesialis-1 PA di Fakultas Kedokteran UNAND yang saat ini masih diampu oleh Fakultas Kedokteran USU Medan dan S2 Biomedik di Fakultas Kedokteran UNAND.

Pengembangan Bagian Patologi Anatomi

Pada awal tahun 2005 Bagian Patologi Anatomi FK UNAND diusulkan untuk menjadi salah satu Sentra Pendidikan Dokter Spesialis-1 oleh Kolegium Patologi Anatomi.

Pada tanggal 7 September 2005, diadakan penanda tanganan MOU Kerjasama antara FK-USU sebagai pengampu dan FK-UNAND, dalam menindak lanjuti pembukaan Bagian Patologi Anatomi FK UNAND sebagai salah satu Sentra Pendidikan Dokter Spesialis Patologi Anatomi.

Pada bulan Juli 2006, Bagian ini mulai menerima 2 orang peserta didik dan bertambah dua orang lagi pada 6 bulan berikutnya. Dalam pelaksanaan Program Pendidikan Dokter Spesialis ini, maka Bagian Patologi Anatomi FK-USU telah membimbing peserta didik dengan mendatangkan Staf Pengajarnya beberapa kali ke kota Padang, begitu juga adanya sharing ilmu dan pengalaman diantara sesama staf pengajar.

Peserta didik juga dikirim untuk mengikuti kursus histopatologi yang diadakan regular 2 kali dalam setahun yang selenggarakan oleh kerjasama antara Kolegium Patologi Anatomi dengan IAP-Divisi Indonesia yang bertempat di Bagian Patologi Anatomi FK-UI di Jakarta.

Selain itu, peserta didik juga dikirim untuk mengikuti Basic Course of FNAC di Bagian Patologi Anatomi FK UNAIR di Surabaya, kursus Biologi Molekuler di FK UGM di Yokyakarta, kursus Imunohistokimia di FK UI Jakarta. Hal tersebut dilakukan semata agar peserta didik di FK UNAND memiliki kemampuan yang sama dengan peserta didik dari sentra pendidikan lainnya. Staf pengajar pun terus mengikuti kursus-kursus Patologi Anatomi yang diselenggarakan oleh perkumpulan profesi untuk dapat memperkaya pengalaman.

Pengembangan sarana dan prasarana pun dilakukan demi maksimalnya suasana pendidikan. Kerjasama dengan Rumah Sakit jejaring diintesifkan. Instalasi Patologi Anatomi RSUP M Jamil di Padang dan RS Ahmad Mukhtar di Bukit Tinggi merupakan tempat belajar peserta didik disamping Laboratorium Patologi Anatomi yang ada di Fakultas Kedokteran UNAND.

Selain fasilitas yang telah dimiliki di Bagian Patologi Anatomi, adanya perubahan paradigma pendidikan kedokteran menuju KBK, membawa perubahan yang berdampak sangat baik terhadap suasana akademik di bagian ini. Adanya fasilitas Hot Spot yang dapat diakses semua staf dan PPDS PA sangat memperluas wawasan. Fasilitas ini dapat diakses melalui laptop yang sudah terdaftar ataupun melalui komputer bagian yang sudah dipasang jaringan internet. Website FK.Unand yang baru di’launching” pada bulan September 2008 ini menambah satu lagi sumber pembelajaran melalui dunia maya dengan ketersediaan e-learning dan e-book yang dapat didownload secara gratis. Bagian PA juga memiliki perpustakaan tersendiri, dengan judul buku yang semakin ditingkatkan setiap tahunnya.

Untuk Instalasi Patologi Anatomi di RSUP M Jamil, telah memiliki peralatan laboratorium Patologi Anatomi yang modern dan automatic. Dengan ruangan yang luas dan peralatan yang modern sangat membantu dalam kelancaran pelayanan dan pendidikan. Direncanakan pengembangan pemeriksaan imunohistokimia untuk tahun 2009 dengan mengirimkan tenaga dokter dan tekhnisi untuk mengikuti pelatihan di Departemen Patologi Anatomi FKUI, disertai pengadaan alat dan reagen untuk imunohistokimia. Ditunjuknya RSUP Dr M. Jamil Padang sebagai Rumah Sakit World Class Hospital sangat menunjang rencana ini, sehingga diharapkan kedepannya fasilitas di SMF Patologi Anatomi RSUP M Jamil Padang dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk kegiatan pelayanan tetapi juga pendidikan dan penelitian, terutama pendidikan spesialisasi Patologi Anatomi.

Bagian Patologi Anatomi terus berbenah diri demi kesempurnaan pelaksanaan pendidikan. Pada tahun 2008, Program Pendidikan Dokter Spesialis Patologi Anatomi FK UNAND, mendapatkan Rekomendasi dari pengampu yaitu Bagian Patologi Anatomi FK USU, untuk dapat lepas sebagai Sentra Pendidikan Dokter Spesialis Patologi Anatomi yang mandiri. Untuk itu pada tahun 2008 ini PPDS Patologi Anatomi FK.Unand sudah menerima 2 orang residen yaitu Dr Laila Isra dan Dr Loli Devianti melalui jalur yang sama dengan penerimaan PPDS lain di FK.Unand.

Read 696 times