Indonesian English
Items filtered by date: Oktober 2016
06 Oktober 2016 In Profil

Kompetensi Utama :

(1) memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang teori ekonomi,

(2) mampu berfikir secara logis dan analitis untuk mengaplikasi  ilmu ekonomi di berbagai bidang dan permasalahan ekonomi,

(3) dapat mengembangkan potensi diri secara mandiri dalam profesi yang digeluti.

Kompetensi Pendukung :

Memiliki soft-skill yang memadai untuk pengembangan diri, memasuki dunia kerja dan berinteraksi dengan komunitas bisnis dan sosial.

 

06 Oktober 2016 In Profil

Ketua : Marzuki, Dr. techn.
Sekretaris : Muldarisnur, Dr. rer. nat.
Kaprodi S1 : Mutya Vonnisa, M.Sc.
Kaprodi S2 : Dahyunir Dahlan, Dr.
Ketua GKM S1 : Elistia Liza Namigo, M.Si.
Ketua GKM S2 : Elvaswer, Dr.
Kepala Lab. Elektronika &Instrumentasi : Wildian, M.Si.
Kepala Lab. Fisika Atom & Inti : Dian Milvita, M.Si.
Kepala Lab. Fisika Bumi : Arif Budiman, M.Si
Kepala Lab. Fisika Material : Astutui, M.Si
Kepala Lab. Komputer : Afdal, M.Si
     
03 Oktober 2016 In Profil

Visi Prodi S1 Fisika :

“Menjadi Program Studi Fisika yang Bereputasi di Kawasan ASEAN untuk Kejayaan Bangsa pada tahun 2028”

 

Misi

Sesuai dengan visi di atas, Program Studi S1 Fisika merumuskan misi yang perlu dipedomani oleh seluruh civitas akademika dalam melakukan aktivitas akademis sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan ilmu fisika yang bereputasi di kawasan ASEAN.
  2. Mengembangkan ilmu fisika melalui penelitian yang bermutu internasional , orisinil, inovatif, teruji, berdaya saing dan berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bermanfaat bagi umat manusia.
  3. Mendukung peningkatan daya saing bangsa Indonesia melalui pemanfaatan ilmu dan hasil penelitian fisika kepada masyarakat.

Tujuan

Sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan bersama, tujuan yang ingin dicapai oleh Program S1 Fisika adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkompeten, bermoral baik, berkarakter kuat, berjiwa kepemimpinan, dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan IPTEK dan masalah yang dihadapi masyarakat, sehingga mampu bersaing secara global dalam dunia kerja dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  2. Mengembangkan dan memanfaatkan IPTEK untuk mendukung kemandirian bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengembangan sumberdaya akademik.

Meningkatkan percepatan implementasi hasil penelitian dan transformasi ilmu pengetahuan kepada masyarakat.

03 Oktober 2016 In Profil

Terbentuknya Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Andalas berawal dari sekelompok dosen di FMIPA yang bertugas memberikan kuliah layanan mata kuliah Fisika Dasar untuk program-program studi lain di Universitas Andalas. Pada tahun 1970 dibentuklah suatu wadah bagi kelompok dosen tersebut yang dikenal dengan nama Servis Fisika dengan Ir. Amarhud Ahmad sebagai Ketua Servis. Setelah 26 tahun menjadi Servis Fisika, pada tahun 1996 Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas berdiri sebagai sebuah jurusan yang utuh dengan dr. Farida Ilyas sebagai Ketua Jurusan. Secara resmi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas berdiri pada tanggal 5 Maret 1996 berdasarkan S.K. Mendikbud No. 59/Dikti/Kep./1996 dan merupakan jurusan kelima yang ada di FMIPA Universitas Andalas.

Jurusan Fisika pertama kali menerima mahasiswa baru program sarjana pada tahun akademik 1996/1997 melalui jalur PMDK. Sejak tahun akademik 1997/1998 penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui dua jalur, yaitu PMDK dan SPMB/SNMPTN. Jurusan Fisika berhasil meluluskan mahasiswa program sarjana pertama kali pada tanggal 22 Januari 2001 yang diwisuda pada bulan April 2001.

Pada tahun 2004 Jurusan Fisika berhasil memperoleh Akreditasi B (baik) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Mulai tahun akademik 2005/2006 Jurusan Fisika juga menyelenggarakan Program Studi Fisika untuk Kelas Reguler Mandiri. Pada tahun 2016, Jurusan Fisika berhasil meraih Akreditasi A dari BAN-PT untuk Program Sarjana (S1) melalui SK No. SK:0985/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016. Selain program S1, Jurusan Fisika juga menyelenggarakan Program Master (S2) sejak tahun akademik 2007/2008.