Indonesian English

Kardiovakular

Sejarah

Bagian Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FK Unand diresmikan berdirinya tanggal 29 Januari 2005 oleh Rektor Unand dan dihadiri Menkes RI. Kolegium Ilmu Penyakit Jantung menetapkan Bagian Kardiologi dan KedokteranVaskuler Unand Menjadi Pusat Studi Binaan Februari 2006 dengan Pembinanya FKUI. Sudah berpengalaman mendidik PPDS Ilmu Penyakit Dalam dan Penyakit Paru sejak 2005 ( 8 Semester ) dan Sudah menerima dan mendidik PPDS Kardiologi FK Unand sejak2006 ( 6 semester ). Sudah dibuat perjanjian kerja sama antar Depertemen / Bagian yang diketahui oleh Kolegium Kardiovaskuler Indonesia, dimana Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler FKUI akan membina Bagian Kardiologi FK. Unan.

Sudah dibuat perjanjian kerja sama antar Depertemen / Bagian yang diketahui olehDekan FK. Unand dan Dekan FKUI , dimana Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler FKUI akan membina Bagian Kardiologi FK. Unand. Sudah dibuat perjanjian kerjasama antara Dekan FKUI dengan Dekan FK. Unand yang akan memayungi perjanjian kerjasama antar Bagian dalam saling meningkatkan mutu pendidika.

Menggunakan kurikulum yang dibuat oleh Kolegium Ilmu Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah Indonesia. Staf Pengajar saat ini berjumlah 15 orang dan 10 orang SpJP ( 3 Guru Besar 5 Lektor dan 2 asisten ) dan 10 orang Calon Staf dalam pendidikan. Fasilitas pendidikan cukup. Saat ini, 85 % dari modul kurikulum dapat dilakukan di Unand dan tahun 2010   diharapkan sudah 95 %. dan 2011 sudah full . Ini disebabkan 3 hal, yaitu :

a. Gedung Instalasi Gawat Darurat baru akan selesai pada tahun   2009.

b. Staf Bedah jantung masih diperbantukan dari Jakarta dan pendidikan SDM

Bedah Jantung akan selesai akhir tahun 2009 - 2010 .

c. Peralatan / SDM Elektrofisiologi diharapkan didapat tahun 2010 - 2011.

Jika pada awal tahun 2009 sudah dapat mandiri, maka 3 modul pendidikan yang belum sempurna itu diharapkan akan diatur berlandaskan kesepakatan kerja sama dengan FKUI   Modul Elektrofisiologi belum diperlukan dalam 4 semester kedepan. Pembina menyetujui bahwa untuk modul yang belum dapat dilaksanakan di FK. Unand akan dilakukan di FKUI dengan memberitahukan 6 bulan sebelumnya.

 

Staf Pendidik

  1. Prof. Dr. Asnil Sahim, SpJP(K)
  2. Prof. Ganesja M. Harimurti, SpJP(K)
  3. Prof. Dr. Idris Idham, SpJP(K)
  4. Dr. Aulia Sani, SpJP(K)
  5. Dr. Manufris Kasim, SpJP(K)
  6. Dr. M. Syukri, SpJP(K)
  7. Dr. Yerizal Karani, SpPD, SpJP(K)
  8. Dr. Yuli Ismail Sp, BT KV
  9. Dr. Muzni Muchtar, MSc
  10. Dr. Yaswir Jasrin, Ahli Ilmu Faal
  11. Dr. Masrul SpPD, SpJP(K)
  12. dr. Didik Haryanto, SpA(K)
  13. dr. Yudi Fadila, SpJP
  14. dr. Asril Hadis, SpJP
Read 443 times