Indonesian English

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Sejarah

Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) pertama kali berdiri di FK Unand pada tahun 1967 dengan kepala bagiannya yang pertama adalah dr. Hari Purnomo, dan dibantu oleh 2 orang staf yaitu dr. Bastian Manalu dan dr. Sabaruddin Abbas. Kemudian masuk dr. Zulkarnain Agus dan dr. Faisal R. Djamal.

Dalam perjalanannya, staf IKM bertambah dengan masuknya dr. Saidal Bahauddin yang semula staf bagian Fisika Kedokteran ke bagian IKM. Begitu juga dr. Azwar Idris, pindah dari bagian Histologi dan dr. Nadra B. Azwar dari bagian Patologi Klinik ke Bagian IKM. Staf bagian IKM kemudian bertambah lagi dengan masuknya dr. Luknis Sabri, dr. Hafni Bachtiar, dr. Edison, dr. Suhasyril dan selanjutnya dengan keberadaan staf IKM seperti saat ini.

Guru Besar pertama bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat FK Unand adalah Prof. Dr. Sabaruddin Abbas, MPH, kemudian diikuti oleh Prof. Dr. Faisal R. Djamal, MPH dan pada tahun 2010 dikukuhkan lagi seorang Guru Besar di Bagian IKM yaitu Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, MKes.

 

Saat ini staf pengajar Bagian IKM terdiri dari 11 orang.

  • Guru Besar Bagian IKM yaitu Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, MKes.
  • Satu orang dosen gelar doktor yaitu : Dr. dr. Rosfita Rasyid, MKes yang merupakan lulusan Pascasarjana Universitas Indonesia, bergabung di bagian IKM tahun 2011.
  • Sementara itu ada 5 orang staf IKM yang sedang dalam pendidikan S3 di dalam dan luar negeri, yaitu dr. Edison, MPH (Unand), dr. Yuniar Lestari, MKes (Unand), dr. Rima Semiarty, MARS (Unand), dr. Firdawati, MKes (UKM, Malaysia), dr. Husna Yetti (Jepang).
  • Dua orang staf IKM sedang dalam pendidikan S2, yaitu dr. Ida R. Burhan ( Unand ), dr. Nelmi Silvia (FK UI).
  • Satu orang staf baru masuk bagian IKM tahun 2011 yaitu Abdiana, SKM, M.Epid.
  • Satu orang dosen luar biasa gelar doktor yaitu : Dr. dr. Hafni Bachtiar, MPH yang merupakan lulusan Pascasarjana Unair

Kegiatan Pendidikan di Bagian IKM

Kegiatan pendidikan terhadap mahasiswa untuk tahap pre klinik saat ini sudah tersebar dan terintegrasi ke dalam 21 blok. Sedangkan kegiatan pendidikan untuk mahasiswa tahap klinik (profesi), bagian IKM melaksanakan kegiatan preceptor ship selama 4 minggu di kampus dan di luar kampus. Proses pendidikan di luar kampus dilaksanakan di 4 puskesmas di Kota Padang yaitu Puskesmas Andalas, Puskesmas Pauh, Puskesmas Ambacang Kuranji dan Puskesmas Lubuk Kilangan. Selain melaksanakan proses belajar tentang manajemen pelayanan kesehatan, mahasiswa di puskesmas juga terlibat dalam pelaksanaan program Puskesmas serta melakukan perencanaan pemecahan masalah yang ditemukan di puskesmas sebagai bentuk pengalaman belajar. Di samping itu ada juga praktek hiperkes yang dilakukan di PT Semen Padang.

Kegiatan Lain Bagian IKM

Bagian IKM dan staf IKM juga bermitra dengan institusi lain seperti :

  • Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat dalam hal penelitian, pengabdian masyarakat dan perencanaan bidang kesehatan
  • Dinkes Padang dalam penelitian, pengabdian masyarakat dan evaluasi Indikator Padang Sehat
  • Kerjasama dengan Pemda Pasaman dalam penyusuna Grand Design bidang Kesehatan
  • Kerjasama penelitian dengan FK UGM
  • Anggota Badan Kerjasama IKM/IKP/IKK Fakultas kedokteran se Indonesia

 

Read 758 times