Indonesian English

Ilmu Kesehatan Mata

Sejarah

Pada tahun 1970, dr. Hafid Ardy melanjutkan pendidikan spesialisnya ke Jakarta. Kemudian tahun 1973 dr. Khalilul Rahman dan dr. Nerwati Ibrahim diterima sebagai asisten dan tahun 1976 melanjutkan pendidikannya ke Jakarta yang sebelumnya telah mengikuti pendidikan pendahuluannya di Padang. Setelah berpindah-pindah bangsal akhirnya tahun 1977, Bagian Mata mendapatkan ruangan yang cukup lengkap dengan 50 tempat tidur dan ruangan lain untuk keperluan pendidikan.

Seiring dengan kembalinya dr. Hafid Ardy tahun 1977, Bagian Ilmu Kesehatan Mata menerima 2 orang asisten lagi yaitu dr. Muslim dan dr. Syarif Amal. Pada tahun 1980, dr. Khalilul Rahman kembali ke Padang dan dengan demikian lengkaplah tenaga pengajar untuk program spesialis. Pada tahun 1981, Dirjen DIKTI melaksanakan visitasi, dengan demikian maka Bagian Mata FK Unand telah diakui sebagai tempat penyelenggaraan Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Mata dengan SK Dirjen DIKTI No.054/DJ/KEP/1982.

Dr. H. Muslim dan dr. Syarif Amal adalah lulusan perta dari Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS-1) Ilmu Kesehatan Mata FK Unand yang dilantik pada bulan Juli 1984. Sejak itu, Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Mata mulai menerima peserta didik. Menyusul kemudian, dr. Ardizal Rahman, SpM juga direktur menjadi staf pengajar namun sebelum ybs wajib mengikuti Wajib kerja Sarjana selama 2 tahun di Timor Timur. Setelah itu beliau kembali ke Bagian Mata FK Unand untuk mengikuti proses pendidikan spesialisnya di Bagian Ilmu Kesehatan Mata FK Unand. Saat ini di Ilmu Kesehatan Mata FK Unand dikelola oleh 16 orang staf pengajar.

PPDS Ilmu Kesehatan Mata FK Unand telah menghasilkan 42 orang dokter spesialis mata yang sudah tersebar di seluruh tanah air, yang mana sebagiannya juga dijadikan staf pengajar.

Seiring berjalannya waktu, para pengajar telah menjalani tambahan program fellowship untuk mengembangkan sub bagian, diantaranya yaitu:

  • dr. Hj. Getry Sukmawati, SpM (Fellowship Infeksi dan Imunologi di UI)
  • dr. Kemala Sayuti, SpM (Fellowship Pediatrik Oftalmologi di UI)
  • dr Yaskur Syarif, SpM (Fellowship Oftalmologi Komunitas di UnPad)
  • dr. Irayanti, SpM (Fellowship Refraksi dan Lensa Kontak di UI)
  • dr. M. Hidayat, SpM (Fellowship Neuro-Oftalmologi di UI)
  • dr. Heksan, SpM (Fellowship Vitreo Retina di UI)
  • dr. Harmen, SpM (Fellowship Glaukoma di UI)
  • dr. Hendriati,SpM(K) (Fellowship Rekonstruksi di UI)
  • dr. Marjis, SpM (Fellowship Fakoemulsifikasi di UnPad)
  • dr. Sri Handayani MP,SpM (Fellowship Strabismus di Unpad)
  • dr. Weni Helvinda, SpM (Fellowship Vitreo Retina di Unpad)

Sedangkan dr. Azmin Azizi, SpM direncanakan akan Fellowship Pediatrik Oftalmologi dalam waktu dekat.

Dalam lima tahun terakhir, staf yang pensiun diantaranya adalah Prof. dr. H. Ibrahim, S,SpM (K) yang pensiun tahun 2002 pada saat berumur 70 tahun, dan menjadi staf kembali sebagai guru besar Emeritus sampai sekarang. Prof. dr. H. Marias Marianas, SpM (K) pada tahun 2002 memasuki usia 65 tahun dan atas permintaan Bagian, masa pensiun diperpanjang sampai usia 70 tahun. Sedangkan Prof. dr. H. Hafid Ardy, SpM (K) meninggal dunia 20 Juni 2004 dalam usia 68 tahun. Pada tahun 2009, 2 staf memasuki masa pensiun yaitu dr. Muslim, SpM dan dr. Yaskur Syarif SpM. Atas permintaan Bagian, kedua orang staf ini masih tetap dilibatkan dalam program pendidikan dokter spesialis mata FK Unand.

 

Staf Pendidik

  1. dr. ARDIZAL RAHMAN, SpM
  2. dr. KEMALA SAYUTI, SpM
  3. dr. MUSLIM, SpM
  4. dr. M. HIDAYAT, SpM
  5. dr. Hendriati,SpM(K)
  6. dr. GETRY SUKMAWATI, SpM
  7. dr. Muslim, SpM
  8. dr. Getry Sukmawati, SpM
  9. dr. Kemala Sayuti, SpM
  10. dr. Kemala Sayuti, SpM
  11. dr. Irayanti, SpM
Read 324 times