Indonesian English

Ilmu Gizi

Sejarah

Bagian Ilmu Gizi didirikan tahun 1980 oleh dr. Zulkarnaen Agus, MPH, MSc, yang sebelumnya merupakan Sub Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pendirian Bagian ini diawali dengan 1 orang staf Bagian yang langsung menjadi Kepala Bagian, yang dikukuhkan dengan SK Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Sejak bulan Mei 1999 Ketua Bagian dijabat oleh DR.Dr. Masrul, MSc,SpGK. Pada tahun 2004 hingga tahun 2010 ini Bagian Ilmu Gizi diketuai oleh Prof.Dr. Nur Indraty lipoeto, PhD dan Sekretasis Dr.dr. Delmi Sulastri, MS,SpGK. Tahun 2011 bagian Ilmu Gizi dikepalai oleh Dr.dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK.

Pada saat ini staf bagian Ilmu Gizi adalah dr Zulkarnain Agus, MPH MSc, Prof dr Fasli Jalal, PhD, Dr dr Masrul, Prof dr Nur Indrawaty Liputo, PhD, Dr.dr Delmi Sulastri, MS, dr Ulya Uti Fasrini, dr Desmawati. Secara umum ilmu gizi mencakup ilmu gizi masyarakat dar i lmu Gizi Klinik. Sesuai dengan perkembangan Ilmu Gizi dan masalah Gizi yang di hadiri semakin rumit, sebagai contoh bidang nutrigenomik, ilmu gizi klinik yang telah berkembang demikian luas, sehingga Bagian Gizi masih membutuhkan Staf sekurang-kurangnya 5 orang lagi dari berbagai disiplin ilmu yang terkait dengan Gizi.

Untuk meningkatkan kualiatas staf pengajar di bagan gizi, saat ini sedang giat-giatnya melakukan penelitian, presentasi ilmiah, baik di seminar maupun publikasi media kedokteran dan mengikuti berbagai word shop di dalam maupun di luar negeri. Dalam hal partisipasi ilmiah baik sebagai penyaji ataupun peserta bagian gizi termasuk produktif, tercatat lebih dari 50 seminar di ikuti sebagai penyaji dalam dan luar negeri dan lebih dari 30 judul publikasi ilmiah dalam dan luar negeri yang telah dilakukan oleh staf pengajar bagian gizi ini.

Bagian Gizi FK-Unand adalah Bagian Gizi yang pertama di lingkungan FK Negeri setelah FKUI. Oleh karena sejak awal sudah terlihat dan mendapatkan kepercayaan dalam berbagai kegiatan / program gizi secara nasional, terutama dalam penelitian, baik penelitian yang multidisipliner ataupun penelitian multisenter. Dalam kaitan ini, kerja sama yang intens telah dilakukan dengan BKKBN, Depkes RI, WHO,JICA, Hellen Keller Internasional (HK), The Japan Foundation dan lain-lain. Staf bagian gizi termasuk staf yang cukup aktif meneliti, dalam lima tahun terakhir bidang penelitian telah merambah tidak hanya bidang gizi masyarakat tapi juga bidang gizi klinik dan nutrigenomik.

 

Prestasi yang pernah diperoleh antara lain :

1. Pada tahun 1997 Bagian Gizi FK-Unand mendapat kepercayaan dari LIPI melaksanakan Pra Widyakarta Gizi Nasional di Padang.

2. Studi pemetaan GAKY di propinsi ( Aceh , Sumatera Utara, Sumatera Barat dan    Riau ) pada tahun 1997-1998.

3. Kepala Bagian Gizi di percayakan untuk :

 

Menjadi konsultan BAPPENAS dalam penyusunan buku studi evaluasi dampak nasional PMT-AS, 1998.
Dipercayakan menjadi konsultan dan Tim Panel Studi Evaluasi Dampak PMT-AS, 1999.
Anggota Tim Konsultan Bappenas untuk studi SC3CB propinsi Sumatera Barat, tahun 1998.
Menjadi Pembina Risbinkes (Depkes) untuk wilayah Sumbar, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

4. Melaksanakan studi Multisenter yang bersifat nasional di antaranya :

Studi evaluasi Kinerja Posyandu, bersama UNAIR dan UNHAS (Unicef).
Studi kualitastive tentang Posyandu bekerjasama dengan UNHAS (JICA) (2000).
Studi Surveilance Gizi dan kesehatan bekerjasama dengan HKI (1998 – 1999).
Pemetaan GAKY Nasional untuk 4 orang (1998 dan 2004).2

5. Melaksanakan penelitian kerjasama dengan Dept of Science of Phillipine dan Dept of Nutrition and Dietetics, Universiti Putra Malaysia dengan biaya dari The Japan Foundation (2008/2009)

6. Melaksanakan penelitian kerjasama dengan University of Sheffield di Inggris (2010-2012)

7. Penelitian nutrigenomik tentang hubungan konsumsi zat gizi dengan beberapa penyakit kronis. Pada tahun 2009 hingga saat ini Dr.dr Delmi Sulastri dkk meneliti ekspresi gen pada penyakit hipertensi dan hubungannya dengan pola makan pada masyarakat Minang

8. Studi potensi protektif makanan Minang yang kaya antioksidan flavonoid terhadap peneyakit kronik, baik studi epidemiologi dan juga eksperimental.

 

Staf Pendidik

  1. Prof.Dr. Nur Indrawati Lipoeto, M.Sc, PhD
  2. Dr. H. Zulkarnain Agus, MPH, M.Sc
  3. DR.dr. Masrul, M.Sc
  4. Dr. Delmi Sulastri, MS.
  5. Dr. Ulya Uti Fasrini
  6. Dr. Desmawati
Read 523 times