Indonesian English

Fisika

Sejarah

Fisika Kedokteran UNAND didirikan oleh dr. Nord Fordst asal Swedia pada tahun 1955 di Birugo tepatnya di SD Birugo Bukittinggi sekarang. Setelah pindah ke Padang pada tahun 1960 bagian Fisika FK-UNAND pernah melayani praktikum Fisika dari seluruh Fakultas yang ada di lingkungan Unand dan FKIP Padang. Tahun 1979-1981 bergabung dengan “Service Departemen Fisika Unand” yang dikelola oleh FMIPA.

Untuk merespon perkembangan ilmu kedokteran, bagian Fisika kedokteran sudah berupaya menyesuikan kurikulum fisika sesuai dengan kebutuhan seorang calon dokter dari “basic physics” menjadi “medical physics”. Begitu juga dalam hal praktikum fisika dasar dikurangi sebisa mungkin dan menggantinya dengan praktikum fisika kedokteran, seperti penggunaan termometer, penggunaan tensimeter, pengukuran laju endap darah, aplikasi hukum ohm pada tubuh manusia (praktikum TENS SKIN) dan lain-lain. Beberapa alat praktikum telah diperbaharui dengan adanya dana non-reguler dan matrikulasi.

Untuk saat sekarang laboratorium fisika kedokteran FK-UNAND melayani praktikum untuk mahasiswa program matrikulasi dan program studi ilmu keperawatan FK-UNAND.

Dalam 5 tahun terakhir telah 3 orang staf yang pensiun, yaitu : Alm. Dr. Mirfan, dr. H. Amiruddin Kaoem dan Drs. Zaharuddin Ali.

 

Staf Pendidik

  1. DRS. JULIZAR NAZAR, APT, M.KES
  2. DR. HJ. DJUSMAINI ISMAEL
  3. DR. AISYAH ELLIYANTI, SpKN,M.KES
  4. DR.AISYAH ELLIYANTI, SpKN,M.KES
  5. DR. DJUSMAINI ISMAEL
  6. DR. LILI IRAWATI, M.BIOMED
  7. DR. MIFTAH IRRAMAH

 

Read 187 times